Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LPJ LPPD Desa Perda No 3 Tahun 2009

LPJ LPPD Desa Perda No 3 Tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 1,202 |Likes:
Published by Falakhul Asyhar
Contoh Pedoman LPJ LPPD Desa Kabupaten Sidoarjo
Contoh Pedoman LPJ LPPD Desa Kabupaten Sidoarjo

More info:

Published by: Falakhul Asyhar on May 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/25/2013

pdf

text

original

 
 PEMERINTAH KABUPATEN SIDOARJO
PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJONOMOR 3 TAHUN 2009TENTANGPEDOMAN PELAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENYELENGGARAANPEMERINTAHAN DESADENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESABUPATI SIDOARJO,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor72 Tahun 2005 tentang Desa juncto Pasal 48 Peraturan Menteri Dalam NegeriNomor 35 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum Tata Cara Pelaporan danPertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, perlu ditetapkanPeraturan Daerah tentang Pedoman Pelaporan PertanggungjawabanPenyelenggaraan Pemerintahan Desa;Mengingat : 1.
 
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan DaerahKabupaten dalam Lingkungan Propinsi Jawa Timur juncto Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1965 tentang Perubahan Batas Wilayah Kota PrajaSurabaya dan Daerah Tingkat II Surabaya (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1950 Nomor 19, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2730);2.
 
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 Tentang Pembetukan PeraturanPerundangan-Undangan (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2004 Nomor 53, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4389);3.
 
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana telahbeberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun2008 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 59,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);4.
 
Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuanganantara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4438);5.
 
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 tentangDesa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 158,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4587);6.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaandan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 165, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4593);
 
 
2.7.
 
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2006 tentang Jenis danBentuk Produk Hukum Daerah;8.
 
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 16 Tahun 2006 tentang ProsedurPenyusunan Produk Hukum Daerah;9.
 
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2006 tentang LembaranDaerah dan Berita Daerah;10.
 
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2007 tentang PedomanTata Cara Pelaporan Dan Pertanggungjawaban PenyelenggaraanPemerintahan Desa.Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJOdanBUPATI SIDOARJOMEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN DAERAH KABUPATEN SIDOARJO TENTANG PEDOMANPELAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENYELENGGARAANPEMERINTAHAN DESA.
BAB IKETENTUAN UMUM
Pasal 1Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pemerintah Daerah adalah Bupati dan Perangkat Daerah sebagai unsurpenyelenggara Pemerintahan Daerah.2.
 
Pemerintahan Daerah adalah penyelenggara urusan pemerintahan olehpemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuandengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip NegaraKesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.3.
 
Pemerintah Kabupaten adalah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.4.
 
Bupati adalah Bupati Sidoarjo.5.
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
 
atau disebut dengan DPRD adalah DPRDKabupaten Sidoarjo.6.
 
Kecamatan adalah wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah kabupaten.7.
 
Camat adalah perangkat daerah Kabupaten Sidoarjo di wilayah kerjanya.8.
 
Desa atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalahkesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan untuk mengatur danmengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adatistiadat setempat yang diakui dalam sistem Pemerintahan Nasional dan berada diDaerah Kabupaten.9.
 
Kepala Desa adalah pemimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa.10.
 
Badan Permusyawaratan Desa atau yang disebut dengan nama lain yangselanjutnya disebut BPD, adalah lembaga yang merupakan perwujudandemokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan desa.11.
 
Lembaga Kemasyarakatan atau yang disebut dengan nama lain adalah lembagayang dibentuk oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan merupakan mitraPemerintah Desa dalam pemberdayaan masyarakat desa.
 
3.12.
 
Tokoh Masyarakat adalah tokoh agama, wanita, pemuda dan pemuka-pemukamasyarakat lainnya yang bertempat tinggal di desa yang bersangkutan denganmemperhatikan peraturan perundang-undangan.13.
 
Penyelenggaraan Pemerintahan Desa adalah seluruh proses kegiatan manajemenpemerintahan dan pembangunan Desa berdasarkan kewenangan desa yang ada,meliputi perencanaan, penetapan kebijakan, pelaksanaan, pengorganisasian,pengawasan, pengendalian, pembiayaan, koordinasi, pelestarian,penyempurnaan dan pengembangannya.14.
 
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Tahun Anggaran yangselanjutnya disebut LPPD Akhir Tahun Anggaran adalah laporanpenyelenggaraan pemerintahan desa kepada Bupati sebagai bentuk pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan fungsi, meliputi laporan semua kegiatan desaberdasarkan kewenangan desa yang ada, serta tugas-tugas dan keuangan daripemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota selama satutahun anggaran.15.
 
Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Masa Jabatan Kepala Desayang selanjutnya disebut LPPD Akhir Masa Jabatan adalah proses kegiatanpelaporan Kepala Desa kepada Bupati melalui Camat sebelum berakhirnya masa jabatan, meliputi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa selama 6 (enam)tahun.16.
 
Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Tahun Anggaran Kepala Desayang selanjutnya disebut LKPJ Akhir Tahun Anggaran adalah proses kegiatanpelaporan Kepala Desa kepada rakyat melalui Badan Permusyawaratan Desa(BPD) sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi,meliputi keterangan seluruh proses pelaksanaan peraturan-peraturan desatermasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.17.
 
Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Kepala Desayang selanjutnya disebut LKPJ Akhir Masa Jabatan adalah proses kegiatanpelaporan Kepala Desa kepada BPD sebelum berakhirnya masa jabatan, meliputilaporan penyelenggaraan pemerintahan desa.18.
 
Penginformasian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa yang selanjutnyadisebut Informasi LPPD kepada masyarakat adalah proses kegiatan pelaporanKepala Desa kepada rakyat tentang pelaksanaan pemerintahan desa melaluimedia/pengumuman resmi, meliputi informasi pokok-pokok kegiatan.19.
 
Laporan keuangan BPD adalah laporan administrasi keuangan BPD setiapTahun yang disampaikan kepada Kepala Desa selaku pemengang kekuasaanpengelolaan keuangan desa.20.
 
Peraturan Desa adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh BadanPermusyawaratan Desa bersama Kepala Desa.21.
 
Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang selanjutnya disebut APBDesadalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujuibersama oleh Pemerintah Desa dan BPD, yang ditetapkan dengan PeraturanDesa.22.
 
Pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa adalah suatu proses kegiatanyang ditujukan untuk menjamin agar Pemerintahan Desa dapat berjalan sesuaidengan rencana dan ketentuan yang telah ditetapkan.23.
 
Pengawasan BPD adalah pengawasan yang dilakukan oleh BPD terhadapPemerintah Desa sesuai wewenangnya.24.
 
Pengawasan masyarakat adalah pengawasan yang dilakukan masyarakat.
BAB IITUJUAN PELAPORAN
Pasal 2Tujuan pelaporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk mewujudkanpenyelenggaraan Pemerintahan Desa yang bertanggung jawab dan transparan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->