Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Minyak Dan Lemak

Minyak Dan Lemak

Ratings: (0)|Views: 258|Likes:
Published by Putri A. Wulan
laporan ilmu pangan lanjut
laporan ilmu pangan lanjut

More info:

Published by: Putri A. Wulan on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/16/2013

pdf

text

original

 
MINYAK DAN LEMAK A.
 
TUJUAN : Untuk mengenal berbagai jenis minyak dan lemak Dapat membedakan berbagai jenis minyak/lemak berdasarkan bahan yang digunakan, warna, aroma dan bentuk fisiknyaB.
 
PRAKTEK KE : XIV (Empat Belas)C.
 
WAKTU PELAKSANAAN : Selasa, 8 Januari 2013 pukul 11.00-13.00 WIBD.
 
KELOMPOK : III (Tiga)
Annisa Ria Bintang, Hari Alfizan, Putri Anjar WulanE.
 
TINJAUAN LITERATURE :
 
Minyak dan Lemak Minyak adalah satu bentuk umum senyawa kimia yang tidak bisa bercampur dengan air,dan ia berada didalam kondisi cair pada suhu lingkungan. Lemak dan minyak adalah salahsatu kelompok yang termasuk pada golongan lipid, yaitu senyawa organic yang terdapatdialam serta tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organic nonpolar misalnyadietil eter, kloroform, benzene dan hidrokarbon lainnya.Sumber (http://id.shvoong.com/exact-sciences) 
 
Minyak kedelaiMengandung berbagai asam lemak utama seperti asam linoleic (51%), asam oleic (23%),asam palmitic (10%), asam alpha-linolenic (7%) dan asam stearic (4%). Asam linoleicadalah suatu asam lemak jenis omega 6 yang sering jadi makanan lemak tak jenuh gandadi berbagai Negara. Ia banyak ditemui hamper disemua yang kita makan termasuk daging,sayur, minyak sayur dan buah-buahan. Beberapa penelitian di Asia telah memfokuskanefek karsinogen 4-hydroxy-2-trans-nonenal, yaitu suatu zat beracun dari peroksida asamlinoleic pada saat dipanaskan pada suhu 365
o
C , dengan demikian tidak dianjurkandipakai untuk keperluan menggoreng sampai kering.Sumber (http://tipssejahtera.blogspot.com) 
 
Minyak MatahariPada minyak biji-bijian terkandung banyak asam lemak tak jenuh, seperti omega 3 danomega 6, selain itu juga kayak akan vitamin E dan asam lemak tak jenuh ganda. Manfaat
 
minyak matahari baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung asam lemak tidak jenuhyang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mudah menggumpal dalam darah, serta baik untuk kesehatan jantung dan dapat membuat awet muda. Nutrisi yang terkandung dalamminyak matahari yaitu vitamin E, folat, magnesium, vitamin B, asam palmitat, asamstearat, lechitin, tocopherol, karotenoid, selenium, protein, tembaga, besi, seng, kalsium.Di pasar terdapat 2 jenis minyak bunga matahari yaitu linoleat dan oleat tinggi. Oleatminyak bunga matahari tinggi dikenal kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Tapi ituadalah jenis linoleat yang mengandung lemak tak jenuh ganda.Sumber (http://indonetwork.co.id) 
 
Minyak kelapa sawitAdalah jenis minyak sayur boleh dimakan yang diperoleh dari buah dan benih kelapasawit. Minyak kelapa sawit biasanya berwarna kemerahan karena mengandung isi betakaroten yang tingggi. Minyak kelapa sawit laris digunakan sebagai minyak masak,ramuan marjerin dan juga bahan untuk membuat berbagai makanan diproses. Minyak ini juga adalah bahan terpenting dalam pembuatan sabun, serbuk cucian dan produk  penjagaan diri dan juga untuk merawat luka dan menjadi bahan suapan biobahan api.Sumber (http://ms.wikipedia.org) 
 
Minyak wijenAdalah minyak nabati yang berasal dari ekstraksi biji wijen. Minyak wijen terdiri dari dua jenis, minyak dari biji wijen yang telah disangrai dan minyak dari biji wijen mentah.Minyak wijen adalah minyak yang diperoleh dari hasil ekstraksi biji wijen. Minyak yang berwarna coklat gelap hingga coklat muda ini memiliki citarasa yang kaya dan aromayang tajam. Ada dua jenis minyak wijen, yaitu minyak wijen yang terbuat dari biji wijenhitam dan biji wijen putih. Di India Selatan dan Myanmar, minyak wijen digunakansebagai penyedap rasa pada masakan Korea, Cina dan Taiwan. Sejak jaman dahulu,minyak wijen juga dikenal sebagai obat untuk penyakit tertentu. Manfaatnya sebagai obatuntuk mengurangi gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, dan penyakit kulit lainnya.Disamping itu berkat kandungan antioksidannya, minyak wijen juga dapat berkhasiatmenetralisir tekanan darah serta menjaga tingkat kolesterol serta tekanan jantung.Sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/minyak-wijen) 
 
Minyak zaitunMinyak zaitun ini terkandung 78% lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantumengatur dan mengoptimalkan kadar kolesterol. Caranya adalah dengan menurunkankolesterol LDL yang jahat, tanpa mempengaruhi kolesterol HDL yang baik. Selain itu
 
kandungan polifenol dalam minyak zaitun, yang merupakan komponen antioksidan danantiinflamasi, mampu menjaga kolesterol LDL agar tidak menggumpal dan lengket didinding arteri. Penggumpalan itu bisa menyebabkan penyakit jantung.Sumber (http://kesehatan.kompas.com) 
 
Minyak kacang tanahMerupakan minyak nabati yang dipergunakan untuk minyak goreng, bahan dasar  pembuatan margarine mayonnaise, salad dressing dan mentega putih, dan mempunyaikeunggulan biladibandingkan dengan minyak yang lainnya karena dapat dipakai berulang-ulang untuk menggoreng bahan pangan. Selain itu, minyak kacang tanah banyak digunakan dalam industri sabun, face cream, shaving cream, pencuci rambut dan bahankosmetik lainnya. Dalam bidang farmasi, minyak kacang tanah dapat digunakan untuk campuran pembuatan adrenalin dan obat asma.Sumber (http://wanibesak.wordpress.com) 
 
MargarinAdalah mentega buatan yang terbuat dari minyak nabati atau tumbuh-tumbuhan sertamengandung air dan garam. Margarine mengandung lemak sedikit daripada mentegasehingga margarine sering digunakan sebagai pengganti mentega. Pada margarine,sedikitnya terkandung lemak sebanyak 80% dari total beratnya. Sisanya terdiri darisusunan skim, air atau protein kedelai cair sementara sisanya merupakan garam yangditambahkan sebagai flavor. Meskipun begitu beberapa produk margarine tidak menggunakan atau menggurangi jumlah garam dalam produknya untuk alas an kesehatan.Sumber (http://sukamasak.com) 
 
Minyak kelapaAdalah minyak nabati yang berasal dari daging buah kelapa tua baik dalam bentuk segar maupun daging kering (kopra). Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang dibuatdari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemilihan terkendali atau tanpa pemanasansama sekali., tanpa bahan kimia dan RDB. Minyak kelapa murni dengan kandungan asamlaurat ini memiliki sifat antibiotic, antibakteri dan jamur. Minyak kelapa murni atau lebihdikenal dengan Virgin Coconut Oil (VOC), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yangrendah, berwarna bening, berbau harum , serta mempunyai daya simpan yang cukup lamayaitu lebih dari 12 bulan.Sumber (http://id.wikipedia.org.wiki/minyak-kelapa) 
 
Mentega

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->