Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ISO 14001

ISO 14001

Ratings: (0)|Views: 131 |Likes:
Published by Fildza Rossianti
penjelasan tentang ISO 14001
sistem manajemen lingkungan-requirement
penjelasan tentang ISO 14001
sistem manajemen lingkungan-requirement

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Fildza Rossianti on May 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

 
 
ISO 14001:2004Environmental Management SystemsRequirements
Fildza Rossianti112102236
 
1
Pendahuluan
Standar ISO seri 14000 mulai diperkenalkan pada awal tahun 1990-an yangmerupakan suatu perkembangan aspek manajemen atau pengelolaan mutu. Tidaksemata-mata aspek teknis atau ekonomis saja namun mulai memperhatikan aspeklingkungan. ISO 14001:2004 merupakan standar internasional untuk sistemmanajemen lingkungan, yang memungkinkan organisasi mengembangkan danmenerapkan kebijakan dan tujuan-tujuan yang berkaitan dengan dengan sistemmanajemen lingkungan. Tujuan dari ISO 14001:2004 adalah untuk membantuorganisasi untuk melindungi lingkungan untuk mencegah polusi, dan meningkatkankinerja lingkungan organisasi.ISO 14001 dikembangkan untuk menyediakan sistem manajemen yang membantuorganisasi mengurangi dampak lingkungan mereka. Standar ini menyediakan
  framework 
bagi organisasi untuk mendemonstrasikan komitmet mereka terhadaplingkungan dengan:
 
Mengurangi efek yang merugikan bagi lingkungan
 
Memberikan bukti perbaikan berkesinambungan dari pengelolaanlingkunganManfaat penerapan ISO 14001 antara lain:1.
 
Perlindungan LingkunganMemungkinkan manusia dan lingkungan hidup tetap eksis dengankondisi yang baik.2.
 
Manajemen Lingkungan yang lebih baikMemberikan perusahaan kerangka menuju manajemen lingkungan yanglebih konsisten dan diandalkan.3.
 
Mempertinggi daya saing
 
2
Mempertinggi peluang untuk berusaha dan bersaing dalam pasar bebasdalam era globalisasi.4.
 
Menjamin ketaatan terhadap peraturan perundang-undanganMenjamin perusahaan yang memilikinya memenuhi perundang-undanganyang berlaku karena ada dokumen yang tertulis.5.
 
Penerapan sistem menajemen yang efektif Standar ISO 14001 menanggung berbagai teknik manajemen yang baik,yang meliputi manajemen personel, akuntasi, pengendalian pemasok,pengendalian dokumen, dan lain-lain yang diperlukan.6.
 
Pengurangan BiayaSelain mempermudah jalan untuk memenuhi persyaratan konsumen tanpaharus repot memenuhinya kembali, juga dapat mengurangi pemakaianbahan kimia maupun limbah dan B3 yang harus diproses kembali. Seperti juga pada prinsip penerapan sistem mutu ISO 9000. yaitu lakukanlah secarabenar dan baik pada kesempatan pertama.7.
 
Hubungan Masyarakat yang lebih baikSebagian terbesar prosedur yang ada pada ISO 14001 mensyaratkantindakan yang proaktif. Setiap tindakan proaktif terhadap lingkungan iniakan meningkatkan citra perusahaan dalam hal lingkungan terhadapmasyarakat.8.
 
Kepercayaan dan kepuasan langganan yang lebih baikBila perusahaan telah memperoleh sertifikat ISO 14001, pelanggan akanlebih merasa aman karena adanya perlindungan lingkungan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->