Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hukum Waris

Hukum Waris

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 870 |Likes:
Published by 1way

More info:

Published by: 1way on Apr 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/01/2011

pdf

text

original

 
1
 
Hukum Waris: Auwloh Matematikanya Jeblok!
HUKUM WARISAN:
 
siapa yang mengajar auwlohberhitung?
Oleh Ali Sina
Satu kesalahan hitungan yang paling jelas dalam Qur’andapat ditemukan dalam penjelasan tentang hartawarisan. Hukum warisan tersebar di beberapa Sura,seperti misalnya di Al-Baqarah (2), Al-Maidah (5) dan Al-Anfal (8 ). Tapi keterangan menyeluruh tentang hukum-hukum ini dijabarkan di Surah Nisa (4).Q 4:11Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusakauntuk) anak-anakmu. Yaitu : bahagian seorang anaklelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan;dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua,maka bagi mereka dua pertiga dari harta yangditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja,maka ia memperoleh separo harta.Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnyaseperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yangmeninggal itu mempunyai anak; jika orang yang
 2
meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi olehibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara,maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiatyang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya.(Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidakmengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat(banyak) manfa'atnya bagimu. Ini adalah ketetapan dariAllah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi MahaBijaksana.Q 4: 12Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yangditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidakmempunyai anak. Jika isteri-isterimu itu mempunyaianak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yangditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang merekabuat atau (dan) seduah dibayar hutangnya. Para isterimemperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jikakamu tidak mempunyai anak.Jika kamu mempunyai anak, maka para isterimemperoleh seperdelapan dari harta yang kamutinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau(dan) sesudah dibayar hutang-hutangmu. Jika seseorangmati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidakmeninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapimempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atauseorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagimasing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenamharta.
 
3
Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang,maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu,sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atausesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberimudharat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yangdemikian itu sebagai) syari'at yang benar-benar dariAllah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.Q 4:176Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah).Katakanlah : "Allah memberi fatwa kepadamu tentangkalalah (yaitu) : jika seorang meninggal dunia, dan iatidak mempunyai anak dan mempunyai saudaraperempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan ituseperdua dari harta yang ditinggalkannya, dansaudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh hartasaudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak;tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagikeduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan olehyang meninggal. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiridari) saudara-saudara laki dan perempuan, makabahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagiandua orang saudara perempuan. Allah menerangkan(hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. DanAllah Maha Mengetahui segala sesuatu.
 Meskipun tertera perkataan “Allah menerangkan”,ternyata hukum ini jauh dari terang.
 4
Ayat 4:11 mengatakan jika seorang pria hanyamempunyai seorang anak perempuan, maka anakperempuan itu mendapatkan separuh harta warisan. Tapikarena ayat yang sama berkata bahwa porsi warisananak laki dua kali besarnya daripada anak perempuan,maka ini berarti saudara lakinya mewarisi seluruhwarisan. Bukankah ini membingungkan? Jelas ada yangsalah dalam hukum ini. Kesalahan ini akan semakinbanyak dijumpai dalam pembagian warisan di mana pihakorangtua dan istri-istri diikutsertakan.Terdapat kasus-kasus di mana jumlah pembagian totalkepada pewaris ternyata melebihi harta warisan yangada. Lihat contoh berikut.Menurut ayat-ayat di atas, jika seorang pria matimeninggalkan seorang istri, tiga anak perempuan dandua orangtuanya, maka;Bagian istrinya adalah 1/8(Para isteri memperolehseperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidakmempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, makapara isteri memperoleh seperdelapan dari harta yangkamu tinggalkan)Anak-anak perempuannya akan menerima 2/3(tetapi jikasaudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanyadua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yangmeninggal).
 
5
Dan kedua orangtuanya akan menerima 1/6 dariwarisannya(Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jikayang meninggal itu mempunyai anak;)Jika kau menambah semua pembagian ini maka jumlahkeseluruhan melebihi jumlah warisan yang ada.
 Status Bagian
Istri................... 1/8 = 3/24Anak perempuan.. 2/3 = 16/24Ayah.................. 1/6 = 4/24Ibu.................... 1/6 = 4/24
 Total.................. = 27/24
Mari kita lihat contoh lain. Misalnya saja seorang priamati meninggalkan istrinya, ibunya, dan saudara-saudaraperempuannya.Istri menerima 1/4 warisan, (Para isteri memperolehseperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidakmempunyai anak;)
 6
Ibu menerima 1/3 warisan (Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yangditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan iadiwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapatsepertiga;)Dan saudara-saudara perempuannya 2/3 (tetapi jikasaudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanyadua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yangmeninggal)Jika kita menjumlahkan semua bagian ini, hasilnyaternyata melebihi jumlah warisan yang ada.Istri 1/4................... = 3/12Ibu 1/3.................... = 4/12Saudara perempuan.. = 8/12Total........................ = 15/12Contoh-contoh menunjukkan bahwa porsi pewaristernyata melebihi jumlah total warisan. Di kedua kasuscontoh jumlah total warisan ternyata tepat SEBELUMbagian warisan istri diikutsertakan.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Irmina Pinem liked this
tyanugraha liked this
bly789 liked this
yuwonopranoto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->