Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Nilai Waktu Dari Uang

Konsep Nilai Waktu Dari Uang

Ratings: (0)|Views: 129 |Likes:
Published by Zakiun Idris
Konsep nilai waktu dari uang merupakan salah satu bagian dari pembelajaran mata kuliah pengantar bisnis untuk jurusan manajemen dan akuntansi.
Konsep nilai waktu dari uang merupakan salah satu bagian dari pembelajaran mata kuliah pengantar bisnis untuk jurusan manajemen dan akuntansi.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Zakiun Idris on May 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/14/2013

pdf

text

original

 
PENGANTAR BISNIS
 – 
KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Page 1
BAB IPENDAHULUAN
 
Latar Belakang
Konsep nilai waktu dari uang ( Time Value of Money adalah nilai waktudari uang, didalam pengambilan keputusan jangka panjang, karena nilaiwaktu memegang peranan penting. Konsep nilai waktu dari uangdiperlukan oleh manajer keuangan dalam mengambil keputusan ketika akanmenentukan sumber dana pinjaman yang akan dipilih.Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis
, konsep nilai waktu dari uang ( time value of money ) 
telah mendapat tempat yang demikian penting. Banyak proses pengambilan keputusan, baik di tingkat perseorangan maupun di tingkat perusahaan yang terkait dengan aspek keuangan, harus menerapkan konsep nilai waktu dari uang untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
 
PENGANTAR BISNIS
 – 
KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Page 2
BAB IIKONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Suatu jumlah uang tertentu yang diterima pada waktu yang akan datang jikadinilai sekarang maka jumlah uang tersebut akan berbeda nilainya dengan jumlahuang tertentu yang diterima saat ini. Banyak contoh yang menunjukkan bahwa penerapan konsep ini demikian meluas. Berikut adalah beberapa contoh terapanyang terkait dengan konsep nilai waktu dari uang :
 
Tabungan
 
Pinjaman Bank 
 
Beberapa jenis kredit seperti kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor, dankredit barang konsumsi lainnya
 
Asuransi
 
Pemilihan alternatif beli atau sewa
( leasinng )
 
 
Penilaian proyek 
 
Penilaian saham, obligasi, dan instrumen
 – 
instrumen keuangan lainnyaKonsep nilai waktu dari uang menyiratkan terjadinya perbedaan nilai uangyang disebabkan oleh adanya perbedaan waktu. Dalam kaitannya dengan konsepnilai waktu dari uang, terdapat suatu ungkapan sederhana yang menyatakan bahwa
“ Satu rupiah yang kita terima saat ini lebih berharga dari satu rupiah yangakan kita terima pada satu tahun yang akan datang ”.
Perbedaan nilai di sinikarena adanya konsep
opportunity cost 
( biaya kesempatan ). Satu rupiah yangkita terima saat ini dapat kita investasikan ( ditabungkan ) untuk memperoleh bunga, sehingga nilai uang satu rupiah milik kita saat ini akan bernilai lebih darisatu rupiah pada satu tahun yang akan datang. Konsep ini tidak hanya berlaku bagi arus kas masuk ( jumlah uang tunai yang kita terima), tetapi juga berlaku pada arus kas keluar ( jumlah uang tunai yang kita bayarkan ).
 
PENGANTAR BISNIS
 – 
KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Page 3
1.
 
NILAI YANG AKAN DATANG ( FUTURE VALUE )
 
 Nilai yang akan datang menunjukkan besarnya nilai uang yang ada saat ini biladiproyeksikan ke masa mendatang. Nilai uang di masa mendatang dapat bebedadengan nilai uang di saat ini oleh karena beberapa hal. Sebagai contoh bilasejumlah uang ditabungkan di bank dengan bunga majemuk, atau sejumlah uangdiinvestasikan pada berbagai proyek yang dapat memberikan konpensasi dalam persentase tertentu, maka di waktu yang akan datang nilai nominal uang tersebuttentu naik. Berikut ini diberikan ilustrasi tentang nilai yang akan datang.Andaikan seseorang membeli surat berharga senilai $ 1000,- dan memperoleh bunga 10% pertahun. Berapakah yang akan diterimanya pada akhir tahu pertama?Po = Pokok, atau jumlah awal pada tahu ke 0 = $ 1000,-r = tingkat diskanto = tingkat bunga = 10%

= bunga yang diperoleh


 
= nilai pada akhir tahun ke-n dengan tingkat bunga r %Maka untuk n = 1, FV
(r,n)
dapat dihitung sebagai berikut :


 
= Po +

 = Po ( 1 + r )Maka:


 
= $ 1000 ( 1 + 0,1 )= $ 1100

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->