Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prinsip Demokrasi

Prinsip Demokrasi

Ratings: (0)|Views: 571|Likes:
Published by Bobjen_Ramos_Usuman

More info:

Published by: Bobjen_Ramos_Usuman on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/24/2013

pdf

text

original

 
PRINSIP DEMOKRASIINDONESIA
OLEH :
BOBJEN R USUMAN31115162DB18
 
BAB IPENDAHULUANPengertian Demokrasi
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yang setiap warga Negara mempunyaikebebasan dan kekuasaan dalam mewujudkan atau menyampaikan segala bentuk aspirasi, ide-ide cemerlang, demi untuk kemajuan bangsa tempat dimana warga tersebut bernaung.Sedangkan untuk demokrasi di Idonesia juga dapat diartikan sebagai bentuk pemerintahan darisemua rakyat Indonesia , oleh rakyat Indonesia dan untuk rakyat Indonesia di seluru penjuruNusantara.Sistem pemerintahan diatas sudah merupakan cita-cita dari pejuang bangsa Indonesia danmerupakan juga cita-cita dari semua partai Nasionalis yang ada di Indonesia. Sejak bangsaIndonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 selalu menjadi perdebatan bentukpemerintahan seperti apa yang tepat dan akan diterapkan dalam bangsa ini. lalu kemudianPancasila dipilih sebagai Filsafat dan pandangan kehidupan berbangsa Indonesia. Pancasila jugadijadikan sebagai dasar Negara Republik Indonesia, sehingga setiap aspek kehidupan danpemerintahan bangsa Indonesia selalu mengacu pada nilai-nilai Pancasila.Sedangkan untuk secara umum dapat dikatakan bahwa demokrasi adalah sistem politik yangmemungkinkan semua warga Indonesia mempunyai kesempatan mewujudkan seluruhaspirasinya sesuai dengan kondisi dari bangsa yang bersangkutan termasuk dari segi nilaibudaya dan adat istiadat. Sehingga pada implementasinya setiap suatu Negara mempunyai caratersendiri dalam mewujudkan Demokrasi tersebut, seperti Negara yang ada di Eropa, Amerikadan Asia selalu berbeda dalam pelaksanaan demokrasi itu.Ulasan di atas memberi kesimpulan bahwa pelaksanaan suatu demokrasi yang universal danberlaku bagi semua bangsa. Bahkan dalam suatu bangsa dapat terjadi perubahan dalampelaksanaan demokrasi sesuai dengan perkembangannya, contoh kasus seperti ketentuandalam hak pilih untuk perempuan, maka tidaklah benar anggapan sementara orang termasuk diIndonesia bahwa demokrasi Barat adalah pelaksanaan demokrasi yang universal dan harusditerapkan pada semua bangsa di dunia ini.
 
BAB IITEORI DEMOKRASIA. Pengertian Demokrasi Pancasila
1. Prof. Dardji Darmodihardjo,S.H.Demokrasi pancasila adalah Paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian danfalsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuanseperti dalam pembukaan UUD 1945.2. Prof. dr. Drs. Notonagoro,S.H.Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalampermusyawaratan/perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanusiaanyang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia dan yang berkeadilan sosial bagiseluruh rakyat Indonesia.3. Ensiklopedi IndonesiaDemokrasi Indonesia berdasarkan Pancasila yang meliputi bidang-bidang politik sosialekonomi, serta yang dalam penyelesaian masalah-masalah nasional berusaha sejauhmungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.
B. Demokrasi Pancasila Pada Era reformasi
Adalah salah satu reaksi terhadap pemerintahan orde baru yang dianggap telah menyimpangdari tujuan dan cita-cita demokrasi pancasila. Era reformasi berlangsung dari 1998 sampaidengan saat ini atau sering disebut orde transisi demokrasi pancasila.Sebagai warga negara kitapasti berharap bangsa Indonesia bisa belajar dari pengalaman sejarah agar pelaksanaandemokrasi pancasila di era reformasi ini lebih baik dari era sebelumnya.Ada beberapa hal yang akan menjamin sukses atau tidaknya demokrasi pancasila di erareformasi ini. Antara lain adalah sebagai berikut.Komposisi elite politik yang ada di mana tidak ada sistem monopartai dan tidak adanya diktatorkomunitas. Semuanya memiliki porsi yang sama untuk mewakili rakyat semata.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->