Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kenali Sembahan Full

Kenali Sembahan Full

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 81|Likes:
Published by yantjessgmail

More info:

Published by: yantjessgmail on Apr 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2009

pdf

text

original

 
Umat Tuhan, Kenali Sembahan Anda!
Hal. 1 dari 33
UMAT TUHAN, KENALI SEMBAHAN ANDA!
 
1
 
Suatu kasus penginjilan...Seorang Penginjil mencoba melakukan penginjilan terhadap seorangMuslim. Terjadi dialog di antara mereka, pembicaraan dibuka oleh siPenginjil dengan semangat dan menyampaikan kepada seorang Muslimtersebut kalau Yesus adalah Anak Allah:
“Pak, Anda perlu mengenal Yesus. Dia adalah Juruselamatmanusia. Dia yang diutus Bapa, Dia-lah Anak Allah”, ujar sangPendeta. Orang Muslim yang diinjili tersebut menjawab: “Pak Pendeta, tidak perlu repot-repot mengenalkan saya pada Yesus. Saya sudah menyembah Allah, Bapaknya Yesus. Bapak Pendeta barumenyembah anak-Nya, saya menyembah Bapak-Nya!”
(maka kerepotanlah si Penginjil karena memperkenalkan Yesus sebagai  Anak Allah!) 
Suatu dialog yang seru...Seorang Penginjil berdialog serius dengan seorang penganut agamaParmalim yang menyembah Debata Mulajadinabolon di Tanah Batak.Dalam dialog tersebut si penganut agama Parmalim tersebut berolehkesempatan menyampaikan “kekesalannya”, yang mungkin sudah lamadisimpan dalam hati, kepada si Penginjil yang memberitakan namaYesus:
“Bilang sama Pemimpin Gereja anu (Pen: salah satu Gereja Suku diIndonesia, sengaja Penulis tidak sebutkan nama Gereja tersebut, untuk menghindarkan gosip), mereka bilang kami sesat tetapi Tuhankami (Pen: Debata) mereka sembah dan adat istiadat kami mereka  praktekkan.”
(maka bersedilah hati Penginjil tersebut terhadap saudara-saudaranya yang masih menyembah Debata, padahal sudah punya Yesus!) 
1
Penulis: R. Sinaga, Jakarta, 10 Juli 2007, Email: r.sinaga@yahoo.com.
 
Umat Tuhan, Kenali Sembahan Anda!
Hal. 2 dari 33
Sadarkah Saudara bahwa kasus-kasus di atas menunjukkan buktikerancuan iman yang menyebabkan terjadinya hambatan dalampenginjilan terhadap orang-orang yang belum mengenal Yesus. Adakerancuan dalam penginjilan yang dilakukan oleh banyak Penginjilkarena di satu sisi mereka memperkenalkan Yesus sebagai Sembahanyang benar tetapi di sisi lain mereka juga menyembah Tuhan dariorang-orang yang mereka injili (bandingkan: dua kasus di atas).Amburadul jadinya! Menjadi tidak berwibawa penginjilan yang dilakukantersebut karena para Penginjil dan juga orang-orang Kristen umumnyamasih menganggap enteng urusan nama. Dipukul rata saja, dengandalih: semua nama tersebut (Allah, Debata, Lowalangi, dll) tidak apa-apa untuk disembah, sama saja semua, “yang terpenting hati”.Saudara Pembaca yang dikasihi Yesus, sadarkah Anda bahwa sikapyang demikian membuat Anda menjadi seorang yang memiliki duaTuhan? Bahkan tiga, empat Tuhan?Jika seorang berdoa menyeru “Allah”, tetapi yang dimaksudkannyaadalah kepada Yesus, maka ranculah imannya. Apakah berdoa kepadaYesus atau kepada Allah?
Agama YAHUDI ISLAM BATAKPARMALIMKRISTENSembahan Yahweh Allah Debata YESUSKRISTUS
Perhatikan tabel empat agama yang cukup dikenal di Indonesia danSembahannya di atas. Perhatikan tanda panah yang Penulisgambarkan. Apakah penganut agama Yahudi, Islam dan BatakParmalim mau menyembah Yesus Kristus? Jawabnya:
Tidak!
??
 
Umat Tuhan, Kenali Sembahan Anda!
Hal. 3 dari 33
Agama YAHUDI ISLAM BATAKPARMALIMKRISTENSembahan Yahweh Allah Debata YESUSKRISTUS
Perhatikan tanda panah yang Penulis gambarkan di tabel. Umat dalamagama Yahudi, Islam dan Batak Parmalim sudah jelas menyembahTuhan mereka sendiri dan tidak mau menyembah Yesus Kristus, tetapikenapa sebagian besar orang Kristen di Indonesia (mungkin juga dibelahan bumi yang lain) selain menyembah Yesus Kristus jugamenyembah Yahweh, Allah, dan Debata? Lalu, muncul pertanyaan:berdasarkan tabel di atas, umat yang mana yang tidak konsisten dalammenyembah Tuhan-nya Yang Esa? Jawabnya:
Kristen!
Selainmenyembah Yesus Kristus, juga menyembah Allah, Debata, danYahweh, (dll)!Kenyataannya dalam kehidupan keimanan, orang-orang Kristenumumnya mengaku ber-Tuhan-satu saja yaitu Yesus Kristus(monotheisme). Tetapi kenyataannya menyembah banyak Tuhan(polytheisme) seperti yang dibuktikan dalam tabel di atas.
A. SIAPAKAH ALLAH ITU?
Dalam beberapa kamus bahasa Inggris,
Allah
adalah:
 
Muslim’s name for God 
2
=
nama Sembahan orang Muslim;
 
Name of God among Muslims
3
 
= nama Sembahan di antaraorang Muslim;
 
The Muslim name for God 
4
 
=
 
nama Muslim untuk Tuhan;
 
(Arabic: “God”), the one and only God in the religion of Islam =
satu-satunya Tuhan dalam agama Islam.
5
 
2
The Concise Oxford Dictionary, Oxford University Press, 1982.
3
Oxford Advanced Learner’s Dictionary, Oxford University Press, 1987, Hal. 23.
4
Webster’s New World Dictionary, Warner Books, 1990, hal. 15.
5
Sumber dikutip dari http://www.britannica.com/eb/article-9005770/Allah. Terakhir dikunjungi 11 Juli 2007.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->