Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pencemaran Air

Makalah Pencemaran Air

Ratings: (0)|Views: 219 |Likes:
Published by Fendiv Tobing

More info:

Published by: Fendiv Tobing on May 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

 
Kata Pengantar
Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang MahaEsa. Karena dengan Rahamat-Nya lah penulis telah dapat menyelesaikanmakalah ini .Pada kesempatan ini secara khusus penulis mengucapkan banyak terima kasihkepada teman-teman dan kerabat yang telah memberi petunjuk dan doronganuntuk menyelesaikan makalah ini.Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Walaupun penulis telah berusaha semaksimal mungkin serta dengan segalakemampuan dan pengetahuan yang ada.Akhirnya penulis mohon kepada TYME memberi kekuatan untukmendarma baktikan ilmu yang ada.Siborongborong, 26-05-2013Penulis,Abdiel P. Manullang
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
 
Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari – hari kita membutuhkan air untuk memasak,mandi, minum, mencuci baju, dan lain-lain. Air yang baik kita gunakan harusmemiliki ciri – ciri tdak berwarna, tidak berbau, dan tidak beracun. Tetapi diIndonesia kita banyak menjumpai banyak sekali sungai yang keruh dan berbau yang banyak sekali bercampur dengan limbah rumah tangga dan jugabercampur dengan limbah industry. Air yang demikian itu sering disebutdengan air kotor atau air yang terpolusi. Air yang tercemar banyakmengandung zat – zat berbahaya yang dapat menyebabkan dampak buruk danmerugikan bila dikonsumsi oleh manusia.Namun bagi masyarakat pedesaan, sungai adalah sumber air sehari –hari untuk kelangsungan kehidupan mereka. Mereka juga kurang mengetahuidan kurang memahami dan juga kurang peduli dengan kandungan air tersebut.
1.2.
 
Rumusan Masalah
· Apa pengertian pencemaran air ?· Apa yang menyebabkan terjadinya pencemaran air ?· Bahaya apa saja yang ditimbulkan oleh pencemaran air ?· Apa yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi pencemaran air ?
1.3.
 
Tujuan
· Untuk mengetahui sumber penyebab pencemaran air
· Untuk mengetahui dampak pencemaran air terhadap kesehatanmanusia dan lingkungan hidup
· Untuk mengetahui cara penanggulangan pencemaran air
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1. Pengertian Pencemaran Air
Salah satu dampak negative dari kemajuan ilmu dan teknologi yangtidak digunakan dengan benar adalah terjadinya pencemaran. Pencemaranadalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan ataukomponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan olehkegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turunsampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurangatau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Definisi inisesuai dengan pengertian pencemaran pada (Undang-undang PokokPengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982.
 Pencemaran air adalah
suatu perubahan keadaan di suatu tempatpenampungan air sepertidanau,sungai
 
,lautandanair tanahakibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalamsiklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklushidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan.Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatanterbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian,bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah,bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
2.2. Penyebab Pencemaran Air 
Penyebab terjadinya pencemaran air sebagai aktivitas manusia yangmeliputi: kegiatan rumah tangga berupa sampah organic dan anorganik yangmeliputi: limbah industry, pertanian, perternakan, limbah rumah sakit,Ataupun partikulat – partikulat hasil kebakaran hutan dan gunungmeletusatau endapan erosi aliran air. Pencemaran air dapat disebabkan olehberbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.§ Meningkatnya kandungannutriendapat mengarah padaeutrofikasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->