Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KangKung darat

KangKung darat

Ratings: (0)|Views: 486 |Likes:
Published by Naa Nana Chiboleg
jurnal, paper kangkung darat
jurnal, paper kangkung darat

More info:

Published by: Naa Nana Chiboleg on Jun 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2014

pdf

text

original

 
PENDAHULUANLatar Belakang
Budidaya tanaman hortikultura di Indonesia belum memberikan kontribusiyang besar, dibandingkan dengan komoditas pertanian lainnya. Banyak faktor yang menjadi kendala untuk pengembangan komoditas hortikultura. Selainlemahnya modal usaha yang dimiliki dan rendahnya pengetahuan petani, kendalalain yang dominan adalah harga produk hortikultura yang rendah dan sangat berfluktuansi, prasarana transportasi yang kurang mendukung dan belum berkembangnya agro industri yang memanfaatkan hasil tanaman hortikulturasebagai bahan baku (Lakitan, 1995)Kangkung banyak dijumpai di dataran Asia tenggara, baik sengaja ditanamatau tidak. Kangkung memang bukan barang asing di dapur Indonesia karenaselain mudah didapat dan harganya yang murah rasanya pun cukup sedap.Kangkung bergiji tinggi dan lengkap dengan kandungan seperti kalori, protein,lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat basi,natrium, kalium, vitamin A,vitamin B, vitamin C, karotan dan sistos herot (Rukmana, 1997).Kangkung tergolong sayuran yang sangat populer,karena banyak  peminatnya. Kangkung disebut juga
 swampcabbage, water spinach.
Berasal dariIndia yang kemudian menyebar ke Malasiya, Burma, Indonesia, China Selatan,Australia, dan bagian Negara Afrika. Kangkung masuk ke Indonesia pada tahun1985, terdapat luas areal pertanaman kangkung nasional seluas 41.953 ha. Namun,tahun-tahun berikutnya cenderung menurun yaitu hanya 32.448 ha (1988), dan20.578 ha (1990) (Tindall, 1983).
 
Kangkung banyak dimanfaatkan ibu-ibu untuk membuat sayur tumis. Jeniskangkung yang biasa dimanfaatkan adalah kangkung air dan kangkung darat.Kangkung air tumbuh baik pada tempat yang basah atau berair. Kangkung initangkai daunnya panjang, daunnya lebar, bunganya berwarna ungu dan daunnyamemiliki warna hijau tua. Berbeda dengan kangkung air, kangkung darat justru banyak tumbuh dilahan kering atau tegalan. Daun lebih langsing dengan ujungdaun meruncing, warnanya hijau pucat keputih-putihan, warna bunga putih andipelihara untuk menghasilkan biji sebagai benih yang baru (Nazaruddin, 1999).Karena sifatnya yang gampang rusak, maka kangkung harus segera di pasarkan dalam bentuk segar atau di olah menjadi bahan pangan yang lebih tahansimpan. Agroindustri yang menggunakan produk hortikultura sebagai bahan bakuakan sangat menunjang perkembanagan budidaya tanaman hortkultura(Lakitan, 1995).
Tujuan Percobaan
Adapun tujuan percobaan ini adalah untuk mengetahui tanggap pertumbuhan tanaman
Kangkung Darat
 Ipomea reptana
L
 )
TerhadapPemberian berbagai Dosis Pupuk Urea.
Manfaat Percobaan
Manfaat percobaan ini yaitu Sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikutiPraktikal Test di Laboratorium Dasar Agronomi Fakultas Pertanian, UniversitasSumatera Utara, Medan dan Sebagai sumber informasi bagi pihak yangmembutuhkan.
 
TINJAUAN PUSTAKABotani Tanaman
Menurut Tindall (1983) dalam sistematika (taksonomi) tumbuhan,kedudukan tanaman kangkung
(Ipomaea reptans Poir),
diklasifikasikan sebagai berikut :Kingdom: PlantaeDivisio: SpermatophytaSubdivisio : AngiospermaeKelas : DicotyledonaeOrdo : ConvolvulaceaeGenus : IpomoeaSpesies : Ipomaea reptans Poir Dari suku kangkung-kangkungan (convolvulaceae) ini masih terdapat beberapa jenis lainnya seperti kangkung hutan atau kangkung pagar (I.fistulosaMart. Ex. Choisy), rincik bumi (I. quamoqlit) dan I. triloba L. yang tumbuhnyaliar di hutan-hutan (Rukmana, 1997).Kangkung merupakan tanaman menetap yang dapat tumbuh lebih dari satutahun. Batang tanaman terbentuk bulat panjang berbuku-buku, banyak mengandung air merambat atau menjalar dan percabangannya banyak (www. must-anast.  pdf. 2010). Spesies kangkung-kangkungan yang sudah umum di budidayakan secarakomersila adalah I.batatas L. atau ubi jalar. Penyambungan batang bawah ubi jalar dengan batanag atas kangkung pagar dapat menghasilkan ubi jalar berukuran besar-besar dan umurnya dapat mencapai satu tahun atau lebih (Rukmana, 1997).

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
Robychaniago liked this
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->