Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Pelanggaran Hukum

Contoh Pelanggaran Hukum

Ratings: (0)|Views: 598|Likes:
Published by adhari_globalnet

More info:

Published by: adhari_globalnet on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
Satpol PP Jakpus Jangan Jadi Contoh Pelanggar Lalin 13 April 2010 | Sudin KominfomasJakarta Pusat
Pelaksana harian Walikota JakartaPusat (Plh Walko Jakpus), Rospen Sitinjak,mengingatkan seluruh anggota Satpol PP didelapan Kecamatan dan 44 Kelurahan serta ditingkat Kota, agar jangan menjadi contoh pelanggar disiplin, diantaranya melanggar lalu lintas, atau mengemudi kendaraanoperasional tanpa memiliki surat ijinmengemudi (SIM). Tindakan tak disiplinyang dilakukan seorang aparat akan berdampak buruk pada seluruh jajaranPemda.“Tolong agar selalu diingat setiapaturan yang jadi pedoman pelaksanaan tugas,utamanya disiplin Satpol agar benar-benar dipatuhi dan dipegang teguh sehingga dalam pelaksanaanoperasional sehari-hari tidak terjadi pelanggaran disiplin. Pokoknya Saya tak mau dengar lagi ada anggotaSatpol mengendarai kendaraan operasional tanpa SIM, atau kebut-kebutan di jalan”, tegas Rospen Sitinjak,saat apel luar biasa jajaran Satpol PP Jakpus, di halaman Kantor Walikota setempat, kemarin.Dikatakan, sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan penegak peraturan daerah (Perda), jajaranSatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) justru harus mampu menjadikan dirinya contoh tauladan bagimasyarakat banyak utamanya dalam mematuhi setiap Perda atau aturan lainnya. Setiap melaksanakantugas, Satpol PP harus selalu tampil rapi jangan berpakaian asal jadi dan berwibawa, namun tetap bersikapsopan santu sehingga tak memberi kesan sombong dan arogan.Dari pengamatan pada di lapangan pada masa lalu, tidak sedikit anggota Satpol PP yang tak memiliki SIM tanpa sepengetahuan pimpinan mengendarai kendaraan operional, bahkan ada diantaranyakebut-kebutan serta melakukan pelanggaran lalu lintas (Lalin) lainnya. Kebiasaan buruk sejumlah anggotaSatpol ini jika tetap dibiarkan akan menular terhadap anggota yang lain, dan merusak citra kesatuan secarakeseluruhan.
 
Gara-gara kepolosan, uang 30ribu tidak jadi melayang
Pada saat melaju didaerah Shangrila Tanah Abang Jakpus, didepannya…50Mterpampang sebuah pemandangan mengagetkan. Puluhan polisi berseragam dengan jaketwarna hijau menyala melakukan razia kendaraan bermotor. Sadar bahwa headlamp depandalam keadaan mati, secara spontan tuas saklar segera digeser keposisi ON. Dengan dagdig dug…..doi pelan-pelan melaju mendekati kerumunan petugas. Salah satu polisiternyata sudah menunggunya…dengan isyarat tangan menyuruh doi minggir.
” Siang mas..”
ujar petugas.
” Siang pak…”
jawab Igun.
” Tolong lihat SIM dan STNK..”
seru polisi bertubuh tegap tersebut. Igun dengan pede merogoh dompet. Surat-surat pentingdikeluarkan…disodorkan keaparat. Pak Polisi melihat secara sekilas. Petugas dengansikap santai berjalan menuju mobil patroli sambil berujar.
.” Sidang tanggal 20 yamas…”
seraya merogoh surat tilang dari sepatu boot. Igun kaget!!!…
 
Konflik Pelanggaran Hukum Yang Tak Kunjung Usai
Kerusuhan massa di Indonesia telah banyak menelan korban jiwa dan harta benda. KasusMesuji, Bima, Ternate, Ambon, Temanggung ambilah suatu contoh kasus –kasus yangmasih tersisa akhir-akhir ini. Kerusuhan biasanya dimulai dari konflik antarwargamasyarakat yang dipicu masalah sepele, saling ejek dan mencemooh. Kemudianmembesar dengan adanya provokator yang ingin mengambil keuntungan. Namunkerusuhan terus terjadi dalam masyarakat tanpa pemerintah dan aparatmenanggulanginya. Apakah kekerasan dan pelanggaran hukum dalam era sekarang initelah menjadi budaya bangsa untuk menyelesaikan masalah?Pelbagai amuk massa, kekerasan dan kerusuhan yang diikuti agresifitas massa melakukan penjarahan, pembakaran dan tindak kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini di tanah air sungguh memprihatinkan. Masih kita ingat di penghujung tahun 1997 konflik bernuansaSARA begitu mudah menyulut kerusuhan dari ujung Sabang sampai Merauke. Namun peristiwa amuk massa ini ternyata tidak saja berhenti begitu reformasi bergulir, sisa-sisakonflik paergantian rejim orde baru ke orde reformasi ternyata juga masih menyisakanmasalah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->