Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tingkat pendidikan

tingkat pendidikan

Ratings: (0)|Views: 151 |Likes:
Published by Novie Oktary
REFERENSI
REFERENSI

More info:

Published by: Novie Oktary on May 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Tingkat Pendidikan2.1.1 Pengertian Tingkat Pendidikan
Menurut Andrew E. Sikula dalam Mangkunegara (2003:50) tingkat pendidikan adalah suatu proses jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir, yang mana tenaga kerja manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan-tujuan umum. Dengan demikianHariandja (2002: 169) menyatakan bahwa tingkat pendidikan seorang karyawandapat meningkatkan daya saing perusahaan dan memperbaiki kinerja perusahaan.
2
.
1
.
2 Indikator-indikator Tingkat Pendidikan
Menurut UU SISDIKNAS No. 20 (2003), indikator tingkat pendidikan terdiridari jenjang pendidikan dan kesesuaian jurusan. Jenjang pendidikan adalahtahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan pesertadidik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan, terdiri dari:a.
 
Pendidikan dasar: Jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak yang melandasi jenjang pendidikanmenengah. b.
 
Pendidikan menengah: Jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar.c.
 
Pendidikan tinggi: Jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yangmencakup program sarjana, magister, doktor, dan spesialis yangdiselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Universitas Sumatera Utara
 
Kesesuaian jurusan adalah sebelum karyawan direkrut terlebih dahulu perusahaan menganalisis tingkat pendidikan dan kesesuaian jurusan pendidikankaryawan tersebut agar nantinya dapat ditempatkan pada posisi jabatan yangsesuai dengan kualifikasi pendidikannya tersebut. Dengan demikian karyawandapat memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan.
2.2 Insentif 2.2.1 Pengertian Insentif 
Menurut Handoko (2002:176), menyatakan bahwa pengertian insentif adalah: “Perangsang yang ditawarkan kepada para karyawan untuk melaksanakankerja sesuai atau lebih tinggi dari standar-standar yang telah ditetapkan”.Hasibuan (2003:118), mengatakan bahwa insentif adalah “Tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang kinerjanya diatas kinerjastandar”.Panggabean (2002:89), mengatakan bahwa insentif adalah: “penghargaandalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampauistandar yang telah ditentukan”.
2.2.2 Tujuan Pemberian Insentif 
Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggung jawab dandorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akanmengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuanutama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan kinerja individu maupunkelompok (Panggabean, 2002:93).
 
Universitas Sumatera Utara
 
 
Secara lebih spesifik tujuan pemberian insentif dapat dibedakan duagolongan yaitu:a.
 
Bagi PerusahaanTujuan dari pelaksanaan insentif dalam perusahaan khususnya dalamkegiatan produksi adalah untuk meningkatkan produktivitas kerjakaryawan dengan jalan mendorong/merangsang agar karyawan:1)
 
Bekerja lebih bersemangat dan cepat2)
 
Bekerja lebih disiplin3)
 
Bekerja lebih kreatif  b.
 
Bagi KaryawanDengan adanya pemberian insentif karyawan akan mendapatkankeuntungan:1)
 
Standar kinerja dapat diukur secara kuantitatif.2)
 
Standar kinerja di atas dapat digunakan sebagai dasar pemberian balas jasa yang diukur dalam bentuk uang.3)
 
Karyawan harus lebih giat agar dapat menerima uang lebih besar.
2.2.3. Jenis/Tipe Insentif 
Menurut Manulang (2001:141), tipe insentif ada dua yaitu:a.
 
Finansial insentif Merupakan dorongan yang bersifat keuangan yang bukan saja meliputigaji-gaji yang pantas. Tetapi juga termasuk didalamnya kemungkinanmemperoleh bagian dari keuntungan perusahaan dan soal-soal kesejahteraan yangmeliputi pemeliharaan jaminan hari tua, rekreasi, kesehatan dan lain-lain.
Universitas Sumatera Utara

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->