Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume Strategi Pembelajaran

Resume Strategi Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 394|Likes:
Published by Ridho Dwi Sahputra

More info:

Published by: Ridho Dwi Sahputra on May 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/19/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IURGENSI, HAKEKAT DAN FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A.
 
Urgensi Perencanaan Pembelajaran
 
Perencanaan merupakan suatu upaya menentukan tujuan apa yang akan di capa, bagaimana cara mencapai dan sumberdaya apa yang bisa dimanfaatkan dalammewujudkan tujuan yang dikehendaki. Bagi seorang guru perencanaan pengajaranmerupakan salah satu tugas pokok sehari-hari dan tidak dikatakan prfesional jika tidak mampu.1.
 
Pembelajaran Sebagai Suatu SistemSistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari unsur-unsur sebagai sumber yang mempunyai hubungan fungsional yang teratur dalam mencapai tujuan. Istilahsistem menggambarkan sebuah spektrum konsep yang luas, didalamnya menyangkutunsur-unsur konpleks terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait. Unsur-unsur  pembelajaran dalam kurikulum KTSP yang terdiri dari :a.
 
Tujuan Pembelajaran b.
 
Materi Pembelajaranc.
 
Metode Pembelajarand.
 
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajarane.
 
Media Pemelajarannf.
 
Sumber Belajarang.
 
Sumber belajar 2.
 
Tugas Pokok Guru ( Kompetensi Pedagogik )Kemampuan mengajar merupakan pra syaratan penting dalam menentukanmutu pendidikan nasional, secara menimal kemampuan yang diperlukan oleh seorang pendidikan sebagaimana dikemukakan ada empat kemampuan mengajar pendidikanyangka.3.
 
Epetivitas, Efesiensi dan KualitasSalah satu faktor yang mempengaruigur dalam upaya meningkatkankemampuan mengajar adalah rancangan pembelajaran dan peningkatankualitas pembelajaran dapat ditempat dengan meningkatkan pengetahuan tentang merancangmetode pembelajaran yang efektif, efesien dan memiliki daya tarik. Karena itu tanpa
 
2
dukungan pengetahuan yang memedai tentang perencanaan pembelajaran, guru akanmengalami kesulitan dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif, efesiendan berkualitas.B.
 
Hakekat Perencanaan PembelajaranUna Hamza mengartikan Perencanaan yakni suatu card yang memungkinkan untuk membuat kegiatan dapat berjalan dengan baik, disertai dengan berbagai langkah yangantisifatit guna memperkecil kesenjangan yang terjadi sehingga kegiatan tersebutmencapai tujuan yang telah di tetapkan. Perencanan merupakan suatu proyeksi ataurencana kerja yang didalamnya mengandung unsur apa yang akan dicapai, bagaimanacara mencapainya dan dengan apa sumber daya apa nantinya bekerja. Menurut DarwinSyah adalah suatu proses yang sistematis di lakukan oleh guru dalam membimbing,membantu dan mengarahkan peserta didik untuk mengalami pengalaman belajar sertamencapai tujuan pembelajaranC.
 
Fungsi Pelaksanaan PembelajaranManfaat perencanaan pembelajaran bukan hanya bagi siswa saja tetapi juga bagi guruitu sendiri, manfaat itu anatara lain :a.
 
Member deskripsi atau gambaran mengenai tujuan yang harus dicapai dan sejauhmana bobot/kualitas tujuan tersebut dalam setiap kali pembelajaran b.
 
Sebagai pola dasar dalam mengatur tugasdan wewenang bagi setiap unsur yangterlibat dalam kegiatan pembelajaran.c.
 
Sebagai alat prediksi mengenai aspek-aspek yang akan muncul dalam kegiatan pembelajarand.
 
Sabagai alat ukur (evaluasi) efektif tidaknya suatu pekerjaan.
 
3
BAB llVARIABEL DAN MODEL- MODEL DESAIN PEMBELAJARANA.
 
Variabel pembelajaran
Istilah pembelajaran berarti unsur-unsur dalam pembelajaran.
B.
 
Model-model Desain Pembelajaran
Istilah model menurut Leva dan Masch (1975:3) Model merupakan penverdehanaan dari sistem nyata berfungsi membantu memahami objek yangsebenarnya,sedangkan istilah pembelajaran menurut Dmyati dan Muudiono(1999:297) diartikan sebagai suatu kegiatan guru secara terprogram dalam desainintruksional,untuk membuat siswa belajar secara aktif,yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
 
Model-model desain pembelajaran yang berkembang selama ini antara lain:
-
Model Prosedur Pengembangan Sistem Intruksional (PPSI)
Tahap 1. Merumuskan tujuan intruksional khusus (TIU dan TIK)Tahap 2. Mengembangkan alat evaluasiTahap 3. Menet Tahap apakan kegiatan dan materi pelajaranTahap 4. Merencanakan program kegiatanTahap 5. Melaksanakan program pelajaran
-
Model J.E. Kemp
Tahap 1. Menentukan tujuan intruksional umuTahap 2. Menganalisis karakteristik peserta didik Tahap 3. Menentukan tujuan intruksional khususTahap 4. Menentukan materi pelajaranTahap 5. Menetapkan penjajagan awalTahap 6. Menentukan strategi belajar mengajar 
-
Model Briggs
tahap 1. Identifkasi kebutuhan/penentuan tujuanTahap 2. Penyusunan rincian tujuan atau kebutuhan intruksionalTahap 3. Rumusan tujuanTahap 4. Analisis tugas/tujuanTahap 5. Penyiapan evaluasi hasil belajar Tahap 6. Menentukan jenjang belajar Tahap 7. Menentukan kegiatan belajar 
-
Model Gerlacah dan Elyi
Tahap 1. Merumuskan tujuan intruksionalTahap 2. Menentukan isi materi pelajaran

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->