Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PRAKTIKUM

LAPORAN PRAKTIKUM

Ratings: (0)|Views: 147|Likes:
Published by Romi Andrian

More info:

Published by: Romi Andrian on Jun 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/24/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM
 
HIDROBIOLOGI
 
Oleh
 
SARIATI
 
A1C2 09062
 
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 
UNIVERSITAS HALUOLEO
 
KENDARI
 
2012
 
 
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
Latar Belakang
 
Plankton adalah mikroorganisme yang ditemui hidup diperairan baik di sungai, waduk,danau maupun diperairan payau dan laut. Organisme ini baik dari segi jumlah dan jenisnyasangat banyak. Plankton merupakan salah satu komponen utama dalam sistem mata rantaimakanan (food chain) dan jaring makanan (food web). Mereka menjadi pakan bagi sejumlahkonsumen dalam sistem mata rantai makanan dan jaring makanan. Mikroorganisme (plankton)ini ada yang dapat bergerak aktif sendiri seperti bahwa hewan dan kita sebagai hewani(zooplankton) dan ada juga plankton yang dapat melakukan asimulasi (photosyntesis) sepertihalnya tumbuhan. Kelompok ini disebut plankton nabati (phytoplankton). Plankton jugamempunyai kemampuan berkembang biak dengan cepat dan dapat dengan mudahdibudidayakan secara massal, sehingga tidak perlu dikhawatirkan mereka akan punah(Rizky,2009).
 
Selain itu, plankton juga hidup di pesisir pantai dimana dia mendapat bekal garammineral dan cahaya matahari yang mancukupi. Ini penting untuk memungkinkan terus hidup.Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak heran bila ikan banyak di pesisir pantai.Itulah kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan dikawasan itu. Beberapa makluk hidup yangmemakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.
 
Plankton tidak saja penting bagi kehidupan ikan langsung maupuan tidak langsung,aka tetapi penting juga bagi segala jenis hewan yang hidup didalamnya, baik air payau, tawar,
 
maupau air laut. Tanpa plankton khususnya fitoplankton sebagai produksi primer tidak akanmungkin terjadi kehidupan didalam laut dari permukaan sampai kedasarnya. Dasar ketergantungan zooplankton dan fitoplankton dalam melengkapi bahan-bahan organik menunjukkan suatu hubaungan yang kompleks sehingga terbentuk sebuah rantai makanan,sifaf khas rantai makanan mempunyai pengaruh yang penting dalam menentukan jumlah produksi ikan diberbagai daerah.
 
Kelimpahan plankton pada suatu perairan dipengaruhi oleh faktor-faktor abiotik yaitu :suhu, kecerahan, kecepatan arus, salinitas, pH, DO (Kennish, 1990; Sumich, 1992;Romimohtarto dan Juwana, 1999). Sedangkan faktor biotik yang dapat mempengaruhidistribusi zooplankton adalah bahan nutrien dan ketersedian makanan (Kennish, 1990;Sumich, 1992).
 
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka penulis ingin mengkaji lebih lanjuttentang plankton me
lalui suatu praktek lapang “
identifikasi plamkton di perairan sungaimuara sampara
 
B.
 
Rumusan Masalah
 
Rumusan masalah pada praktikum ini adalah jenis-jenis plankton apa sajakah yangterdapat di sungai Muara Sampara desa Muara Sampara, kota Kendari.
 
C.
 
Tujuan Praktikum
 
Tujuan pada praktikum ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis plankton yangterdapat di sungai Muara Sampara, desa Muara Sampara kota Kendari.
 
D.
 
Manfaat Praktikum
 
Manfaat dalam praktikum ini adalah sebagai berikut.
 
1.
 
Sebagai bahan pembanding dan informasi bagi penulis selanjutnya dengan obyek  penulisan yang relevan.
 
2.
 
Sebagai tambahan bacaan dan pengayaan materi pelajaran Sains Biologi padatingkatSekolah Menengah Atas (SMA).
 
3.
 
Melatih diri penulis dalam mengembangkan ide yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->