Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
223Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Etika Profesi

Etika Profesi

Ratings:

3.75

(4)
|Views: 20,987 |Likes:
Published by zhyzuhal

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: zhyzuhal on Apr 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2013

pdf

text

original

 
BAB IPERKEMBANGAN ETIKA PROFESIA.
 
PENTINGNYA ETIKA PROFESI
Apakah etika, dan apakah etika profesi itu ? Kata etik (atau etika) berasal dari kataethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagaisuatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupunkelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salahatau benar, buruk atau baik.Menurut Martin (1993), etika didefinisikan sebagai “the discpline which can act asthe performance index or reference for our control system”. Dengan demikian, etikaakan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulanmanusia di dalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khususdikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dirupakan dalam bentuk aturan (code) tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagaialat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum(common sense) dinilai menyimpang dari kode etik. Dengan demikian etika adalahrefleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuatdan diterapkan dari dan untuk kepenringan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.Selanjutnya, karena kelompok profesional merupakan kelompok yang berkeahliandan berkemahiran yang diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan yangberkualitas dan berstandar tinggi yang dalam menerapkan semua keahlian dankemahirannya yang tinggi itu hanya dapat dikontrol dan dinilai dari dalam oleh rekansejawat, sesama profesi sendiri. Kehadiran organisasi profesi dengan perangkat“built-in mechanism” berupa kode etik profesi dalam hal ini jelas akan diperlukanuntuk menjaga martabat serta kehormatan profesi, dan di sisi lain melindungi
 
masyarakat dari segala bentuk penyimpangan maupun penyalah-gunaan kehlian(Wignjosoebroto, 1999).Oleh karena itu dapatlah disimpulkan bahwa sebuah profesi hanya dapat memperolehkepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut adakesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka inginmemberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpaetika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akansegera jatuh terdegradasi menjadi sebuah pekerjaan pencarian nafkah biasa (okupasi)yang sedikitpun tidak diwarnai dengan nilai-nilai idealisme dan ujung-ujungnya akanberakhir dengan tidak-adanya lagi respek maupun kepercayaan yang pantas diberikankepada para elite profesional ini.
B.
 
PENGERTIAN ETIKA
Dalam pergaulan hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkatinternasional di perlukan suatu system yang mengatur bagaimana seharusnya manusiabergaul. Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dandikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain.Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masingyang terlibat agara mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikankepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuaidengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasiumumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita.Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusiadalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yangburuk.Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yangberarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah lakumanusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini :
 
-
 
Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalamberprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.-
 
Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkahlaku perbuatan manusia dipandang dari seg baik dan buruk, sejauh yang dapatditentukan oleh akal.-
 
Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenainilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Etikamemberi manusia orientasi bagaimana ia menjalani hidupnya melalui rangkaiantindakan sehari-hari. Itu berarti etika membantu manusia untuk mengambil sikap danbertindak secara tepat dalam menjalani hidup ini. Etika pada akhirnya membantu kitauntuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu kita lakukan dan yangpelru kita pahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atausisi kehidupan kita, dengan demikian etika ini dapat dibagi menjadi beberapa bagiansesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.Ada dua macam etika yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik danburuknya prilaku manusia :1.
 
ETIKA DESKRIPTIF, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis danrasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalamhidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan faktasebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang maudiambil.2.
 
ETIKA NORMATIF, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap danpola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagaisesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberinorma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.Etika secara umum dapat dibagi menjadi :

Activity (223)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Munip Pembaharu liked this
dedi haryad liked this
Wawan Kurniawan liked this
Delian Kurniawan liked this
Ahmad Idris liked this
Yuseb Aris liked this
Yogioyurdha liked this
Jaen Sekar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->