Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Klasifikasi Ikan Hiu

Klasifikasi Ikan Hiu

Ratings: (0)|Views: 851 |Likes:
Published by Patricia Lamb
sdsd
sdsd

More info:

Published by: Patricia Lamb on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2014

pdf

text

original

 
Klasifikasi Ikan Hiu
Kingdom: AnimaliaFilum: ChordataSubfilum: VertebrataKelas: ChondrichthyesSubkelas: ElasmobranchiiSuperordo: SelachimorphaOrdo: CarcharhiniformesFamili: SphyrnidaeGenus:
Sphyrna
Spesies:
Sphyrna
sp
Ciri - Ciri Hiu
Hiu adalah salah satu hewan yang termasuk anggota Condrichthyes (ikanbertulang rawan). Hiu memiliki ciri-ciri utama yaitu :Vertebrae hiu lengkap dan terpisah.Rahang hiu dapat di gerakkan.Hiu memiliki anggota gerak berpasangan.
 
Adapun ciri khas Ikan Hiu adalah sebagai berikut:1.Kulit dengan sisik plachoid dengan kelenjar mucus.2.Mulut ventral dilengkapi gigi email. Cekungan hidung satu sampaidua tanpa ada hubungan dengan rongga mulut, memiliki rahangatas dan bawah.3.Skeleton berupa tulang rawan tidak ada tulang keras, vertebraelengkap dan terpisah.4.Hewan berdarah dingin, suhu tubuh mengikuti suhu lingkungan.Bagian tubuh Ikan Hiu bila diamati dari luar yaitu:1.Kepala meruncing kearah anterior2.Mulut transversal3.Mata4.Insang jumlah 5-7 yang masing masing lamelanya terpisah, tidakada gelembung udara atau vesica natatoria5.Sirip
Anatomi HiuGigi
Gigi pada hiu yang berada di gusi tidak menempel di rahang secaralangsung dan gigi tersebut bisa diganti setiap waktu. Di beberapabaris gigi pengganti tumbuh jalur di bagian dalam rahang dan terusbergerak maju seperti ikat pinggang. Beberapa hiu dapat kehilangansekitar 30.000 lebih gigi semasa hidupnya. Tingkat pergantian gigibervariasi dari sekali setiap 7-8 hari sampai beberapa bulan. Padasebagian besar spesies gigi yang diganti satu persatu, kecuali hiucookiecutter yang mengganti seluruh barisan gigi sekaligus.Bentuk gigi hiu dipengaruhi pada pola makan. Misalnya hiu yangmemakan moluska dan krustasea memiliki gigi yang rata danpadat yang berguna untuk menghancurkan, hiu yang memakanikan-ikan memiliki gigi yang seperti jarum yang berguna untukmencengkeram, dan mereka yang memakan mangsa yang lebihbesar seperti mamalia memiliki gigi yang lebih rendah untukmencengkeram dengan gigi atas berbentuk segitiga dengan tepibergerigi untuk memotong. Gigi pemakan plankton seperti hiubasking lebih kecil dan non-fungsional.
Kerangka
 
Kerangka hiu berbeda dengan tulang ikan dan vertebrata darat.Hiu dan ikan bertulang rawan lainnya memiliki kerangka yangterbuat dari tulang rawan dan jaringan ikat. Tulang rawan yangfleksibel dan tahan lama ini memiliki setengah kepadatan padatulang. Hali ini mengurangi berat kerangka dan hemat energy. Hiu juga tidak memiliki tulang rusuk sehingga di darat hiu dapatmenghancurkan berat badannya sendiri.
Rahang
Rahang hiu tidak melekat pada kranium. Permukaan rahang hiu danlengkungan tulang insangnya membutuhkan penopangan ekstrakarena paparan yang berat untuk fisik hiu serta butuh kekuatan yangbesar. Bagian ini mengandung lapisan heksagonal piring kecil yangdisebut “tesserae”, yang merupakan blok Kristal garam kalsium yangdiatur menjadi mosaik. Hal ini memberikan banyak kekuatan padadaerah-daerah tertentu, yang juga sama seperti hewan lain.Umumnya hiu hanya memiliki satu lapisan tesserae, tapi untukspesies yang besar seperti hiu banteng,hiu harimau, dan hiu putihbesar, terdapat dua sampai tiga lapisan bahkan lebih, tergantungukuran tubuhnya. Khusus hiu putih besar, rahangnya dapat mencapailima lapisan. Pada moncongnya, tulang rawannya memilikikemampuan spons dan fleksibel untuk menyerap kekuatan tekanan.
Sirip
Kerangka sirip hiu memiliki bentuk yang memanjang dan lembut sertatidak bersegmen, yang bernama ceratotrichia, filament protein keratinelastis yang menyerupai tanduk di rambut dan bulu. Kebanyakan hiumemiliki delapan sirip. Hiu hanya bisa menjauh dari benda-bendayang berada di depannya karena sirip mereka tidak memungkinkanmereka untuk bergerak menuju ekor pertama mereka.
Kulit
Berbeda dengan ikan bertulang belakang lainnya, hiu memiliki korsetkulit kompleks yang terbuat dari serat kolagen fleksibel dan diatursebagai jaringan heliks di sekitar tubuh mereka. Bagian ini bekerjasebagai kerangka luar yang memberi lampiran untuk otot renangmereka sehingga dapat menghemat energi. Pada zaman dulu kulit hiutelah digunakan sebagai amplas. Kulit gigi mereka memberikeuntungan hidrodinamik karena mengurangi turbulensi saat

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->