Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bioma Padang Rumput

Bioma Padang Rumput

Ratings: (0)|Views: 528|Likes:
Published by Alvin Wiratama

More info:

Published by: Alvin Wiratama on May 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/31/2013

pdf

text

original

 
Bioma Padang Rumput1.Pengertian Bioma Padang Rumput (Stepa)Padang rumput atau yang disebut juga stepa atau prairie. Padang rumput memiliki produktivitas rendahdibandingkan dengan hutan hujan tropis tetapi tanah dipadang rumputumumnya lebih subur. Intensitashujan dipadang rumput memiliki intensitas yang sedang (5076 cm pertahun)..Gb.1. Bioma Stepa : Bioma padang rumput tanpa diselingi kumpulan pepohonan2.Ciri-ciri Fisik Bioma Stepaa.Curah hujan relatif rendah dan tidak teratur, antara 25± 50 cm/tahun, b.Turunnya hujan yang tidak teratur tersebut menyebabkan porositas dan drainase kurang baik sehingga tumbuh-tumbuhan sukar mengambil air.c.Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5md. Memiliki pohon yang khas, yaitu akasiae.Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.3.Faktor Yang Mempengaruhi Pemebentukan Bioma StepaSteppa merupakan suatu wilayah yang ditumbuhi rumput-rumputan pendek.Terbentuknya padang rumput secara alami lebih banyak disebabkan rendahnya tingkat curahhujan, yaknihanya sekitar 30mm/ tahun. Curah hujan yang rendah menyulitkan tumbuhanuntuk menyerapair. Akibatnya, hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi denganlingkungan alam yang kering.Pada ekosistem ini, kita akan menemukan beberapa jenis organisme yangmendukungterbentuknya ekosistem padang rumput, antara lain:Organisme autotrof organisme ini adalah jenis organisme yang bisa membuat atau menyintesa makanansendirimengandalkan cahayamatahari, air dan komponen udara sekitar.organisme autotrof  padaekosistem ini adalah tanaman atau rumput. Rerumputan ini pun hidup beradaptasidengankelembaban lingkungan yang memiliki curah hujan tidak teratur.Organisme heterotrof Organisme kedua ini adalah jenisorganismeyang tidak bisa membuat makanansendiri.Organisme jenis ini adalah para hewan pemakan rumput, seperti zebra, rusa, kanguruatau bison. Hidup hewan ini bergantung pada rumput-rumput yang hidup di sekitar mereka.
 
Organisme heterotrof yang lain adalah hewan pemangsa yang menjadi konsumen keduasetelahhewan pemakan rumput, seperti singa,anjingliar ataupun ular. Hewan pemangsayang berkeliaran di padang rumput ini menggantungkan hidup pada hewan-hewan pemakanrumputyang menjadi target mangsa mereka.Abiotik Selain makhluk hidup, di ekosistem padang rumput ini juga terdapat komponen tak hidupatauyang biasa disebut sebagai abiotik. Komponen ini meliputi bebatuan,tanah, air, udara,ataupunsinar matahari. Komponen-komponen ini ikut mendukung keseimbangan dariekositem padangrumput.PenguraiKomponen terakhir adalah dekomposer atau pengurai. Sebenarnya pengurai termasuk dalamorganisme heterotrof, yaitu organisme yang tidak bisa membuat makanan sendiri.Tugas dariorganisme yang satu ini adalah menguraikan bahan organik dari benda hidup yangsudah mati(misal: hewan mati, daun, batangpohon, dll).
 
Pengertian Bioma Padang Rumput (Stepa)Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang.Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20 derajat LU, mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga keAsia Tengah. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Gobidengan luas mencapai 10 juta km persegi.
Gb.1. Bioma Stepa : Bioma padang rumput tanpa diselingi kumpulan pepohonan
 2.
 
Ciri-ciri Fisik Bioma Stepaa.
 
Curah hujan relatif rendah dan tidak teratur, antara 25
 – 
50 cm/tahun,b.
 
Turunnya hujan yang tidak teratur tersebut menyebabkan porositas dan drainase kurang baiksehingga tumbuh-tumbuhan sukar mengambil air.
 
c.
 
Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5 md.
 
Memiliki pohon yang khas, yaitu akasiae.
 
Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat,Argentina dan Australia.3.
 
Faktor Yang Mempengaruhi Pemebentukan Bioma StepaSteppa merupakan suatu wilayah yang ditumbuhi rumput-rumputan pendek. Terbentuknya padangrumput secara alami lebih banyak disebabkan rendahnya tingkat curah hujan, yakni hanya sekitar 30mm/ tahun. Curah hujan yang rendah menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air. Akibatnya, hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yangkering.Pada ekosistem ini, kita akan menemukan beberapa jenis organisme yang mendukung terbentuknyaekosistem padang rumput, antara lain:
 
Organisme autotrof 
 Organisme ini adalah jenis organisme yang bisa membuat atau menyintesa makanan sendirimengandalkan cahaya matahari,air dan komponen udara sekitar. Organisme autotrof pada ekosistem ini adalah tanaman atau rumput. Rerumputan ini pun hidup beradaptasi dengankelembaban lingkungan yang memiliki curah hujan tidak teratur.
 
Organisme heterotrof 
 Organisme kedua ini adalah jenis organisme yang tidak bisa membuat makanan sendiri. Organisme  jenis ini adalah para hewan pemakan rumput, seperti zebra, rusa, kanguru atau bison. Hidup hewanini bergantung pada rumput-rumput yang hidup di sekitar mereka.Organisme heterotrof yang lain adalah hewan pemangsa yang menjadi konsumen kedua setelahhewan pemakan rumput, seperti singa, anjing liar ataupun ular. Hewan pemangsa yang berkeliaran di padang rumput ini menggantungkan hidup pada hewan-hewan pemakan rumput yang menjaditarget mangsa mereka.
 
Abiotik
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->