Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kesehatan Dalam Islam

Kesehatan Dalam Islam

Ratings: (0)|Views: 25 |Likes:
Published by DyahSeptiWidhayati
testing
testing

More info:

Categories:Business/Law
Published by: DyahSeptiWidhayati on Jun 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
ISLAM dan KESEHATAN
Dalam tesisnya, Kiptiyah (2005) menemukan bahwa di pesantren yangmerupakan salah satu contoh lembaga pendidikan Islam, masih ditemukan hal-hal yangtidak sesuai dengan standar kesehatan menurut masyarakat “luar” pesantren, baikdalam hal pemahaman konsep kesehatan lingkungan hidup maupun dalam wujudfasilitas-fasilitas bangunan yang tersedia di pesantren. Hal ini menimbulkan tanda tanya,apakah terdapat perbedaan standar antara pemahaman kesehatan yang dianutmasyarakat luar pesantren dengan Islam atau apakah dalam hal kesehatan lingkungan,pesantren belum mencerminkan konsep Islam?Lebih jauh dilihat, kebersihan kota-kota besar di beberapa negara yangmayoritas penduduknya non muslim jauh lebih baik dibandingkan dengan di negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim. Sebut saja Singapura. Walau tidak semuatentu, seperti dapat dilihat pada Ibukota Brunei Darussalaam, Bandar Seri Begawan,yang tidak kalah bersihnya dibandingkan kota-kota besar di Eropa.Di samping masalah kebersihan yang erat kaitannya dengan kesehatan, dibeberapa negara yang mayoritas penduduknya muslim pun dihadapkan pada masalahkesehatan yang serius. Indonesia mengalami terpaan berbagai wabah penyakit, fluburung, demam berdarah, malaria dan berbagai penyakit lain yang belum mampudiatasi.Belum lagi bencana alam seperti banjir dan kekeringan yang dipicu oleh ulahmanusia akan pengelolaan lingkungan yang tidak benar. Bagaimana Islam memandangini semua?
Konsep Islam tentang Kesehatan
Islam memiliki perbedaan yang nyata dengan agama-agama lain di muka bumiini. Islam sebagai agama yang sempurna tidak hanya mengatur hubungan manusiadengan Sang Khalik-nya dan alam surga, namun Islam memiliki aturan dan tuntunanyang bersifat komprehensif, harmonis, jelas dan logis termasuk urusan kesehatanindividu maupun masyarakat.“Kesehatan merupakan salah satu hak bagi tubuh manusia'' demikian sabda NabiMuhammad SAW. Karena kesehatan merupakan hak asasi manusia, sesuatu yangsesuai dengan fitrah manusia, maka Islam menegaskan perlunya istiqomahPusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Dr. Ir. Eliyani  AGAMA ISLA
 
memantapkan dirinya dengan menegakkan agama Islam. Satu-satunya jalan denganmelaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya. Allah berfirman:''Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu danpenyembuh-penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjukdan rahmat bagi orang-orang yang beriman'' (QS:Yunus 57).Sehat menurut batasan
World Health Organization
adalah keadaan sejahteradari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secarasosial dan ekonomis. Tujuan Islam mengajarkan hidup yang bersih dan sehat adalahmenciptakan individu dan masyarakat yang sehat jasmani, rokhani, dan sosial sehinggaumat manusia mampu menjadi umat yang pilihan.Islam lebih mengutamakan pencegahan (kuratif) dalam hal kesehatandibandingkan mengobati.
A.Kebersihan, membersihkan dan menyucikan diri
 
1.
Tubuh: Islam memerintahkan mandi bagi umatnya karena 23 alasan dimana 7alasan merupakan mandi wajib dan 16 alasan lainnya bersifat sunah.
2.
Tangan: Nabi Muhammad SAW bersabda: “Cucilah kedua tanganmu sebelumdan sesudah makan ", dan " Cucilah kedua tanganmu setelah bangun tidur.Tidak seorang pun tahu dimana tangannya berada di saat tidur."
3.
Islam memerintahkan kita untuk mengenakan pakaian yang bersih dan rapi.
4.
Makanan dan minuman: Lindungilah makanan dari debu dan serangga,Rasulullah SAW sersabda: "Tutuplah bejana air dan tempat minummu "
5.
Rumah: "Bersihkanlah rumah dan halaman rumahmu" sebagaimana dianjurkanuntuk menjaga kebersihan dan keamanan jalan: "Menyingkirkan duri dari jalanadalah ibadah."
6.
Perlindungan sumber air, misalnya sumur, sungai dan pantai. Rasulullahmelarang umatnya buang kotoran di tempat-tempat sembarangan.Perintah-perintah Rasulullah SAW tersebut di atas memiliki makna bahwa kita harusmenjaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai infeksi saluranpencernaan.Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Dr. Ir. Eliyani  AGAMA ISLA
 
B.Penanggulangan dan penanganan epidemi penyakit
 
1.
Karantina penyakit: Nabi Muhammad SAW bersabda: "Jauhkanlah dirimu sejauhsatu atau dua tombak dari orang yang berpenyakit lepra "
2.
Islam juga mengajarkan prinsip-prinsip dasar penanganan dan penanggulanganberbagai penyakit infeksi yang membahayakan masyarakat (misalnya wabahkolera dan cacar), "Janganlah engkau masuk ke dalam suatu daerah yangsedang terjangkit wabah, dan bila dirimu berada di dalamnya janganlah pergimeninggalkannya."
3.
Islam menganjurkan umatnya melakukan upaya proteksi diri (ikhtiar) dariberbagai penyakit infeksi, misalnya dengan imunisasi.
C. Makanan
 
1.
Makanan yang diharamkan.Firman Allah SWT :"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, dagingbabi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapibarangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidakmenginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosabaginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. 2. Al Baqarah, 2:173 )Setiap makanan yang dilarang di dalam Al Quran ternyata saat ini memilikiargumentasi ilmiah yang dapat dibuktikan dengan ilmu pengetahuan. Makananyang diharamkan dapat mengganggu kesehatan manusia, baik pengaruh burukbagi kesehatan (kolesterol, racun) maupun mengandung berbagai penyakit yangmembahayakan tubuh (Trichina, Salmonella, cacing pita, dll.).
2.
Makanan sehat dan halal:Islam memerintahkan umatnya untuk makan makanan yang baik dan halal,misalnya daging, ikan, madu dan susu. Makanan-makanan yang baik dan halalbermanfaat bagi tubuh. Islam menolak paham vegetarian. Pola konsumsi yangPusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB
Dr. Ir. Eliyani  AGAMA ISLA

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->