Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gelar Akademik

Gelar Akademik

Ratings: (0)|Views: 136|Likes:
Published by Leman Palinggi

More info:

Published by: Leman Palinggi on Jun 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/17/2013

pdf

text

original

 
 
SALINANKEPUTUSANMENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIANOMOR 036/U/1993TENTANGGELAR DAN SEBUTAN LULUSAN PERGURUAN TINGGIMENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANMenimbang : bahwa sebagai pelaksanaan ketentuan Bab VII PeraturanPemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang PendidikanTinggidipandang perlu menetapkan gelar dan sebutan lulusanperguruan tinggi;Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989;2. Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990;3. Keputusan Presiden Republik Indonesia :a. Nomor 44 Tahun 1974;b. Nomor 15 Tahun 1984, yang telah beberapa kalidiubah terakhir dengan Keputusan PresidenRepublikIndonesia Nomor 67 Tahun 1992;c. Nomor 64/M Tahun 1988;4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaana. Nomor 0222c/0/1980 tanggal 11 September 1980;b. Nomor 0686/U/1991 tanggal 20 Desember 1991;Memperhatikan : 1. Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 113/D/T/1993 tanggal 25 Januari 1993;2. Hasil Rapat Kerja Nasional Rektor /Ketua/DirekturPerguruan Tinggi Negeri dan Koordinator KoordinasiPerguruan Tinggi Swasta di lingkungan DepartemenPendidikan dan Kebudayaan se Indonesia tanggal 18sampai dengan tanggal 20 November 1992 di Jakarta.M E M U T U S K A N :Menetapkan : KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIKINDONESIA TENTANG GELAR DAN SEBUTAN LULUSAN PERGURUANTINGGI.
 
 
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Keputusan ini yang dimaksud dengan :1. Gelar akademik adalah gelar yang diberikan kepada lulusan perguruantinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik.2. Sebutan profesional adalah sebutan yang diberikan kepada lulusanperguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional.3. Sebutan profesi adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang yangmemiliki gelar akademik yang telah menyelesaikan program keahlianatau profesi bidang tertentu.4. Pendidikan akademik adalah pendidikan yang diarahkan terutama padapenguasaan ilmu pengetahuan.5. Pendidikan profesional adalah pendidikan yang diarahkan padakesiapanpenerapan keahlian tertentu.6. Program studi adalah kesatuan rencana belajar sebagai pedoman Penye-lenggaraan pendidikan akademik dan/ atau profesional yangdiselengga-rakan atas dasar suatu kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa dapatmenguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengansasaran kurikulum.7. Menteri adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.8. Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.Pasal 21). Penetapan jenis gelar akademik, sebutan profesional dan sebutanprofesi didasarkan atas bidang keahlian.2). Bidang keahlian sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) untuk gelarakademik merupakan program studi dan/atau pengelompokan programstudi.3). Bidang keahlian sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) untuk sebutanprofesional merupakan program studiPasal 31). Gelar akademik, sebutan profesional dan sebutan profesi yangdiberi-kan kepada lulusan perguruan tinggi dicantumkan dalam ijazah.2). Dalam ijazah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dicantumkan pulanama bidang keahlian dan program studi yang bersangkutan secaralengkap.
 
 
BAB IIGELAR AKADEMIK, SEBUTAN PROFESIONAL DAN SEBUTAN PROFESIPasal 41). Yang berhak menggunakan gelar akademik adalah lulusan pendidikanakademik dari Sekolah Tinggi, Institut atau Universitas.2). Yang berhak menggunakan sebutan profesional adalah lulusan Pendidi-kan profesional dari Akademi,Politeknik,Sekolah Tinggi, Institutatau Universitas.3). Yang berhak memberikan sebutan profesi adalah seseorang yangmemiliki gelar akademik dan telah menyelesaikan program keahlianatau profesi dalam bidang tertentu.Pasal 51). Yang berhak memberikan gelar akademik adalah SekolahTinggi,Institutatau Universitas yang memenuhi persyaratan, sesuai dengan ketentuanperundang-undangan yang berlaku.2). Yang berhak memberikan sebutan profesional adalah Akademi,Politeknik,Sekolah Tinggi,Institut dan Universitas yang memenuhipersyaratan,sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yangberlaku.BAB IIIJENIS GELAR AKADEMIKPasal 6Gelar akademik terdiri atas Sarjana,Magister dan Doktor.Pasal 7(1) Jenis gelar akademik Sarjana dan bidang keahlian serta singkatannyaadalah sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Keputusan ini.(2) Jenis gelar akademik Magister dan bidang keahlian sertasingkatannyaadalah sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Keputusan ini.(3) Jenis gelar akademik dan bidang keahlian serta singkatannya yangbelum tercantum dalam Lampiran I dan II, akan ditetapkan olehDirektur Jenderal.Pasal 8Penggunaan gelar akademik dan bidang keahlian untuk Sarjana danMagisterdalam bentuk singkatan ditempatkan di belakang nama yang berhak atasgelar yang bersangkutan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->