Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP 28 Tahun 2012

PP 28 Tahun 2012

Ratings: (0)|Views: 332|Likes:
Published by guslitera
peraturan pemerintah tentang pelaksanaan undang undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan
peraturan pemerintah tentang pelaksanaan undang undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan

More info:

Published by: guslitera on May 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 28 TAHUN 2012 TENTANGPELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANG KEARSIPANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 15,Pasal 30 ayat (3), Pasal 46, Pasal 47 ayat (3), Pasal 48ayat (3), Pasal 52 ayat (2), Pasal 55, Pasal 67, danPasal 68 ayat (3) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009tentang Kearsipan perlu menetapkan PeraturanPemerintah tentang Pelaksanaan Undang-UndangNomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2009 Nomor 152, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 5071);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PELAKSANAANUNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANGKEARSIPAN.BAB I . . .
 
 
- 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan denganarsip.2.
 
Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalamberbagai bentuk dan media sesuai denganperkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara,pemerintahan daerah, lembaga pendidikan,perusahaan, organisasi politik, organisasikemasyarakatan, dan perseorangan dalampelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara.3.
 
Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secaralangsung dalam kegiatan pencipta arsip dandisimpan selama jangka waktu tertentu.4.
 
Arsip aktif adalah arsip yang frekuensipenggunaannya tinggi dan/atau terus menerus.5.
 
Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensipenggunaannya telah menurun.6.
 
Arsip vital adalah arsip yang keberadaannyamerupakan persyaratan dasar bagi kelangsunganoperasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui,dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.7.
 
Arsip statis adalah arsip yang dihasilkan olehpencipta arsip karena memiliki nilai gunakesejarahan, telah habis retensinya, danberketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasibaik secara langsung maupun tidak langsung olehArsip Nasional Republik Indonesia dan/ataulembaga kearsipan.8. Arsiparis . . .
 
 
- 3 -8.
 
Arsiparis adalah seseorang yang memilikikompetensi di bidang kearsipan yang diperolehmelalui pendidikan formal dan/atau pendidikan danpelatihan kearsipan serta mempunyai fungsi, tugas,dan tanggung jawab melaksanakan kegiatankearsipan.9.
 
Akses arsip adalah ketersediaan arsip sebagai hasildari kewenangan hukum dan otorisasi legal sertakeberadaan sarana bantu untuk mempermudahpenemuan dan pemanfaatan arsip.10.
 
Lembaga kearsipan adalah lembaga yang memilikifungsi, tugas, dan tanggung jawab di bidangpengelolaan arsip statis dan pembinaan kearsipan.11.
 
Lembaga negara adalah lembaga yang menjalankancabang-cabang kekuasaan negara meliputieksekutif, legislatif, yudikatif, dan lembaga lain yangfungsi dan tugas pokoknya berkaitan denganpenyelenggaraan negara sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan.12.
 
Arsip Nasional Republik Indonesia yang selanjutnyadisebut ANRI adalah lembaga kearsipan berbentuklembaga pemerintah nonkementerian yangmelaksanakan tugas negara di bidang kearsipan yang berkedudukan di ibukota negara.13.
 
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yangmelakukan kegiatan dengan tujuan memperolehkeuntungan atau laba yang berbentuk badanhukum yang didirikan dan/atau berkedudukandalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.14.
 
Pencipta arsip adalah pihak yang mempunyaikemandirian dan otoritas dalam pelaksanaan fungsi,tugas, dan tanggung jawab di bidang pengelolaanarsip dinamis.15. Unit . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->