Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEDAULATAN PANGAN

KEDAULATAN PANGAN

Ratings: (0)|Views: 571 |Likes:
Published by Bobjen

More info:

Published by: Bobjen on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
KEDAULATAN PANGANDI INDONESIA
OLEH :BOBJEN R USUMAN31115162DB18
 
BAB IPENDAHULUAN
Kedaulatan Pangan adalah hak setiap bangsa dan hak setiap rakyat untuk memiliki kemampuanmemproduksi dan memasarkan kebutuhan pokok secara mandiri. Kedaulatan pangan akanterwujud jika ketahanan pangan (food security) nasional bisa terwujud. Sementara, ketahananpangan nasional akan terwujud jika produksi melebihi konsumsi.Misalnya, meningkatkan pembangunan infrastruktur penunjang produksi pangan nasinal,larangan impor bahan pangan, membuat varietes benih tanaman pangan unggulan nasional.konsumsi pangan harus dikendalikan dengan cara mengalihkan makanan pokok masyarakatyang tadinya beras/nasi sebagai makanan pokok bisa beralih ke bahan lain yang mempunyaikarbohidrat yang sama atau bahkan melebihi beras akan tetapi selama ini tidak menjadiperhatian pemerintah. Misalnya saja, gandum, jagung, singkong, dan lain sebagainya.Distribusi pangan yaitu dengan adanya distribusi silang (cross distribution) pangan dari daerahyang surplus ke daerah yang minus produksi pangan, adanya larangan ekspor bahan panganyang menjadi kebutuhan pangan nasional, larangan menimbun bahan panganTak hanya itu audit produksi dan konsumsi kebutuhan pangan nasional harus segera dilakukanmengingat masih adanya kesimpangsiuran data kebutuhan pangan nasional dan produksipangan nasional.Karena tanpa validitas data kebutuhan pangan nasional akan mempersulit kita untukmemenuhi kebutuhan produksi pangan nasional dan membuka peluang adanya praktek impordan ekspor bahan pangan yang semakin menyengsarakan petaniOlehkarenanya, perlu segera diantisipasi peraturan pelaksanaan agar Undang-undang (UU)tentang Pangan sebagai payung untuk ikhtiar merealisasikan ketahanan pangan nasional, yangmerupakan penyempurnaan dari UU No 7 1996 tentang Pangan dapat segera dilaksanakandengan baik, dan betul-betul terwujud demi kedaulatan pangan secara konkret untukkeberlangsungan kebutuhan dasar rakyat Indonesia.
 
BAB IITEORIKEDAULATAN PANGAN DAN KRISIS PANGANPenyebab Krisis Pangan
 
 
Pertambahan penduduk
 
Kerusakan lingkungan
 
Konversi lahan & penuruan kualitas lahan pertanian
 
Tingginya harga bahan bakar fosil (transportasi & perdagangan gandum antar negaramelalui 3885 km atau mendekati 4 kali panjang pulau jawa)
 
Perubahan pola konsumsi
 
Pemanasan global & perubahan iklim
 
Kebijakan lembaga keuangan internasional & negara maju.
Pertanian Indonesia dan Intervensi Lembaga Keuangan Dunia
 
 
Naiknya harga berbagai bahan pangan dalam kenyataannya relatif tidak membawakeuntungan bagi petani. Nilai tambah dari kondisi membaiknya harga bahan panganternyata dinikmati oleh kaum pedagang.
 
Penelitian Analisis Rantai Pemasaran Beras Organik dan Konvensional: Studi Kasus diBoyolali Jawa Tengah (Surono-HIVOS, 2003) menunjukkan bahwa pihak yang palingbanyak mengambil keuntungan dalam rantai perdagangan beras adalah pengusahapenggilingan (huller), pedagang besar dan pedagang pengecer. Yang lebihmemprihatinkan, sejak program Raskin diluncurkan pemerintah, petani adalah pihakyang paling banyak menjadi penerima tetap beras Raskin.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->