Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penjualan Tunai (Flowchart)

Penjualan Tunai (Flowchart)

Ratings: (0)|Views: 182 |Likes:
Published by Zakiun Idris

More info:

Published by: Zakiun Idris on May 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/05/2013

pdf

text

original

 
Page 1
BAB IPENDAHULUANLatar Belakang Masalah
Pada dasarnya setiap perusahaan atau organisasi yang telah berdiri dan beroperasi akanmanghadapi situasi ketidakpastian dalam melangsungkan kegiatan operasionalnya. Sudah tentu hal inimenimbulkan berbagai masalah dan hambatan. Informasi diperlukan manajemen perusahaan untuk mengurangiketidakpastian yang dihadapi perusahaan.Informasi akuntansi berhubungan dengan data keuangan suatu perusahaan dimana merupakan bagian yang paling penting dari seluruh informasi yang diperlukan oleh manajemen. Untuk memenuhikebutuhan berbagai informasi, baik dengan pihak manajemen atau pihak luar perusahaan, makadisusunlah suatu sistem yang dapat mengumpulkan berbagai data yang diperlukan untuk diolahmenjadi informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu. Kebutuhan ini akan terpenuhi denganadanya sistem informasi akuntansi. Hal ini akan membantu manajemen perusahaan dalam mengambilkeputusan didalam menjalankan operasional perusahaan dalam hubungannya dengan kesinambungan perusahaan. Sistem informasi akuntansi harus dirancang dan digunakan secara efektif karenainformasi akuntansi merupakan bagian yang paling penting dari seluruh informasi yang diperlukanoleh manajemen.Suatu sistem informasi meliput i lima fungsi utama yaitu pengumpulan data, pemrosesan data,manajemen data, pengendalian dan pengamanan data, dan pengadaan informasi. Ini berarti sisteminformasi akuntansi meliput i semua kegiatan usaha yang bersifat menyeluruh dan menyajikaninformasi kepada semua pihak pemakai yang dinyatakan dalam nilai uang. Seperti telah diketahui,tujuan utama perusahaan pada umumnya adalah memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Salahsatu cara memperoleh keuntungan adalah dengan cara melakukan penjualan secara efektif dan efisienkarena penjualan merupakan sumber penerimaan perusahaan yang utama. Hasil penerimaan iniselanjutnya akan digunakan untuk membiayai aktifitas operasional perusahaan. Dengan demikiansudah tentu perusahaan membutuhkan adanya sistem informasi yang handal atas penjualan berikut piutang, dan penerimaan kasnya, karena pos-pos ini merupakan pos-pos yang merangsang timbulnya perbuatan-perbuatan negatif seperti penyelewengan, penggelapan, dan sebagainya.Sistem informasi terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, alat-alat yang digunakan untuk mengolah data serta prosedur-prosedur. Prosedur adalah rangkaian kegiatan akuntansi yang biasanyamelibatkan beberapa orang dalam suatu bagian/lebih, dan disusun untuk menjamin adanya perlakuanyang sama terhadap transaksi perusahaan yang terjadi.
 
Page 2
PT.Madjin Crumb Rubber Factory adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang eksport karetdimana perusahaan ini mempunyai pabrik pengolahan karet menjadi SIR20 yang terletak di Indrapuradan memiliki sebuah kantor di Medan yang bertugas dalam hal pengurusan dokumen eksportnya.Dalam hal ini penulis ingin mengevaluasi seberapa jauh penerapan sistem informasi akuntansi penjualan tunai perusahaan dalam usahanya mendukung tercapainya tujuan perusahaan.
 
Page 3
BAB IIPEMBAHASAN
 
Prosedur Penjualan Tunai
Prosedur adalah ”suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam
satu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-
ulang”.
Berdasarkan defenisi diatas bahwa prosedur merupakan suatu urutan pekerjaan menulis yangmelibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang sama terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi. Dengan demikian pekerjaan yang berulang-ulang harus dilakukan dengan prosedur yang sama. Sedangkan maksud darikegiatan klerikal adalah kegiatan untuk mencatat informasi dalam formulir, buku jurnal, dan buku besar, yaitu menggandakan, menghitung, memberi kode, mendaftarkan, dan membandingkan.Prosedur juga merupakan metode-metode yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan sesuaidengan kebijakan yang telah ditetapkan. Prosedur yang baik pada umumnya memenuhi kriteria berikut ini :a. Prosedur harus dinyatakan dengan jelas dengan bentuk tertulis dan disusun secara sistematis dalam bentuk pedoman prosedur. b. Prosedur yang disusun harus cukup sederhana untuk memudahkan pelaksanaan tugas para pegawai.c. Pelaksanaan prosedur harus dapat dicapai dengan biaya rendah.d. Secara periodik prosedur yang disusun harus dievaluasi untuk dinilai efisiensi dan efektivitasnyaserta diadakan perbaikan jika perlu.e. Prosedur yang disusun harus memperhatikan prinsip pengendalian intern, antara lain:1.
 
Penggunaan formulir yang dibubuhi nomor urut tercetak.2. Pemisahan fungsi yang tegas dan tepat agar tercapai mekanisme saling uji.3. Pekerjaan hanya dapat dilaksanakan setelah ada otorisasi dari pejabat yang berwenang.Kegiatan penjualan terdiri dari transaksi penjualan barang dan jasa dengan jumlah yangdibebankan kepada pelanggan dalam transaksi perusahaan,baik secara tunai maupun secara kredit.Dalam pelaksanaan penjualan tunai tersebut terdapat jaringan prosedur yang membentuk sistem penjualan tunai yang melibatkan beberapa unit atau bagian dalam organisasi. Kegiatan ini dapatdilihat dari diagram arus data atau Diagram Arus Data Logis (DAD), selain itu dapat juga dilihat dari bagan arus dokumen (flowchart), yang mengemukakan distribusi formulir-formulir.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->