Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
112Activity
×
P. 1
Ensiklopedia Keris - Javakeris

Ensiklopedia Keris - Javakeris

Ratings:

2.75

(4)
|Views: 52,932|Likes:
Menjelaskan tentang seluk beluk, sisik melik Keris
Menjelaskan tentang seluk beluk, sisik melik Keris

More info:

Published by: Herman Adriansyah AL Tjakraningrat on Apr 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
ENSIKLOPEDIA KERISIndex AADEG IRAS, PAMOR
, adalah nama pamor yang menyerupai garis lurus mulai dariujung bilah sampai pangkalnya yang bersinggungan dengan bagian ganja. Pada bagianganja, pamor ini seolah menyambung lagi sampai kebagian yang bersinggungandengan pesi. Pamor ini dinilai baik tuahnya dan tergolong pamor langka.ADEG SIJI, lihat SADA SA’LER.Pamor Sada Saler ADEG WENGKON, lihat TEJA KINURUNG.AENGTONG TONG, nama desa di Serunggi, Sumenep yang sampai kini masihmembuat keris dan tombak. Desa ini dulu merupakan tempat tinggal para EMPU yangmemenuhi kebutuhan kerajaan Sumenep dan kini masih ada beberapa orang yangbekerja sebagai pandai keris seperti Jaknal, Jembar, Jekri, Hoji dan lain lain.AEROLIT, adalah batu pamor yang sangat keras dan berasal meteor, bila telah menjadipamor akan berwarna kuning keabu-abuan. Gradasi warnanya tidak terlalu kontrasdibandingkan dengan kehitaman warna besi dasar sehingga sulit dilihat mata, pamor dari bahan ini sering juga disebut Jalada.
Ensiklopedia KerisPustaka Pribadi Notaris Herman Adriansyah AL Tjakraningrat
1
 
AKHODIYAT, PAMOR, adalah bagian dari kelompok pamor yang memilikikecemerlangan lebih gemerlap dari bagian pamor lainnya. Pada satu permukaan bilahkeris, ada bagian yang kecemerlangan pamornya menonjol dibanding kecemerlanganpamor disekitarnya dan sepintas lalu mirip dengan lelehan logam keperakan yang putihmengkilap.Menurut EMPU Fausan Pusposukadgo, ini terjadi karena suhu yang tepat pada saatpenempaan dan bukan dibuat oleh logam perak seperti dugaan orang,Pamor ini tidak dapat direncanakan dan tergolong pamor Tiban, pamor ini banyakdisukai orang, di Madura dan Jawa Timur disebut Pamor Deling.AKIM, nama seorang pembuat keris yang hidup diawal abad 20, dijaman penjajahanBelanda dan tinggal di kampung 21 Ilir, Palembang.ALIAMAI, sebutan orang Serawak, Brunei, Sabah dan sebagian penduduk MindanauSelatan untuk menyebut keris. Diperkirakan dari bahasa Sulu di Mindanau Selatan.Pamor AlipALIP, nama pamor yang selalu menempati sor-soran, terutama pada sebilah keris,namun kadang ditemui juga di tombak. Termasuk pamor titipan dan pamor Rekan.Bentuknya hanya merupakan garis lurus, tebal sepanjang sekitar 4 sampai 6 cm dankadangkala ujung garis itu membelok patah sedikit. Pamor Alip bukan merupakanpamor Sada Saler terputus, tetapi sengaja dibuat begitu dan karena titipan kadangkalaterdapat disela pamor lainnya yang lebih dominan.Bagi sebagian orang, pamor ini mempunyai tuah baik yakni memperkuat iman, tahangodaan dan tidak tergolong pamor pemilih hanya pemiliknya harus berpantangterhadap beberapa hal.
Ensiklopedia KerisPustaka Pribadi Notaris Herman Adriansyah AL Tjakraningrat
2
 
AMBANYU MILI, lihat ILINING WARIH.AMBER, MINYAK, campuran minyak keris dengan bau yang keras memberi kesansakral, ada yang menyebut minyak Misik.Pamor Anda AgungANDA AGUNG, salah satu bentuk pamor berbentuk garis-garis menyudut, bersusun-susun, berjajar keatas dari pangkal keujung bilah, tergolong pamor tidak pemilih dandipercaya dapat memperlancar karier. Termasuk pamor Miring.ANGGA CUWIRI, EMPU terkenal pada jaman kerajaan Majapahit sekitar abad 14,buatannya dikenali dengan tanda sebagai berikut :Ganjanya relatif berukuran panjang dibanding dengan keris buatan jaman Majapahitlainnya. Gulu melednya berkesan kekar dan kokoh. Buntut cecaknya tergolongngunceng mati. Bagian gendokannya montok, gembung. Bilah kerisnya berukuransedang tetapi agak ramping dan agak tebal, besinya matang tempaan berwarna hitamkebiruan namun mempunyai kesan kering. Dibanding dengan bentuk keris secaramenyeluruh, bagian sor-soran agak terlalu lebar, blumbangannya juga lebar dan luas.Pamornya sederhana, kebanyakan Wos Wutah atau Pulo Tirto.Keris buatan EMPU Angga Cuwiri mempunyai kesan penampilan yang keras,berwibawa dan meyakinkan.
Ensiklopedia KerisPustaka Pribadi Notaris Herman Adriansyah AL Tjakraningrat
3

Activity (112)

You've already reviewed this. Edit your review.
Enter Wind added this note|
monggo yang pengen trading forex bisa gabung dengan http://www.dewafx.com
Enter Wind added this note|
mantab tenan, komplit banget penjabarane
1 thousand reads
1 hundred reads
qcroets liked this
Dida Trisyadi liked this
わさび亮 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->