Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
27Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengkabelan UTP.

pengkabelan UTP.

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,063 |Likes:
Published by reyhanvivaldy

More info:

Published by: reyhanvivaldy on Apr 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2013

pdf

text

original

 
TUGASTUGASTUGASTUGAS PRATIKUM 4PRATIKUM 4PRATIKUM 4PRATIKUM 4
 JARINGAN KOMPUTER JARINGAN KOMPUTER JARINGAN KOMPUTER JARINGAN KOMPUTER((((
Pengkabelan UTP
))))
OOOO
 
LEEEEH
REYHAN VIVALDY91713
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANGUNIVERSITAS NEGERI PADANGUNIVERSITAS NEGERI PADANGUNIVERSITAS NEGERI PADANG2008200820082008
 
UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensielektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral aliassaling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenaladalah kategori 3 dan kategori 5.Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buatmisalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat ya menggunakan yang kategori 3. Itusudah lebih dari cukup.Foto RJ - 45 yang masih baru, belum di gencet pake tangSatu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilahkerennya adalah “crimp tool". Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekalisudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya. Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggungmaka beli pula sebuah LAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknyaseperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.
 
 OK sekarang peralatan udah siap, .Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straightdan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1,langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?OK! Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe crossadalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.
Kita bahas dulu yang tipe straight
 Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannyabegini (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan - lihat Gambar 4) : 2 oranye - 1 hijau - 2 biru - 1 hijau - 2coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua dan seterusnya. Tapi tidak usah ikutstandar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutanpin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antarujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.Gambar 4 Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yanglain tidak dipasang, tidak jadi masalah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah yang penulis foto darisebuah buku.

Activity (27)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lilis Nuryanti liked this
Yusup Tyza Barz added this note
te mallangi bah
Peri Adisa Putra liked this
4n liked this
Rizqi De'javu liked this
Bundrank Illank liked this
Rezza Ezza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->