Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
3. Instalasi Distro Ubuntu

3. Instalasi Distro Ubuntu

Ratings: (0)|Views: 467|Likes:
Panduan Linux
Panduan Linux

More info:

Published by: mohammad reza ardian abdillah on Apr 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2011

pdf

text

original

 
BAB
3
Pra-Instalasi dan Instalasi DistroUbuntu
Pada bab ini akan mempelajari tentang :
-
Persiapan instalasi Linux Ubuntu
-
Single atau Dual Boot?
-
WUBI (Windows-based UBuntu Installer)
-
Instalasi Permanen pada Partisi HarddiskDibutuhkan waktu sekitar 10 menitan untuk melakukan instalingubuntu 8.04. Ada beberap tahap untuk menginstall Ubuntu di PC anda,sebagai berikut :1. Download ISO image di URLhttp://www.ubuntu.com/getubuntu/download, dan burning di CDdengan software yang anda sukai, misalnya Nero, CDBurnerXP,Roxio.2. Masukkan ke CD Drive anda, restart PC anda. Set BIOS nya agarpertama kali yang dibaca adalah CD DriveInstalasi Ubuntu dapat dilakukan dengan cara seperti cara nomer 2diatas dengan langsung melakukan proses instalasi atau dapat jugahanya menggunakan ubuntu tanpa melakukan instlasi (Linux Live CD).Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang menyulitkan, misalnyaketidak cocokan perangkat keras sehingga tidak bisa berjalan denganbaik lebih disarankan menjalankan Linux Live-CD terlebih dahlu sebelummelakukan instalasi.Proses instalasi adalah proses pemasangan sistem operasi padakomputer anda sehingga sistem tersebut dapat berjalan dan anda dapat
 
Bab 3 : Pra-Instalasi dan Instalasi Distro Ubuntu2-2
menggunakannya untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Untuk dapatmelakukan proses instalasi, pastikan anda telah memiliki desktop CD
distribusi Ubuntu pada praktek ini menggunakan Ubuntu 8.04 “HardyHeron”). Distribusi tersebut berisi file sistem dan program-program lainyang dibutuhkan selama proses instalasi berlangsung.Instalasi Ubuntu desktop sangat mudah dilakukan karena sepenuhnyamenggunakan mode grafik. Namun demikian anda harus tetapmemperhatikan prosedur yang dilakukan dan memastikan tidak adamasalah berkaitan dengan perangkat keras atau faktor-faktor lain yangberpeluang mengganggu proses instalasi secara keseluruhan.Agar dapat berjalan secara optimal, Ubuntu 8.04 membutuhkanspesifikasi perangkat keras (hardware) PC desktop minimal sebagaiberikut:
-
Prosesor x86-based dengan clock speed minimal 500 Mhz.
-
Memori (RAM) 256 MB
-
Harddisk berkapasitas minimal 4 GB.
-
VGA (Graphic Card) dengan kemampuan 3D Acceleration danXgl seperti NVIDIA dan ATI, jika anda ingin mengaktifkan fiturdesktop effect dengan Compiz atau Beryl. Ubuntu tetap dapatberjalan normal tanpa menggunakan kartu grafis denganspesifikasi tersebut, namun hanya akan menjalankan tampilandesktop sederhana dan tanpa efek khusus (basic setting).
-
Koneksi internet (bersifat opsional guna memperlancar prosesinstalasi aplikasi-aplikasi tambahan yang anda butuhkan darisoftware repository secara online). Jika tidak memiliki koneksiinternet untuk menginstall aplikasi tambahan, anda dapat mencarialternatif menggunakan DVD repositori, yakni DVD berisi koleksiaplikasi-aplikasi Ubuntu dari repositori yang dapat anda perolehdari komunitas Ubuntu atau pihak-pihak lain. Informasi
 
Pelatihan Linux
September 2008
Prepared by OSSC STIKOM
2008
1-3
selengkapnya harap dilihat pada lampiran (dokumentasi dankomunitas Ubuntu).Sebelum melakukan prosedur instalasi, pastikan anda telah melakukanhal-hal berikut sebagai persiapan:
-
Backup/buat cadangan semua file-file penting yang tersimpandalam hardisk komputer anda. Kita tentu tidak ingin berspekulasi.Dengan membuat backup, risiko kehilangan data penting karenakesalahan teknis maupun non teknis saat instalasi dapatdiminimalkan. Backup dapat dilakukan dengan mengkopi semuafile-file penting ke dalam media penyimpanan data berkapasitasbesar seperti CD-R atau DVD-R, flash drive, dan sebagainya.
-
Defragment hardisk anda. Gunakan tool disk defragmenter yangterdapat pada menu Control Panel Windows
-
Ubah setting first boot device pada BIOS menjadi CD ROM,sehingga pada saat komputer loading atau restart sistem akan
‘membaca’ drive CD ROM terlebih dahulu (namun jika andamenginstall Ubuntu pada Windows melalui aplikasi Wubi installer,anda belum perlu mengubah setting first boot devices tersebut).
-
Ada baiknya selama beberapa hari/minggu sebelum melakukaninstalasi permanen, anda jalankan Ubuntu melalui Wubi. FasilitasWubi dirancang sebagai program simulasi atau demo untukmemungkinkan anda membiasakan diri dan berlatihmenggunakan menu-menu yang terdapat pada Ubuntu melaluisistem operasi Windows anda. Dengan demikian, pada saatUbuntu telah terinstall secara permanen, anda sudah terbiasadan tidak lagi merasa canggung saat menjalankannya.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Roni Wijaya liked this
moch_isnaini liked this
zahraa999 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->