Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertianhernia Hernia

Pengertianhernia Hernia

Ratings: (0)|Views: 25 |Likes:
Published by Isti Yanuari
pengertian hernia
pengertian hernia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Isti Yanuari on May 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
A.
 
DEFINISI
1.
 
hernia merupakan penonjolan isi rongga melalui defek atau bagian lemah daridingding rongga bersangkutan ,berdasarkan terjadinya ,hernia di bagi atas hernia bawaan atau kongenital dan hernia dapatan atau akuisita, berdasarkan letaknya herniadi beri nama sesuai dengan lokasi anatominya.(medikal bedah)2.
 
 pengertian hernia adalah prostrusi dari organ melalui lubang defektif yang didapatatau konginetal pada dinding rongga yang secara normal berisi organ. kebanyakanhernia terjadi di suatu tempat dari rongga abdomen dan melibatkan usus. lengkungusus didorong melalui lubang defektif sebagai akibat dari peningkatan tekanan intraabdomen (barbara engram, hal 212, tahun 1999).3.
 
 pengertian hernia adalah defek dalam dinding abdomen yang memungkinkan isiabdomen (seperti peritoneum, lemak, usus, atau kandung kemih) memasuki defek tersebut, sehingga timbul kantong berisikan materi abnormal (dr.jan tambayong, hal.140, tahun 2000).4.
 
 pengertian hernia seacra umum adalah benjolan melalui titik lemah atau celah pada permukaan suatu ruang tubuh.(keperawatan anak untuk siswa spk suryanah 1996)5.
 
 pengertian hernia menurut kamus kedokteran dorland edisi 29 adalah penonjolangelung atau ruas organ atau jaringan melalui lubang abnormal.
B.
 
KLASIFIKASI HERNIA
1.
 
HERNIA INGUINALIS
Hernia inguinalis dapat terjadi karena anomali kongenital atau didapat hernia dapatdijumpai pada segala usia dan lebih banyak pada laki
 – 
laki daripada peremuan. Berbagaifaktor penyebab berperan pada pembukaan pintu masuk hernia dilalui oleh kantung danisi hernia. Selain itu diperlukan pula faktor yang dapat mendorong isi hernia melewati pintu yang terbuka cukup lebar itu.Insidens hernia inguinalis pada bayi dan anak antara 1
 – 
2%. Kemungkinan terjadihernia pada sisi kanan adalah 60%, sisi kiri 20-25% dan bilateral 15%. Kejadian hernia bilateral pada anak perempuan dibandingkan laki-laki kira-kira sama (10%) walaupunfrekuensi prosesus vaginalis yang terbuka lebih tinggi pada perempuan.Anak yang pernah mengalami operasi hernia pada waktu bayi kemungkinan mempunyai16% menderita hernia kontralateral pada usia dewasa. Insiden hernia inguinalis padaorang dewasa kira
 – 
kira 2%. Kemungkinan terjadinya hernia bilateral dari insiden
 
tersebut mendekati 10%Insiden hernia meningkat dengan bertambahnya gumur mungkindisebabkan meningkatnya penyakit yang membuat tekanan intra abdomen meninggi dan berkurangnya kekuatan jaringan penunjang. Ketika otot perut berelaksasi, bagian yangmembatasi anulus internus turut kendur, pada keadaan itu tekanan intraabdomen tidak tinggi dan kanalis abdominalis berjalan lebih vertikal. Sebaliknya bila otot dinding perut berkontraksi , kanalis inguinalis berjalan lebih mendatar dan anulus inguinalis tertutupsehinggga dapat mencegah masuknya usus ke dalam kanalis inguinalis. Kelemahan ototdinding perut antara lain terjadi akibat kerusakan nervus iloinguinalis dan nervusiliofemoralis setelah apendektomi.Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai krotum, hernia disebut herbiaskrotalis. Diagnosis ditegakan atas dasar benjolan yang dapat direposisi atau tidak dapatdireposisi, atas dasar tidak adanya pembatasan jelas di sebelah kranial dan hubungan kekranial melalui anulus eksternus.Hernia ini harus dibedakan dari hidrokel atau elefantiasis skrotum. Testis yang terabadapat dipakai sebagai pegangan untuk membedakannya.Hernia lanialis adalah hernia inguinalis lateralis yang mencapai labium mayus. Secaraklinis tampak benjolan pada labium mayus yang jelas pada waktu berdiri dan mengedandan hilang pada waku berbaring. Diagnosa banding hernia labialis adalah herniafemoralis dan kista di kanalis Nuck yang menonjol di kaudal ligmentum inguinae dandilateral tuberkulum pubikum. Kista kanalis Nuck teraba sebai kista dengan batas jelas disebelah kraniolateral, berlainan dengan hernia indireck dan tidak dapat direposisi.
a.
 
Hernia inguinalis medialis/ hernia direk 
Hernia inguinalis medialis atau hernia direk hampir selalu disebabkan oleh peninggiantekanan intrabdomen kronik dan kelemahan otot dinding trigonum hasselbach. Olehsebab itu hernia ini umumnya terjadi bilateral, khusunya pada lelaki tua. Hernia ini jarang bahkan hampir tidak pernah, mengalami inkarserasi dan strangulasi. Mungkin terjadihernia gelincir yang mengandung sebagian dinding kandung kemih atau kolon. Kadangditemukan defak kecil di otot oblikus internus abdominis, pada segala usia dengan cincinyang kaku dan tajam sering menyebabkan strangulasi. Dorong apakah benjolan dapatdireposisi. Setelah dapat direposisi dengan jari telunjuk atau jari kelingking pada anak cincin hernia berupa anulus inguinalis yang melebar kadang dapat diraba.
 
Pada hernia insipien, tonjolan hanya dapat dirasakan menyentuh ujung jari di dalamkanalis inguinalis dan tidak terlihat adanya benjolan sewaktu menangis, batuk ataumengedan. Dalam hal ini perlu dilakukan palpasi funikulus spermatikus , denganmembandingkan sisi kiri dan kanan. Kadang didapatkan tanda sarung tangan sutera.
b.
 
Hernia Inguinalis lateralis/ hernia indirek 
Hernia disebut lateralis karena menonjol dari perut di lateral pembulus epigastrikainferior, dan disebut indirek karena keluar melalui dua pintu dan saluran yaitu anulus dankanalis inguinalis berbeda dengan hernia medialis yang langsung enonjol melalui segitigaHesselbach dan disebut sebagai hernia direk. Pada pemeriksaan hernia lateralis, akantampak tonjolan berbentuk lonjong, sedangkan hernia medialis berbentuk tonjolan bulat.Pada bayi dan anak 
 – 
anak, hernia lateralis disebabkan oleh kelainan bawaan berupa tidak menutupnya prosessus vaginalis peritoneum sebagai akibat proses turunnya testis keskrotum. Hernia gelincir dapat terjadi di sebelah kanan atau kiri, hernia yang dikanan biasanya berisi sekum dan sebagaian kolon asenden sedangkan yang di kiri berisisebagaian kolon desendens.
2.
 
HERNIA FEMORALIS
Hernia femoralis umumnya dijumpai pada perempuan tua. Insidensnya pada perempuankira-kira 4 kali lelaki. Keluhan biasanya berupa benjolan di lipat paha yang muncul terutama pada waktu melakukan kegiatan yang menaikan tekanan intraabdomen, seperti mengangkat barang atau batuk. Benjolan ini hilang pada waktu berbaring. Sering penderita datang kedokter atau rumah sakit dengan hernia strangulata. Pada pemeriksaan fisik ditemukan benjolan lunak di lipat paha, di bawah ligamentum pubikum. Tidak jarang yang lebih jelas

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->