Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hacker Dan Cracker

Hacker Dan Cracker

Ratings: (0)|Views: 151|Likes:
Published by Vincent Eddoggawa
penertian hacker dan cracker serta beberapa contoh penerapan dan contoh serangan yang digunakan dalam dunia hacker dan cracker
penertian hacker dan cracker serta beberapa contoh penerapan dan contoh serangan yang digunakan dalam dunia hacker dan cracker

More info:

Published by: Vincent Eddoggawa on May 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/15/2013

pdf

text

original

 
HACKER DAN CRACKER 
TUGAS
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Etika ProfesiPada Program studi Teknik InformatikaDisusun oleh :
Amin Shofi’i
: 2.23.10.0004Muhammad Firdaus : 2.23.11.0001Anggi Sitepu : 2.23.10.00
FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS AKISEMARANG2013
 
HACKER DAN CRACKER 1.1
 
Sejarah singkat terminologi hacker
Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara angotaorganisasi mahasiswa tech model Railroad club di lab kecerdasan buatan(MITM). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlahkomputer mainframe. Hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memilki keahlian dalam bidang komputer danmampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telahdirancang bersama.Pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang, digunakan untuk menyebut seseorang yang memilki obsesi untuk memahami dan menguasaisistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBImenangkap kelompok kriminal komputer THE 414s yang berbasis diMilwaukee, USA. Angka 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian yang disebut hacker tersebut dinyatakan bersalaha atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik pusat kanker memorialsloan- kethering hingga komputer milik laboratorium nasional Los Alamos.
1.2
 
Perbedaan Terminologi Hacker dan Cracker
Secara lebih spesifik, hacker didefinisikan sebagai sesorang yang memilkikeinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistemoperasi dan kode komputer pengamanan lainnya, tetapi tidak melakukantindakan perusakan apapun, tidak mencuri uang, atau informasi. Sedangkancracker adalah sisi gelap dari hacker dan memilki ketertariakn untuk mencuriinformasi, melakukan berbagai perusakan dan sesekali waktu jugamelumpuhkan keseluruhan sistem komputer.Perbedaan terminologi hacker dan cracker terkadang menjadi bias dan hilangsama sekali dalam perspektif media masa dan di masyarakat umum.paracracker juga tidak jarang menyebut diri mereka sebagai hacker sehinggamenyebabkan citra hacking menjadi buruk.
 
Didalam kultur hacker itu sendiri, tertulis bahwa tujuan hacker adalah bukanndesdruktif, bukan komersil, bukan pula sebuah ketenaran. Hacker adalahsekumpulan atau beberapa kelompok yang bertujuan untuk mengembangkanilmu pengetahuan dan sharing informasi bebas tanpa batas. Hacker tidak  pernah terlihat dengan masalah jual beli teknik dan kode untuk memperkayadiri sendiri.Tindakan penyusupan kedalam suatu sistem komputer yang dilakukan olehcracker dalam upaya mencuri data kartu kredit hingga mengganti tampilansuatu situs di internet, disebut dengan istilah cracker. Hal tersebut menegaskan bahwa terminologi hacking sebenarnya adalah perilaku atau tindakanmenerobos masuk sebuah sistem secara elektronis. Tidak lebih sekedar untuk mendapatkan akses sebuah sistem komputer dan membaca beberapa filedidalam sistem komputer tersebut, tanpa diikuti tindakan pencurian atau perusakan apapun.
1.3
 
Dampak Aktivitas Cracker Terhadap e-commerce
Perilaku cracker tersebut berdampak negatif bagi perkembangan e-commerce.Disatu sisi para pemilik komoditas akan enggan mengaplikasikan e-commercekarena kuatir menjadi sasaran pelumpuhan, tampilan situsnya diganti atau data pelanggannya dicuri. Sedangkan konsumen akan dibayangi oleh ketakutan bahwa data pribadi mereka, termasuk nomor kartu kredit, akan dapat dibajak oleh cracker.Pada suvrvei yang dilakukan oleh AFTC seperti dikutip oleh majalah Theeconomist, 80% wara amerika mencemaskan kemungkinan tersebarnya data pribadi mereka di internet. Sedangkan menurut survei yang dilakukan oleh PCData online pada tanggal 15 februari 2000, dengan maraknya kasus kejahatandi internet, 54% responden menyatakan bahwa dirinya akan mengubahkebiasaan- kebiasaanya di internet. 80% dari yang akan berubah tersebutmenyatakan akan semakin jarang mengirim informasi kartu kredit melaluiinternet.
1.4
 
Pengertian Hacker dan Cracker1.4.1
 
Hacker

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->