Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Frozen Shoulder Tinjauan Pustaka

Frozen Shoulder Tinjauan Pustaka

Ratings: (0)|Views: 415|Likes:

More info:

Published by: Jamal Lairi Pandawi SB's on May 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
| 1
BAB IPENDAHULUAN
1.Latar Belakang
Frozen shoulder merupakan rasa nyeri yang mengakibatkan keterbatasanlingkup gerak sendi (LGS) pada bahu. Mungkin timbul karena adanya trauma,mungkin juga timbul secara perlahan-lahan tanpa tanda-tanda atau riwayattrauma.Keluhan utama yang dialami adalah nyeri dan penurunan kekuatan otot penggerak sendi bahu dan keterbatasan LGS terjadi baik secara aktif atau pasif.Frozen shoulder secara pasti belum diketahui penyebabnya. Frozen shoulder atau yang juga dikenal dengan capsulitis adhesive. Respon autoimmunal terhadaprusaknya jaringan lokal yang diduga menyebabkan penyakit tersebut.
1
Frozen shoulder juga dapat disebabkan oleh trauma langsung pada bahu,immobilisasi atau disuse dalam jangka waktu lama misalnya terjadi fraktur disekitar bahu yang pada fase penyembuhannya tidak diikuti dengan gerak aktif yang dilakukan secara teratur pada bahunya, disamping itu juga karena faktor immunologi serta hubungannya dengan penyakit lain misalnya: Tuberkulosa paru,hemiparase,ischemic heart desease, bronchitis kronis dan Diabetus Melitus.Diduga ini merupakan respon autoimun karena rusaknya jaringan lokal.
1
Diantara beberapa faktor yang menyebabkan frozen shoulder adalahcapsulitis adhesiva. Keadaan ini disebabkan karena suatu peradangan yangmengenai kapsul sendi dan dapat menyebabkan perlengketan kapsul sendi dantulang rawan, ditandai dengan nyeri bahu yang timbul secara perlahan-lahan,nyeri yang semakin tajam, kekakuan dan keterbatasan gerak. Pada pasien yangmenderita capsulitis adhesiva menimbulkan keluhan yang sama seperti pada penderita yang mengalami peradangan pada jaringan disekitar sendi yang disebutdengan periarthritis, keadaan ini biasanya timbul gejala seperti tidak bisa menyisir karena nyeri disekitar depan samping bahu. Nyeri tersebut terasa pula saat lengan
 
1
 
| 2diangkat untuk mengambil sesuatu dari saku kemeja, ini berarti gerakan aktif dibatasi oleh nyeri. Tetapi bila mana gerak pasif diperiksa ternyata gerakan ituterbatas karena adanya suatu yang menahan yang disebabkan oleh perlengketan.Gangguan sendi bahu sebagian besar didahului oleh adanya rasa nyeri, terutamarasa nyeri timbul sewaktu menggerakan bahu, penderita takut menggerakan bahunya. Akibat immobilisasi yang lama maka otot akan berkurang kekuatannya.
 
| 3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2.1
 
Definisi Frozen Shoulder
Istilah frozen shouder hanya digunakan untuk penyakit yang sudahdiketahui dengan baik yang ditandai dengan nyeri dan kekakuan progresif bahuyang berlangsung 18 bulan. Proses peradangan dari tendonitis kronis tapi perubahan-perubahan peradangan kemudian menyebar melibatkan seluruh cuff dan capsul.
1
Selama peradangan berkurang jaringan berkontraksi kapsul menempel pada kaput humeri dan guset sinovial intra artikuler dapat hilang dengan perlengketan. Frozen merupakan kelanjutan lesi rotator cuff, karena degenerasiyang progresif. Jika berkangsung lama otot rotator akan tertarik sertamemperlengketan serta memperlihatkan tnada-tanda penipisan dan fibrotisasi.Keadaan lebih lanjut, proses degenerasi diikuti erosi tuberculum humeri yangakan menekan tendon bicep dan bursa subacromialis sehingga terjadi penebalandinding bursa. Frozen shoulder dapat pula terjadi karena ada penimbunan kristalkalsium fosfat dan karbonat pada rotator cuff. Garam ini tertimbun dalam tendon,ligamen, kapsul serta dinding pembuluh darah. Penimbunan pertama kaliditemukan pada tendon lalu kepermukaan dan menyebar keruang bawah bursasubdeltoid sehingga terjadi rardang bursa, terjadi berulang-ulang karena tekiriterus-menerus menyebabkan penebalan dinding bursa, pengentalan cairan bursa, perlengketandinding dasar dengan bursa sehingga timbul pericapsulitis adhesiveakhirnya terjadi frozen shoulder.
2
Frozen shoulder dibagi 2 Klasifikasi, yaitu :a. Primer/ idiopetik frozen shoulder Yaitu frozen yang tidak diketahui penyebabnya. Frozen shoulder lebih banyak terjadi pada wanita dari pada pria dan biasanya terjadi usia lebih dari 41tahun. Biasanya terjadi pada lengan yang tidak digunakan dan lebih
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->