Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Sistem Pendingin

Makalah Sistem Pendingin

Ratings: (0)|Views: 2,894 |Likes:
Published by Nayla Rahmi

More info:

Published by: Nayla Rahmi on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2013

pdf

text

original

 
MAKALAHMOTOR BAKAR DAN TENAGA PERTANIANSISTEM PENDINGINANDisusun Oleh :Kelompok 4Heri Siswanto A1H011020Rizma Annisa A1H011021Merlyn Karlina A. A1H011022Ria Wijiati Ras A1H011023Subhekti Hikmanto A1H011024Catur Febrianto A1H011025Dita Pujianti A1H011026Atikah Nur M. A1H011028KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMANFAKULTAS PERTANIANPURWOKERTO2013
 
KATA PENGANTAR 
Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dankarunia-
 Nya, maka penyusunan ini dapat terselesaikan. Makalah ini berjudul “
SistemPendinginan
”. Makalah ini disusun sebagai salah satu syarat guna melengkapi tugas
terstruktur dari mata kuliah Makalah Motor Bakar dan Tenaga Pertanian yang diampuoleh Abdul Mukhlis Ritonga, S.TP., M.Sc.Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini kurang dari sempurnadan masih banyak kekurangan, namun penyusun berharap Makalah ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.Purwokerto, April 2013Penyusun
 
I.
 
PENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Sistem pendinginan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk menjagamesin supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Sistem pendinginan perlu dan penting dilakukan. Berdasarkan neraca panas pada mesin maka fungsi pendinginan pada motor menjadi penting karena panas yang akan terserap olehsistem pendinginan dapat mencapai 32 %.Bila mesin tidak didinginkan akan terjadi pemanasan yang lebih(overheating) dan akan mengakibatkan gangguan-gangguan seperti:a.
 
Bahan akan lunak pada suhu tinggi. Contoh: torak yang terbuat dari logam paduan aluminium akan kehilangan kekuatannya (kira-kira sepertiganya) padasuhu tinggi (300 C), bagian atas torak akan berubah bentuk atau bahkanmencair. b.
 
Ruang bebas (clearance) antara komponen yang saling bergerak menjaditerhalang bila terjadi pemuaian karena panas berlebihan. Misalnya torak akanmemuai lebih besar (karena terbuat dari paduan aluminium) daripada blok silinder (yang terbuat dari besi tuang) sehingga gerakan torak menjadi macet.c.
 
Terjadi tegangan termal, yaitu tegangan yang dihasilkan oleh perubahan suhu.Misalnya cincin torak yang patah, torak yang macet karena adanya tegangantersebut.d.
 
Pelumas lebih mudah rusak oleh karena panas yang berlebihan. Jika suhu naik sampai 250 C pada alur cincin, pelumas berubah menjadi karbon dan cincintorak akan macet sehingga tidak berfungsi dengan baik, atau cincin macet(ring stick). Pada suhu 500 ºC pelumas berubah menjadi hitam, sifat pelumasannya turun, torak akan macet sekalipun masih mempunyai ruang bebas.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->