Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Biologi 1 Sks Ds_2013.Doc 1

Biologi 1 Sks Ds_2013.Doc 1

Ratings: (0)|Views: 244|Likes:
Published by Farhan Akbar
BIOLOGI 1 SKS DS 2013
BIOLOGI 1 SKS DS 2013

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Farhan Akbar on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/12/2013

pdf

text

original

 
DAFTAR ISI MODUL BIOLOGI 1
BAB 1. MENGENAL BIOLOGI SEBAGAI ILMUBAB 2. KEANEKARAGAMAN HAYATIBAB 3. PEGELOMPOKKAN MAHLUK HIDUPBAB 4. KEANEKARAGAMAN HAYATIBAB 5. EKOSISTEM
 
BAB 1 MENGENAL BIOLOGI SEBAGAI ILMUA. Biologi sebagai Ilmu
Ilmu pengetahuan lahir dari suatu rangkaian aktivitas akal manusia yang disusun secarasistematis. Semua yang dinamakan ilmu pengetahuan selalu memiliki syarat-syarat atau ciri-ciri tertentu. Sifat dan ciri ilmu tersebut adalah memiliki objek, menggunakan metode,sistematis, universal, objektif, analitis, dan verifikatif.Berikut ini identifikasi dari sifat dan ciri dari ilmu pengetahuanatau ilmu yang dihasilkan oleh manusia.
1. Memiliki objek 
Setiap ilmu umumnya membatasi diri pada segi kajian tertentu. Misalnya matematikamengkaji pada objek angkaangka, fisika pada objek benda-benda fisik, kimia berupa zat-zat penyusun dan reaksi yang terjadi, dan biologi memfokuskan pada objek makhluk hidup yangada maupun yang pernah ada di dunia ini.
2. Memiliki metode
Berkembangnya ilmu pengetahuan tidak dapat terjadi secara kebetulan ataupun asal-asalan,melainkan mengikuti metode tertentu. Dalam mempelajari obyek kajian biologi digunakanmetode ilmiah untuk menemukan kebenaran. Metode ini telah dibakukan agar dapatdigunakan dan dilakukan oleh siapa saja. Ilmu yang dikembangkan dengan menggunakanmetode ini kebenarannya diakui secara ilmiah.
3. Bersifat sistematis
Agar mudah dikaji, ilmu pengetahuan harus tersusun mulai yang sederhana menuju yanglebih kompleks. Konsep yang mendasari harus mengandung hubungan sedemikian rupa yangsaling mendukung dan bukan saling bertentangan. Contohnya, dalam biologi disajikankonsep sel, jaringan organ, sistem organ dan individu yang menunjukkan adanya hierarkihubungan yang saling memperkuat objek kajian. Inilah yang dinamakan tersusun secarasistematis.
4. Universal
Kebenaran yang disajikan dalam ilmu pengetahuan harus berlaku secara umum. Dalam biologi, hukum-hukum atau kaidah ilmu yang ada juga berlaku secara umum. Misalnya,kaidah tentang reproduksi generatif merupakan cara reproduksi organisme yang harusdidahului dengan peleburan dua sel (gamet jantan dan betina). Ini berlaku pada semua jenisorganisme.
5. Objektif 
Pernyataan dalam suatu ilmu pengetahuan harus bersifat jujur, yaitu menggambarkan kondisiapa adanya, mengandung data atau informasi yang sebenarnya, bebas dari prasangka,kesenjangan, atau kepentingan pribadi. Bila ilmu tidak bersifat objektif maka akan sulit berkembang, apalagi untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan umat manusia.
6. Analitis
Kajian dari sebuah ilmu akan menuju hal-hal yang lebih khusus seperti bagian, sifat, peranandan berbagai hubungan. Untuk memahami hal yang bersifat khusus perlu pengkajian secarakhusus pula, sehingga terdapat antar hubungan bagian yang dikaji sebagai hasil analisa. Olehkarena itu, sebuah ilmu akan terbagi menjadi berbagai cabang ilmu dengan kajian yang lebihkhusus. Contohnya biologi mempunyai cabang zoologi, botani, fisiologi, anatomi, genetika, dan embriologi.
7. Verifikatif 
Kebenaran dalam sebuah ilmu bukanlah bersifat mutlak tetapi bersifat terbuka atau verifikatif yang juga dikenal dengan kebenaran ilmiah. Artinya, sesuatu yang semula dianggap benar suatu saat mungkin menjadi salah bila ditemukan bukti-bukti baru yang menentang
 
kebenaran sebelumnya. Masih ingat dengan teori Generatio Spontanea yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati? Louis Pasteur berhasil menemukan bukti baru melalui percobaannya, sehingga tumbanglah teori tersebut dan berlakulah teoriBiogenesis sampai saat ini.
B.
 
Objek dan Persoalan Biologi
Sejak abad 19 permasalahan yang melingkupi kehidupan manusia semakin kompleks. Hal inimendorong banyak manusia tertarik mempelajari objek biologi. Namun objek biologi tidak hanya berkisar pada manusia saja, melainkan mencakup tentang segala segi kehidupanmakhluk hidup. Apa sajakah yang menjadi objek biologi? Bagaimanakah cara mengkajiobjek tersebut? Pertanyaanpertanyaan ini sangat penting sebagai jembatan untuk memahamikehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa. Berikut ini gambaran mengenai ruanglingkup yang dikaji dalam biologi.
Jamur Jaringan KulitVirus Sel TumbuhanC.
 
Cabang-Cabang Biologi
Ruang lingkup biologi yang makin meluas, menuntut para ahli biologi untuk membuat pengkhususan kajian sesuai pada objeknya yang lebih mendalam sehingga memberikanmanfaat yang semakin besar bagi kehidupan pada umumnya. Pengkhususan kajian yangmendalam ini menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi yang semakin hari semakin banyak. Ibarat pohon, biologi merupakan pohon ilmu yang sangat besar memiliki cabang-cabang ilmu dan tiap cabang menghasilkan anak cabang ilmu baru yang berkembangsemakin pesat N o Cabang Biologi Objek yang dikaji1 Zoologi Mempelajari tentang seluk beluk kehidupan hewan.2 Botani Mempelajari tentang berbagai ciri dan kehidupan tumbuhan.3 Mikrobiologi Mengkaji berbagai sifat, ciri, dan fisiologi kehidupan mikroba.4 Histologi Mengkaji tentang jaringan penyusun organisme.5 Sitologi Mengkaji tentang segala sesuatu tentang kehidupan sel.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->