Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ham Dalam Perspektif Islam

Ham Dalam Perspektif Islam

Ratings: (0)|Views: 20 |Likes:
Published by kucing_hitam89
HAM dan Islam
HAM dan Islam

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: kucing_hitam89 on May 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2013

pdf

text

original

 
“HAM DALAM PRESPEKTIF ISLAM”

 
 
 
 
 
)



 

 
Latar belakang
Hak asasi manusia (HAM) adalah hak-hak yang dimiliki setiap orang dengan kondisiyang manusiawi. Pada saat ini Hak asasi manusia ini selalu dipandang sebagai sesuatuyang mendasar, fundamental dan penting. Oleh karena itu banyak orang yangberpendapat bahwa hak asasi manusia itu adalah “kekuasaan dan keamanan” yangdimiliki setiap individu.

 
Batasan masalah
Dari latar beakang diatas penulis hanya membatasi permasalahan yang akan dibahas, yaitu hanya mencakup :1.
 
makna HAM dalam prespektif islam.2.
 
makna HAM dalam pandangan barat.
 
PEMBAHASAN1.
 
HAM Menurut Konsep Barat
 Istilah hak asasi manusia baru muncul setelah Revolusi Perancis, dimana para tokoh borjuisberkoalisi dengan tokoh-tokoh gereja untuk merampas hak-hak rakyat yang telah mereka milikisejak lahir. Akibat dari penindasan panjang yang dialami masyarakat Eropa dari kedua kaum ini,muncullah perlawanan rakyat dan yang akhirnya berhasil memaksa para raja mengakui aturantentang hak asasi manusia.Diantaranya adalah pengumuman hak asasi manusia dari Raja John kepada rakyat Inggristahun 1216. Di Amerika pengumuman dilakukan tahun 1773. Hak asasi ini lalu diadopsi olehtokoh-tokoh Revolusi Perancis dalam bentuk yang lebih jelas dan luas, serta dideklarasikan pada26 Agustus 1789. Kemudian deklarasi Internasional mengenai hak-hak asasi manusiadikeluarkan pada Desember 1948.Akan tetapi sebenarnya bagi masyarakat muslim, belum pernah mengalami penindasanyang dialami Eropa, dimana sistem perundang-undangan Islam telah menjamin hak-hak asasibagi semua orang sesuai dengan aturan umum yang diberikan oleh Allah kepada seluruh ummatmanusia.Dalam istilah modern, yang dimaksud dengan hak adalah wewenang yang diberikan olehundang-undang kepada seseorang atas sesuatu tertentu dan nilai tertentu. Dan dalam wacanamodern ini, hak asasi dibagi menjadi dua :
a.
 
Hak asasi alamiah manusia sebagai manusia, yaitu menurut kelahirannya, seperti: hakhidup, hak kebebasan pribadi dan hak bekerja.
b.
 
Hak asasi yang diperoleh manusia sebagai bagian dari masyarakat sebagai anggotakeluarga dan sebagai individu masyarakat, seperti: hak memiliki, hak berumah-tangga,hak mendapat keamanan, hak mendapat keadilan dan hak persamaan dalam hak.Terdapat berbagai klasifikasi yang berbeda mengenai hak asasi manusia menurut pemikiranbarat, diantaranya :
1.
 
Pembagian hak menurut hak materiil yang termasuk di dalamnya; hak keamanan,kehormatan dan pemilihan serta tempat tinggal, dan hak moril, yang termasuk didalamnya: hak beragama, hak sosial dan berserikat.
2.
 
Pembagian hak menjadi tiga: hak kebebasan kehidupan pribadi, hak kebebasankehidupan rohani, dan hak kebebasan membentuk perkumpulan dan perserikatan.
3.
 
Pembagian hak menjadi dua: kebebasan negatif yang memebentuk ikatan-ikatanterhadap negara untuk kepentingan warga; kebebasan positif yang meliputi pelayanannegara kepada warganya.Dapat dimengerti bahwa pembagian-pembagian ini hanya melihat dari sisi larangan negaramenyentuh hak-hak ini. Sebab hak asasi dalam pandangan barat tidak dengan sendirinyamengharuskan negara memberi jaminan keamanan atau pendidikan, dan lain sebagainya. Akantetapi untuk membendung pengaruh Sosialisme dan Komunisme, partai-partai politik di Baratmendesak agar negara ikut campur-tangan dalam memberi jaminan hak-hak asasi seperti untukbekerja dan jaminan sosial.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->