Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penatalaksanaan-urtikaria

penatalaksanaan-urtikaria

Ratings: (0)|Views: 95|Likes:
Published by Praditya F. Setya
u
u

More info:

Published by: Praditya F. Setya on Jun 02, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Urtikaria pertama kali digambarkan dalam sastra Inggris pada tahun 1772,walaupun sebenarnya penyakit telah diakui sepanjang sejarah. Urtikaria ditandaidengan onset edema setempat pada kulit yang berhubungan dengan rasa gatal danterbakar yang disebabkan oleh bermacam-macam sebab.
1,2
Urtikaria juga kadangdikenal sebagai
hives
,
nettle rash
, biduran, kaligata.
2
Urtikaria merupakan penyakit kulit yang sering dijumpai dan mengenai 15-25% populasi semasa hidupnya. Urtikaria dapat terjadi secara akut maupun kronik.Urtikaria akut adalah gangguan umum yang sering mendorong pasien untuk mencari pengobatan di unit gawat darurat (UGD). Bahkan, urtikaria akut adalah penyakit kulit paling umum yang dirawat di UGD.
1
Urtikaria kronik yang terjadi setiap hari selamalebih dari 6 minggu dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.
3
Kebanyakan kasus urtikaria adalah
 self-limited 
dan durasinya pendek. Namun,ketika urtikaria menjadi kronik, maka akan menjadi masalah bagi pasien atau dokter yang merawat.
4
Walaupun patogenesis dan beberapa penyebab yang dicurigai telahditemukan, ternyata pengobatan yang diberikan kadang-kadang tidak memberi hasilseperti yang diharapkan.
2
Penatalaksanaan utama urtikaria meliputi langkah-langkahumum untuk mencegah atau menghindari faktor pemicu dan farmakoterapi.Penatalaksanaan tersebut distratifikasikan menjadi
 first-line therapy
,
 second-linetherapy
, dan
third-line therapy
.
3
B.Tujuan
Tujuan dari penulisan referat ini adalah untuk mengetahui penatalaksanaanurtikaria.1
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.Definisi
Urtikaria adalah reaksi vaskular di kulit akibat bermacam-macam sebab, biasanyaditandai dengan edema setempat yang cepat timbul dan menghilang perlahan-lahan, berwarna pucat dan kemerahan, meninggi di permukaan kulit, sekitarnya dapatdikelilingi halo.
2
B.Anatomi dan Fisiologi Kulit1.Anatomi Kulit
Kulit adalah suatu organ pembungkus seluruh permukaan luar tubuh. Lapisan luar kulit adalah epidermis dan lapisan dalam kulit adalah dermis atau korium.
5
Epidermis terdiri atas lima lapisan yaitu stratum korneum, stratum lusidum,stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale (stratum germinativum).Fungsi epidermis sebagai proteksi barier, organisasi sel, sintesis vitamin D dansitokin, pembelahan dan mobilisasi sel, pigmentasi (melanosit) dan pengenalanalergen (sel langerhans).
5
Dermis terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan papiler dan lapisan retikuler yangmerupakan lapisan tebal terdiri dari jaringan ikat padat. Fungsi dermis berfungsisebagai struktur penunjang,
mechanical strength
, suplai nutrisi, menahan
 shearing 
2
Gambar 1.
Lapisan Epidermis Kulit.
6
 
 forces
dan respon inflamasi.
 
Subkutis merupakan lapisan di bawah dermis atauhipodermis yang terdiri dari lapisan lemak, berfungsi menunjang suplai darah kedermis untuk regenerasi.
5
2.Fisiologi Kulit
Kulit merupakan organ yang berfungsi sangat penting bagi tubuh diantaranyaadalah memungkinkan bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan, sebagai barier infeksi, mengontrol suhu tubuh (termoregulasi), sensasi, eskresi, dan metabolisme.Fungsi proteksi kulit adalah melindungi dari kehilangan cairan dari elektrolit, traumamekanik, ultraviolet dan sebagai barier dari invasi mikroorganisme patogen. Kulit berperan pada pengaturan suhu dan keseimbangan cairan elektrolit.
5
C.Epidemiologi
Data epidemiologi urtikaria secara internasional menunjukkan bahwa urtikaria(kronis, akut, atau keduanya) terjadi pada 15-25% populasi pada suatu waktu dalamhidup mereka.
Chronic idiopatic urticaria
(CIU) terjadi hingga 0,5-1,5% populasi3
Gambar 2.
Anatomi Kulit.
7

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->