Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Biologi

Modul Biologi

Ratings: (0)|Views: 708|Likes:
Published by smartlearningcenter
modul biologi intensif SLC
modul biologi intensif SLC

More info:

Published by: smartlearningcenter on Jun 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/22/2013

pdf

text

original

 
smart learning center
 
 Intensive SNMPTN BiologiSmart Learning Center (SLC)
-1-
KONSEP HIDUP DAN BIOLOGI SEL
 A.
 
KONSEP DAN TEORI TENTANG HIDUP
Biologi (Yunani : Bios = hidup ; Logos = ilmu)adalah cabang ilmu pengetahuan alam (naturalscience) yang mempelajari tentang kehidupandari semua makhluk hidup dalam ilmu biologitidak terdefinisikan, dengan kata lain makhluk hidup dapat dilihat dari ciri yang dimilikinya.Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup adalah sebagai berikut:- Nutrisi - Tumbuh- Regulasi - Adaptasi- Sintesis - Reproduksi- Bergerak - Iritabilitas- Respirasi - BerkembangWalaupun demikian ciri mutlak hidup yangtidak dapat pada badan mati adalah:Tumbuh, Reproduksi, Berkembang.Sebagai ilmu pengetahuan alam, biologi lahir dan berkembang melalui pengamat daneksperimen, perkembangan ini dapat dilihat dari banyaknya hal yang perlu dicoba, sehinggaseseorang sanggup mendalami salah satu cabang biologi saja.Cabang-cabang biologi antara lain:- Botani : mempelajari tentang tumbuhan- Zoologi : mempelajari tentang hewan- Sitologi : sel-sel makhluk hidup- Anatomi : struktur tubuh organisme- Genetika : sifat-sifat menurun padamakhluk hidup- Patologi : tentang penyakit- Fisiologi : fungsi tubuh makhluk hidup- Embriologi : pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kehidupan- Teratologi : cacat janin dalam kandunganPembahasan Masalah Ilmu Biologi Secara IlmiahUntuk mengetahui dan memecahkan masalah-masalah yang timbul, digunakan metode ilmiah.Tahap-tahap metode ilmiah dalam biologiadalah sebagai berikut:1.
 
Menentukan masalah2.
 
Observasi (pengamatan)3.
 
Pengumpulan data/ analisa data4.
 
Hipotesa/ dugaan sementara5.
 
Eksperimen (percobaan)6.
 
KesimpulanSebagai contoh metode ilmiah ialah dalamkasus penyakit malaria yang dipecahkan olehCharles Laveran (1880) :1.
 
Menentukan masalahyaitu : tentang penyakit malaria2.
 
Observasi (pengalaman)Charles Laveran menerima darah penderitadengan mikroskop dan menemukan badanyang disebutnya aneh berbentuk cincin.3.
 
Pengumpulan dataLaveran mengamati darah penderita danorang yang sehat lalu membandingkan.Ternyata pada orang sehat tidak ditemukan benda aneh berbentuk cincin4.
 
HipotesaDia menduga benda aneh berbentuk cincinitulah penyebab penyakit malaria5.
 
EksperimenDengan menyuntikan darah orang sakit kedalam tubuh orang sehat. Ternyata setelah beberapa hari orang yang sehat menjadisakit.6.
 
KesimpulanDari hasil eksperimennya. Laveran membuatsuatu kesimpulan bahwa benda aneh berbentuk cincin tersebut menyebabkan penyakit malaria.Oleh Ronald Ross dan Grasi menamakan bendaaneh berbentuk cincin tersebut adalahPLASMODIUM.
1.
 
Asal-usul kehidupan
Semenjak awal penciptaan bumi ini. Tuhantelah menciptakan kehidupan awalorganisme hingga sekarang. Namun padaawal adanya kehidupan organisme.Organisme yang ada (organisme pionir) berkembang sampai sat ini kita mengenaladanya keanekaragaman hayati.Berawal dari itu para peneliti mencobamelihat tentang awal mula terbentuknyakehidupan tadi. Berikut di antaranya teori-teori tentang asal-usul kehidupan.1.
 
Alexander Oparin dan MaidaniMenyatakan bahwa makhluk hidup yang pertama kali ada tercipta di laut. Hal inidibuktikan melalui percobaannya yangmelihat cairan sel pada makhluk hidupmemiliki kandungan Natrium Klorida(NaCl), sama seperti yang terdapat padaair laut.2.
 
Harold Urey dan Stanley Uniler Termasuk dalam teori biologi modern.Harold Urey mengatakan bahwaatmosfer bumi pada awal kehidupanmengandung metana (CH
4
), amonia(NH
3
), gas hidrogen (H
2
) dan uap air (H
2
O), yang oleh energi halilintar darisinar-sinar dari sinar-sinar kosmis akan berubah menjadi zat-zat hidup. Zat-zathidup tersebut setelah berjuta-juta tahunakan mengalami proses evolusi dan berkembanglah berbagai jenis
smart learning center
 
smart learning center
 
 Intensive SNMPTN BiologiSmart Learning Center (SLC)
-2-
organisme. Teori ini diuji oleh StanleyKiller, murid Harold Urey.Dalam percobaannya, aliran listrik  bertekanan tinggi dialihkan ke dalamtabung berisi, molekul metana, amoniak,hidrogen dan uap air, misalnya : ASAMAMINO. Diketahui asam aminomerupakan komponen protein dan protein adalah zat penting pembentuk  proto plasma. Dan protoplasma adalahsebagai substansi dasar kehidupan.
2.
 
Teori Abiogenesis dan Biogenesis
Teori AbiogenesisDisebut teori abiogenesis, yaitu artinya bahwa adanya kehidupan berasal dari bendamati.Teori ini disebut juga GENERATIOPONTANAEPendukung teori Abiogenesis :1.
 
Aristoteles2.
 
John Needham3.
 
A.V. Leuwemhook Bukti-bukti yang mereka kemukakan :-
 
Ulat yang timbul dari daging yangmembusuk,-
 
Cacing yang berasal dari lumpur,-
 
Tikus dari perca yang membusuk,-
 
Dll.Teori ini bertahan hingga abad ke-17.Teori BiogenesisSetelah Leuwenhoek menemukan mikroskopdi mana dia mengatakan bahwa dia melihatadanya mikroorganisme dalam air jernihyang membusuk. Penemuan Leuwnhoek inimenimbulkan masalah di kalangan ahli-ahli biologi yang mencoba membuktikan, yaitu :1.
 
Francesso RediAlat : tabung biasaBahan : daging segar 2.
 
Lazzaro SpallanzaniAlat : tabung biasaBahan : air kalduPada percobaan Francesso Risi danLazarro Spallanzani tidak dapatmembuktikan ketidakbenaran teoriabiogenesis karena dalam percobaanmereka tidak dijumpai adanya gayahidup (oksigen).3.
 
Louis Pasteur Alat : tabung biasaBahan : air kalduDari percobaan tersebut ditemui adanyagaya hidup (oksigen), namun pada akhir kaldu tidak ditemukan adanya mikroorganisme. Maka muncullah ajaran baruyang dikenal “
Omne vivum ex ovo,Omne ovum ex vovo
”, artinya bahwakehidupan berasal dari kehidupansebelumnya. Dikenal dengan TEORIBIOLOGI MODERN.
B.
 
BIOLOGI SELDEFINISI SEL
Sel adalah unit struktur terkecil dan fungsionalyang terdapat dalam tubuh suatu organisme.Setiap organisme tersusun atas sel, baik organisme monoseluler (besel tunggal) maupunmultiseluler (bersel banyak), di mana sel-seltersebut memiliki peran-peran tersendiri dalammelaksanakan proses hidup yang mendukungkelangsungan kehidupan berbagai makhluk hidup.
1.
 
Teori Sel dan Struktur Sel
Pada awal penemuan mikroskop, banyak ahli yang meneliti jaringan-jaringan hidupmuncul penemuan mengenal teori sel.-
 
Pertama kali penemuan sel ialah ROBERTHOOKE (1665) yang mengamati sayatangabus dan melihat struktur kosong sepertikotak yang disebutnya dengan SEL.-
 
ROBERT BROWN melaporkan bahwa bagian-bagian yang terpenting dari sel ituadalah bagian-bagian yang terpenting darisel itu adalah inti sel yang dinamakannya NUKLEUS.-
 
FELIX DUJARDIN mengatakan bahwacairan itulah yang terpenting yang penyusunannya disebut “SARCODE”.-
 
Terakhir JOHANNES PURKINJEmenambahkan cairan sel itu sebagai bahanembrional dalam telur.
TEORI SEL
-
 
Yang pertama kali menemukan teori seladalah SCHLEIDEN & T. SCHWANN.Teori sel ini mengatakan bahwa semuamakhluk hidup terdiri dari sel-sel yangmerupakan satuan terkecil dari makhluk hidup.Dengan perkataan lain bahwa sel merupakankesatuan struktur terkecil dari makhluk hidup.-
 
MAX SCHULTZ mengatakan protoplasmamerupakan dasar-dasar fisik kehidupan,sehingga teorinya menyatakan bahwa sel itumerupakan kesatuan fungsional darikehidupan.-
 
RUDILF VIRCHOW mengemukakan
Omne Celulla Cellulae
” artinya semua sel berasal dari sel. Dengan kata lain sel itu
smart learning center
 
smart learning center
 
 Intensive SNMPTN BiologiSmart Learning Center (SLC)
-3-
merupakan kesatuan heerditas dari makhluk hidup.-
 
Seiring pengetahuan tentang inti sel yangmengandung faktor-faktor keturunan.GEORGE MENDEL menyebut selmerupakan kesatuan hereditas dari makhluk hidup.
STRUKTUR SEL
Sel yang belum terdiri atas sel → VIRUSSel yang terdiri atas 1 sel PROTISTASel yang terdiri dari banyak sel MULTISELULER a.
 
Dinding SelPada sel tumbuhan membran sel, padahewan plasma membran yang termasuk organel sel. Terdiri atas 3 lapisan, yaitu :-
 
Lapisan dalam → protein hidrofolik -
 
Lapisan tengah → lemak hidrofolik -
 
Lapisan luar → protein hidrofolik Sifat dinding sel hewan : SELEKTIF PERMIABEISifat dinding sel tumbuhan: IMPERMIABEI b.
 
Protoplasma, terdiri dari :1.
 
Protoplast (bag. Yang hidup)2.
 
Iclusion
Protoplast
, dibagi atas :a.
 
Cytoplasma, terdapat diluar nukleus.Di dalamnya terdapat :
 
Organella Sel, yaitu :-
 
MitochondriaUntuk memproses respirasi seluntuk menghasilkan energi.-
 
RibosomTempat sintesa protein dalam sel.-
 
Retikulum EndoplasmaSaluran yang menghubungkaninti sel dengan sitoplasma/transportasi protein.-
 
SentrosomMengatur pergerakan dinamisdan sel.-
 
Golgi ApparatusAlat sekresi/ ekskreasi dalam sel.-
 
Lisosom
 
Menghasilkan enzim pencernaan.
 
Sistem imunitas tubuh-
 
PlastisidaHanya terdapat pada sel tumbuhan,sebagai pembawa zat warna
 
Chloroplast : zat warna hijau
 
Chromopplast : pembawa zatwarna lain, misalnya xantofil berwarna kuning merah
 
Leukoplast/ Atmosplast : tidak menghasilkan warna, tempat pembentukannya amilum.
 
VacuolaFungsinya sebagai tempatmenyimpan makan dan sisametabolisme.Vocuola berisi :- Karbohidrat : tepung, glikogen- Lemak : fospolipida- Minyak yang tidak mudah menguap- Zat warna antocyanin- Alkalida : - Cafsin - Lycopesin- Kinine - heobromin- Enzim- Unsur anorganik  b.
 
 Nukleus (Inti Sel), terdiri dari :1.
 
 Nukleoplasma2.
 
 Nukleolus3.
 
Membran Inti4.
 
Benang-benang kromatinProtoplasmaSusunan kimia protoplasma dapatdiketahui dengan melakukan “AnalisaAbu” yang menyimpulkan bahwa protoplasma terdiri dari :1.
 
Air, merupakan susunan kimiaterbanyak 2.
 
Zat organik :- karbohidrat- protein- Lemak - As, Nukleat3. Zat Organik :- Unsur C, H, O, dan N (dalam jumlah besar)- Unsur-unsur lainSifat Kimia ProtoplasmaProtoplasma adalah sistem yangkompleks dan terdiri dari bagian-bagianyang heterogen (banyak zat penyusunnya). pH antara 6,8 7,2 karena terdapat ion bufffer, antara lain : HCO
3
, CO
3
, PO
6
.Sifat Fisik ProtoplasmaProtoplasma adalah sistem koloiddengan molekul-molekul pembentuk yang berukuran 0,001 0,1 . Sifatkoloid berada di antara fase sel dan gelyang dapat bereaksi secara reversibel.Molekul-molekul ini selalu dalamkeadaan bergerak yang disebut gerak Brown, dan terkandung juga terputar 
smart learning center

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->