Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
uu no 43 tahun 2009

uu no 43 tahun 2009

Ratings: (0)|Views: 131 |Likes:
Published by guslitera
undang-undang tentang kearsipan
undang-undang tentang kearsipan

More info:

Published by: guslitera on May 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2013

pdf

text

original

 
 UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANGKEARSIPANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa dalam rangka mempertahankan NegaraKesatuan Republik Indonesia dan mencapai cita-cita nasional sebagaimana tercantum dalamPembukaan Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945, arsip sebagaiidentitas dan jati diri bangsa, serta sebagaimemori, acuan, dan bahan pertanggungjawabandalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara harus dikelola dan diselamatkanoleh negara;b. bahwa untuk menjamin ketersediaan arsip yangautentik dan terpercaya, menjamin pelindungankepentingan negara dan hak-hak keperdataanrakyat, serta mendinamiskan sistem kearsipan,diperlukan penyelenggaraan kearsipan yangsesuai dengan prinsip, kaidah, dan standarkearsipan sebagaimana dibutuhkan oleh suatusistem penyelenggaraan kearsipan nasional yangandal;c. bahwa dalam menghadapi tantangan globalisasidan mendukung terwujudnya penyelenggaraannegara dan khususnya pemerintahan yang baikdan bersih, serta peningkatan kualitaspelayanan publik, penyelenggaraan kearsipan dilembaga negara, pemerintahan daerah, lembagapendidikan, perusahaan, organisasi politik,organisasi kemasyarakatan, dan perseoranganharus dilakukan dalam suatu sistempenyelenggaraan kearsipan nasional yangkomprehensif dan terpadu;d. bahwa . . .
 
 - 2 -d. bahwa ketentuan dan pengaturan yangberkaitan dengan penyelenggaraan kearsipanmasih bersifat parsial dan tersebar dalamberbagai peraturan perundang-undangansehingga perlu diatur secara komprehensif dalam suatu undang-undang tersendiri;e. bahwa penyelenggaraan kearsipan nasional saatini pada dasarnya belum bersifat terpadu,sistemik, dan komprehensif yang semuanyatidak terlepas dari pemahaman dan pemaknaanumum terhadap arsip yang masih terbatas dansempit oleh berbagai kalangan, termasuk dikalangan penyelenggara negara;f. bahwa Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1971tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipanperlu disesuaikan dengan perkembangan dankebutuhan kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara yang dipengaruhi olehperkembangan tantangan nasional dan globalserta perkembangan teknologi informasi dankomunikasi;g. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a sampai dengan huruf f perlu membentuk Undang-Undang RepublikIndonesia tentang Kearsipan;Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, dan Pasal 28FUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG KEARSIPAN.
BAB I . . .
 
 
 - 3 -BAB IKETENTUAN
UMUM
Pasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan denganarsip.2.
 
Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwadalam berbagai bentuk dan media sesuai denganperkembangan teknologi informasi dankomunikasi yang dibuat dan diterima olehlembaga negara, pemerintahan daerah, lembagapendidikan, perusahaan, organisasi politik,organisasi kemasyarakatan, dan perseorangandalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.3.
 
Arsip dinamis adalah arsip yang digunakansecara langsung dalam kegiatan pencipta arsipdan disimpan selama jangka waktu tertentu.4.
 
Arsip vital adalah arsip yang keberadaannyamerupakan persyaratan dasar bagi kelangsunganoperasional pencipta arsip, tidak dapatdiperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusakatau hilang.5.
 
Arsip aktif adalah arsip yang frekuensipenggunaannya tinggi dan/atau terus menerus.6.
 
Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensipenggunaannya telah menurun.7.
 
Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan olehpencipta arsip karena memiliki nilai gunakesejarahan, telah habis retensinya, danberketerangan dipermanenkan yang telahdiverifikasi baik secara langsung maupun tidaklangsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesiadan/atau lembaga kearsipan.
8. Arsip . . .
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->