Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Filsafat Pendidikan Kel. 1

Makalah Filsafat Pendidikan Kel. 1

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Budhii Yanto

More info:

Published by: Budhii Yanto on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2014

pdf

text

original

 
 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Filsafat membahas segala sesuatu yang ada bahkan yang mungkin ada baik bersifat abstrak ataupun riil meliputi Tuhan,manusia dan alam semesta.Sehinggauntuk faham betul semua masalah filsafat sangatlah sulit tanpa adanya pemetaan- pemetaan dan mungkin kita hanya bisa menguasai sebagian dari luasnya ruanglingkup filsafat.Sistematika filsafat secara garis besar ada tiga pembahasan pokok atau bagian yaitu;epistemologi atau teori pengetahuan yang membahas bagaimana kitamemperoleh pengetahuan,ontologi atau teori hakikat yang membahas tentang hakikatsegala sesuatu yang melahirkan pengetahuan dan aksiologi atau teori nilai yangmembahas tentang guna pengetahuan.Mempelajari ketiga cabang tersebut sangatlah penting dalam memahami filsafat yang begitu luas ruang lingkup dan pembahansannya.Ketiga teori di atas sebenarnya sama-sama membahas tentanghakikat,hanya saja berangkat dari hal yang berbeda dan tujuan yang beda pula.Epistemologi sebagai teori pengetahuan membahas tentang bagaimana mendapat pengetahuan,bagaimana kita bisa tahu dan dapat membedakan dengan yanglain.Ontologi membahas tentang apa objek yang kita kaji,bagaimana wujudnya yanghakiki dan hubungannya dengan daya pikir.Sedangkan aksiologi sebagai teori nilaimembahas tentang pengetahuan kita akan pengetahuan di atas,klasifikasi,tujuan dan perkembangannya.
 
 
2
B.
 
Rumusan Masalah
Adapun Rumusan masalah yang muncul dalam makalah ini, yaitu:1.
 
Apa yang dimaksud Ontologi dan Bagaimana Persfektifnya dalam PendidikanIslam?2.
 
Apa yang dimaksud dengan Epistemologi dan Bagaimana Persfektifnya dalamPendidikan Islam?3.
 
Apa yang dimaksud Aksiologi dan Bagaimana Persfektifnya dalamPendidikan Islam?
C.
 
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini adalah:1.
 
Untuk mengetahui pengertian ontologi dan Perspektifnya dalam pendidikanIslam.2.
 
Untuk mengetahui pengertian Epistomologi dan Perspektifnya dalam pendidikan Islam.3.
 
Untuk mengetahui pengertian Aksiologi dan Perspektifnya dalam pendidikanIslam.
 
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Pengertian Ontologi dan Perspektifnya dalam Pendidikan Islam 
1.
 
Pengertian Ontologi
Dari sudut etimologi, Ontology berasal dari bahasa Yunani, yaitu ontos yang beararti ada, dan logos yang berarti pengetahuan, teori atau alasan. Dalam bahasaInggris, istilah tersebut diserap menjadi ontology dengan pengertian studi atau ilmumengenai yang ada atau berada. Dalam relevansinya dengan filsafat pendidikanIslam, ontology dipahami sebagai kajian filosofis mengenai hakikat dan esensi pendidikan Islam, yang dengan itu eksistensi pendidikan Islam dapat dipahamidengan baik dan diposisikan secara proporsional.
1
 Ontologi meliputi apa hakikat ilmu itu,apa hakikat kebenaran,dan kenyataanyang inheren dengan pengetahuan ilmiah, yang tidak terlepas dari persepsi filsafatitentang apa dan bagaimana yang ada itu. Paham monisme yang terpecah menjadiidealisme atau spiritualisme, paham dualisme, dan pluralisme dengan berbagainuansanya merupakan paham ontologik yang pada akhirnya akan menentukan pendapat bahkan keyakinan kita masing-masing mengenai apa dan bagaimana yangada sebagaimana manifestasi kebenaran yang kita cari.
2
 Ontologi adalah cabang filsafat yang mempersoalkan masalah ada, danmeliputi persoalan seperti apakah artinya ada, apakah golongan-golongan dari yangada?, apakah sifat dasar kenyataan, dan hal ada yang terakhir?, apakah cara-cara yang berbeda dalam mana entitas dari kategori logis dapat dikatakan ada?. Secaraontologis, ilmu membahas lingkup penelaahan keilmuannya hanya pada daerah-
 
1
Marjuni,
Filsafat Pendidikan Islam
( Makassar: Alauddin University, 2013) h. 49
2
Purwadi dan Djoko Dwiyanto,
Filsafat Jawa “ Ajaran Hidup yang berdasarkan Nilai Kebijakan Tradisional” ( 
Yogyakarta: Panji Pustaka, 2006), h. 5

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->