Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CONTOH METODOLOGI

CONTOH METODOLOGI

Ratings: (0)|Views: 127|Likes:
Published by arinamanalu
metpen
metpen

More info:

Published by: arinamanalu on May 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/29/2013

pdf

text

original

 
CONTOHMETODOLOGI PENELITIAN
BAB III
 
METODOLOGI PENELITIAN
 Dalam penelitian ilmiah faktor metodologi memegang peranan penting gunamendapatkan data yang obyektif, valid dan selanjutnya digunakan untuk memecahkanpermasalahan yang telah dirumuskan. Pengertian Metode adalah cara yang telahteratur dan telah berfikir secara baik-baik yang digunakan untuk mencapai tujuan(W.J.S Poerwodarminto 1987 :649).Jadi pengertian metode adalah salah satu cara yang digunakan ketika mencapai suatutujuan dengan menggunkan tehnik tertentu untuk memperoleh suatu keberhasilandalam penelitian maka harus dilaksanakan dengan menggunkan metodologi yang tepat,istimewa dan tujuan mengadakan penelitian berdasarkan fakta
 –
fakta yang ada untukmenguji kebenaran sesuatu secara ilmiah.Dalam metodelogi telah dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan penelitian mempunyaikebebasan untuk memiliki metode guna memperoleh suatu data. Hal ini senada dengan
yang diungkapkan oleh sutrisno Hadi, Yaitu : “Baik buruknya suatu research sebagian
tergantung dari pengumpulan data research ilmiah bermaksud memperoleh bahan
 –
 bahan yang relevan, aktual dan variabel, maka untuk memperoleh data seperti itupekerjaan research menggunakan tehnik
 –
tehnik, prosedur, alat
 –
alat serta kegiatanyang diandilkan.Maka dengan demikian memecahkan metodologi sangat diperlukan dalam rangkamengumpulkan data untuk memecahkan suatu masalah sehingga dapat menyusunlaporan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk itu dalam penelitian inipenulis menetapkan langkah
 –
langkah sebagai berikut :
 
1.
 
Setting PenelitianA.
 
Waktu PenelitianPenelitian ini sudah dilaksanakan pada semester I tahun 2011 yang dimulai tanggal 15September sampai dengan 27 September 20111.
 
Tempat PenelitianPenelitian dilaksanakan di TK aisyiyah Walikukun Kecamatan Widodaren, TK AisyiyahWalikukun memiliki letak yang strategis yaitu berada di tengah kota. Disebelah timur TKAisyiyah Walikukun terdapat stasiun kereta api dan di sebelah utara adalah PasarWalikukun.1.
 
Subyek PenelitianSubyek penelitian ini adalah anak di TK Kelas B1 TK Aisyiyah Walikukun, KecamatanWidodaren. Yang berjumlah 12 orang. Mereka kebanyakan berasal dari keluarga yangberekonomi menengah ke bawah. Tetapi pada umumnya mereka termasuk anak didikyang ceria dan bersemangat mengikuti kegiatan.1.
 
Sumber DataBerkaitan dengan subyek penelitian ini adalah anak didik TK Aisyiyah Walikukun,Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi maka sumber datanya adalah kegiatan anakdidik TK Aisyiyah Walikukun Kabupaten Ngawi dalam proses belajar mengajar (PBM).1.
 
Tehnik Dan Alat Pengumpulan DataA.
 
Teknik Pengumpulan Datai.
 
ObservasiObservasi dalam penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan pengamat. Observasi dalampenelitian ini adalah observasi langsung yaitu penelitian dan pengamat melihat danmengamati secara langsung, kemudian mencatat perilaku dan kejadian yang terjadipada keadaan sebenarnya.Observasi dilakukan selama proses pembelajaran dari kegiatan awal sampai kegiatanakhir. Observasi adalah instrumen yang sering dijumpai dalam penelitian pendidikan.
 
Dalam observasi ini penelitian lebih banyak menggunakan salah satu dari pancaindranya yaitu indra penglihatan.Observasi akan lebih efektif jika informasi yang hendak diambil berupa kondisi ataufakta alami, tingkah laku dan hasil kerja responden dalam situasi alami. Sebaiknyaobservasi mempunyai keterbatasan dalam menggali informasi yang berupa pendapatatau persepsi dari subyek yang diteliti.1.
 
WawancaraWawancara pada penelitian ini menggunakan interview tidak berstruktur karena penelitimemandang model ini adalah yang paling luwes, dimana subyek diberi kebebasanuntuk menguraikan jawabannya dan ungkapan
 –
ungkapan pandangannya secarabebas dan sesuai harinya. Interview ini digunakan untuk mendapatkan data tentangpendapat anak didik mengenai kegiatan mewarnai gambar dengan crayon.1.
 
Alat Pengumpulan DataOleh karena itu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi danwawancara, maka alat pengumpulan datanya adalah :1.
 
Lembar observasiLembar observasi atau kuesioner yang sifatnya open euded (terbuka) dan lentur,sehingga dapat menggali data sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan1.
 
Pedoman wawancaraTeknik wawancara dilakukan dengan akrab dan terbuka serta mendalam, dengan inidiharapkan dapat menangkap informasi secara utuh oleh karena itu, teknik wawancaraitu sering disebut wawancara mendalam (in-depth-interviewing (HB. Sutopo, 2002)1.
 
Validasi DataData yang telah berhasil digali, dikumpulkan dan dicatat dalam kegiatan penelitian,harus di usahakan kemantapan kebenarannya. Oleh karena itu, setiap peneliti harusdapat memilih dan menentukan cara
 –
cara yang tepat untuk mengembangkan valisasidata yang diperolehnya yakni dengan teknik triangulasi (HB. Sutopo, 2002)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->