Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perbandingan sistem politik indonesia - singapura

perbandingan sistem politik indonesia - singapura

Ratings: (0)|Views: 2,423|Likes:
Published by Muhammad Rizky
membandingkan sistem politik yang ada di negara indonesia dengan singapura
membandingkan sistem politik yang ada di negara indonesia dengan singapura

More info:

Published by: Muhammad Rizky on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I - PENDAHULUAN
Sistem adalah Suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau teroganisir, suatuhimpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan ataukeseluruhan yang komplek atau utuh. Sistem juga dapat diartikan sebagai kerjasama suatu kelompokyang saling berkaitan secara utuh, apabila suatu bagian terganggu maka bagian yang lain akanmerasakan kendalanya. Namun, apabila terjadi kerjasama maka akan tercipta hubungan yangsinergis yang kuat. Pemerintah Indonesia adalah suatu contoh sistem, anak cabangnya adalah sistempeerintah daerah, kemudian seterusnya sampai sistem pemerintahan desa dan kelurahan.
Politik dalam bahasa arabnya disebut “sitasyah” yang kemudian diterjemahkan menjadi
siasat, atau dalam bahasa inggr
isnya “politics”. Asal mula kata politik itu sendiri berasal dari kata“polis” yang berarti negara kota, dengan politik berarti ada hubungan khusus antara manusia yang
hidup bersama, dalam hubungan itu timbul aturan, kewenangan dan akhirnya kekuasaan. Tetapipolitik juga dapat dikatakan sebagai kebijaksanaan, kekuatan, dan kekuasaan pemerintah.Politik adalah siatu disiplin ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri dan dapat dikatakansebagai seni, disebut sebagai seni karena banyak beberapa para politikus yang tanpa pendidikanilmu politik tetapi mampu berkiat memiliki bakat yang dibawa sejak lahir dari naluri sanubarinyasehingga dengan kharismatik menjalankan roda politik pemerintahan. Dapat disimpulkan bahwapolitik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatankebijakan dan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalamsuatu wilayah tertentu.Sistem politik adalah berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yangbekerja dalam suatu unit atau kesatuan (masyarakat/negara). Ada beberapa definisi mengenaisistem politik, diantaranya :Menurut Rober A. Dahl, Sistem politik adalah pola yang tetap dari hubungan
 –
hubunganantara manusia yang melibatkan sampai dengan tingkat tertentu, control, pengaruh, kekuasaan,ataupun wewenang.Menurut Drs. Sukarno, sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip yang membentuksatu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakandan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu samalain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara.Dapat disimpulkan bahwa sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranandalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukan suatu proses yang langsungmemandang dimensi waktu (melampaui masa kini dan masa yang akan datang).
 
2
BAB II
 –
ISI
SISTEM POLITIK INDONESIA
(sumber : http://saiyanadia.wordpress.com/2010/11/20/pengertian-sistem-politik-indonesia)
 
Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatandalam Negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuantujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skalaprioritasnya.Sistem politik Indonesia dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan mencapai tujuannasional maka harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dalam menyelenggarkan politiknegara, yaitu keseluruhan penyelenggaraan politik dengan memanfaatkan dan mendayagunakansegala kemampuan aparatur negara serta segenap daya dan dana demi tercapainya tujuan nasionaldan terlaksananya tugas negara sebagaimana yang ditetapkan dalam UUD 1945.Sebagai suatu sistem, sistem politik terdiri atas berbagai sub sistem antara lain sistemkepartaian, sistem pemilihan umum, sistem budaya politik dan sistem peradaban politik lainnya.Dalam eksistensinya sistem politik akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan tugas danfungsi pemerintahan serta perubahan dan perkembangan yang ada dalam faktor lingkungan.Politik adalah semua lembaga-lembaga negara yang tersebut di dalam konstitusi negara (termasuk fungsi legislatif, eksekutif, dan yudikatif ). Dalam Penyusunan keputusan-keputusankebijaksanaan diperlukan adanya kekuatan yang seimbang dan terjalinnya kerjasama yang baikantara suprastruktur dan infrastruktur politik sehingga memudahkan terwujudnya cita-cita dantujuan-tujuan masyarakat/Negara. Dalam hal ini yang dimaksud suprastruktur politik adalahLembaga-Lembaga Negara. Lembaga-lembaga tersebut di Indonesia diatur dalam UUD 1945 yakniMPR, DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, KomisiYudisial. Lembaga-lembaga ini yang akan membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengankepentingan umum.Badan yang ada di masyarakat seperti Parpol, Ormas, media massa, Kelompok kepentingan(Interest Group), Kelompok Penekan (Presure Group), Alat/Media Komunikasi Politik, Tokoh Politik(Political Figure), dan pranata politik lainnya adalah merupakan infrastruktur politik, melalui badan-badan inilah masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya. Tuntutan dan dukungan sebagai inputdalam proses pembuatan keputusan. Dengan adanya partisipasi masyarakat diharapkan keputusanyang dibuat pemerintah sesuai dengan aspirasi dan kehendak rakyat.Di Indonesia, sistem politik yang dianut adalah sistem politik demokrasi pancasila yaknisistem politik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur, prinsip, prosedur dan kelembagaan yangdemokratis. Adapun prinsip-prinsip sistem politik demokrasi di Indonesia antara lain:
 
pembagian kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif berada pada badan yang berbeda
 
Negara berdasarkan atas hukum
 
Pemerintah berdasarkan konstitusi
 
 jaminan terhadap kebebasan individu dalam batas-batas tertentu
 
pemerintahan mayoritas
 
pemilu yang bebas
 
parpol lebih dari satu dan mampu melaksanakan fungsinyaSebagai suatu sistem, prinsip-prinsip ini saling berhubungan satu sama lain. Sistem politikdemokrasi akan rusak jika salah satu komponen tidak berjalan atau ditiadakan. Contohnya, suatunegara sulit disebut demokrasi apabila hanya ada satu partai politik. Dengan satu partai, rakyat tidak
 
3ada pilihan lain sehingga tidak ada pengakuan akan kebebasan rakyat dalam berserikat, berkumpuldan mengemukakan pilihannya secara bebas. Dengan demikian berjalannya satu prinsip demokrasiakan berpengaruh pada prinsip lainnya.Kenyataan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, tidak perlu diragukan lagikebenarannya. Tetapi fakta bahwa banyak masyarakat yang justru merasa tertindas olehpemerintahannya sendiri. Masalah ketidakadilan pemerintah menjadi persoalan yang memicudisintegrasi bangsa karenanya sistem politik Indonesia diharapkan merupakan penjabaran nilai-nilailuhur pancasila dalam keseluruhan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dankemasyarakatan, dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur.SISTEM POLITIK DI INDONESIASistem politik Indonesia berdasar pada ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945. sistem politikIndonesia mengalami banyak perubahan setelah ada amandemen terhadap UUD 1945. amandementerakhir atas UUD 1945 dilakukan pada tahun 2002. Perbandingan sistem politik Indonesiasebelumamandemen dan sesudah amandemenUUD 1945 adalah sebagai berikut :1. Sistem Politik Indonesia Sebelum Amandemen UUD 1945Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal itu berarti bahwakedaulatan berada di tangan rakyat dan sepenuhnya dijalankan oleh MPR, Indonesia menganutsistem pemerintahan presidensiil artinya presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepalapemerintahan.UUD 1945 adalah konstitusi negara Indonesia yang mengatur kedudukan dan tanggung jawab penyelenggaraan negara, kewenangan, tugas, dan hubungan antara lembaga-lembaga negara.UUD 1945 juga mengatur hak dan kewajiban warga negara.Lembaga legislatif terdiri atas MPR yang merupakan lembaga tertinggi negara dan DPR.Lembaga eksekutif terdiri atas presiden dan menjalankan tugasnya yang dibantu oleh seorang wakilpresiden serta kabinet. Lembaga yudikatif menjalankan kekuasaan kehakiman yang dilakukan olehMA sebagai lembaga kehakiman tertinggibersama badan-badan kehakiman lain yang beradadibawahnya.2. Sistem Politik Indonesia Setelah Amandemen UUD 1945Pokok-pokok sistem politik di Indonesia setelah amandemen UUD 1945 adalah sebagaiberikut :
 
Bentuk negara adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahan adalah republik.NKRI terbagi dalam 33 daerah provinsi dengan menggunakan prinsip desentralisasiyang luas, nyata, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, terdapat pemerintahpusat dan pemerintah daerah.
 
Kekuasaan eksekutif berada ditangan presiden. Presiden adalah kepala negarasekaligus kepala pemerintahan. Presiden beserta wakilnya dipilih dalam satu paketsecara langsung oleh rakyat. Presiden tidak bertanggung jawab pada parlemen, dantidak dapat membubarkan parlemen. Masa jabatan presiden beserta wakilnyaadalah 5 tahun dan setelahnya dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->