Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ayat Tentang Hari Akhir 2

Ayat Tentang Hari Akhir 2

Ratings: (0)|Views: 245|Likes:
Published by Kewin Harahap

More info:

Published by: Kewin Harahap on Jun 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/23/2013

pdf

text

original

 
I.
 
PENDAHULUAN
Allah telah menciptakan segala sesuatu yang dikehendakinya. Di alam raya inimisalnya, dapat dilihat betapa kemaha besaran Allah sebagai dzat yang agung.Bagaimana langit ditinggikan(QS 88: 18), daratan dihamparkan(QS 88: 20), makhluk hidup diciptakan (QS 16: 4, 5, 8), Allah menghidupkan (QS 22: 6), Allah mengakhiri (QS22: 1), dan sebagainya. Ada maksud penciptaan pasti terdapat pula tujuan penciptaan, adaawal penciptaan – ada akhir dari penciptaan tersebut, dan sebagainya.Umat muslim memiliki kepercayaaan (Iman) yang termaktub di dalam rukun Imanagama Islam, yaitu : Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Rasul,Iman kepada Kitab-kitab Allah, Iman kepada Hari Akhir, dan Iman kepada Qodlo-Qodar.Ada dua hal pokok yang berkaitan dengan keimanan.
 Pertama
adalah pembuktiantentang keesaan Allah.
 Kedua
adalah pembuktian tentang hari akhir karena keimanankepada Allah tidaklah sempurna kecuali dengan keimanan kepada hari akhir.
1
[1]Oleh karena itu, disini penulis tertarik untuk mengkaji ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir.II.
 
RUMUSAN MASALAH
A.
 
Apa pengertian hari akhir?B.
 
Bagaimana tafsir ayat-ayat al-Qur’an tentang hari akhir?III.
 
PEMBAHASANA.
 
Pengertian hari akhir (konteks Islam)
Salah satu rukun Iman adalah Iman kepada hari akhir (yaumul qiyamah), yaitu percaya akan datangnya ujung dari kehidupan di dunia. Dalam al-qur’an hari akhir dinamakan
al-qari’ah,
terdapat pada QS. Al-Haqqah : 4 dan QS. Al-Qari’ah : 1, 2, dan 3.
2
[2]Firman Allah
“Tahukah kamu, apakah hari kiamat itu ?”
(QS. Al-Qari’ah : 3).Menurut Ar-Razi, ayat tersebut mununjukan bahwa manusia tidak tahu sama sekalitentang hari kiamat, manusia hanya memahami bahwa hal tersebut merupakan peristiwayang luar biasa.12
 
Hari akhir atau kiamat (qiyamat/qiyamah) juga dijelaskan dengan pengertian, harikiamat adalah hari dihancurkannya secara total kehidupan manusia di dunia denganditiupkannya sangkakala pertama oleh malaikat Israfil (dalam masa tersebut tiada lagikehidupan). Kemudian ditiupkan kembali sangkakala untuk kali kedua yaitu untumenghidupkan umat manusia sejak Nabi Adam as. hingga umat terakhir, untuk menerima pengadilan Allah.
3
[3]Hari akhir sering pula disebut sebagai hari kiamat, yaitu hari pembalasan yang hakikiterhadap semua makhluk hidup di dunia yang fana ini.
B.
 
Tafsir Ayat-Ayat Tentang Hari Akhira.
 
Qs. Al-A’raf : 147
147. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami danmendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah perbuatan mereka.mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang Telah merekakerjakan.
1.
 
Tafsir
Ayat ini menjelaskan bahwa ada siksaan atau suatu dampak yang buruk terhadaporang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah di akhirat kelak.
4
[4] Walaupun diamelakukakan amal-amal baik maka sia-sialah itu jika dia tidak mempercayai adanya pertemuan dengan Allah diakhir nanti.Dalam ayat ini menggunakan kata () untuk menunjuk makna kesia-siaan, yangmana kata tersebut pada mulanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang konkretindrawi, misalnya ada seekor binatang yang mati karena memakan suatu jenis bunga,dalam konteks ini Nabi Saw bersabda :
“sesungguhnya ada tumbuhan yang tumbuh dimusim bunga yang membunuh”
(HR. Bukhari dan at-Tirmidzi).
5
[5]Dari penjelasan dan hadits tersebut dapat dipahami bahwa ada sesuatu yang buruk didalam sesuatu yang baik. Dalam buku yang sama, M. Quraish Shiahab menjelaskanamal-amal seorang kafir (baca : mendustakan ayat Allah) kelihatannya baik namun amaltersebut , sehingga pada akhirnya ia akan binasa, bagai binatang yang memakan bunga yang indah tetapi sejatinya bunga tersebut beracun atau memiliki efek buruk.345
 
Kesia-siaan tersebut juga dapat dipahami dalam arti karena mereka mendustakan adanya pertemuan akhirat, yaitu adanya balasan dan ganjaran di akhiirat kelak.
6
[6]Pada penutup ayat di atas, bermakna bahwa seseorang tidak diberi balasan kecualisesuai dengan amal mereka masing-masing, beramal baik sesuai ketentuan illahi atau beramal sebaliknya.
7
[7]
2.
 
Munasabah
Pada ayat-ayat lalu diterangkan hal-ihwal Fir’aun dan tentaranya yang telah punahdan tenggelam ke dasar laut Qulzum (laut merah), karena ketakaburan, keangkuhan,kezaliman, dan sikap mereka yang mendustakan kenabian Musa beserta risalah yangdibawanya. Pada ayat ini dijelaskan bahwa orang yang sombong dan mendustakankekuasaan Allah dan adanya akhirat, mereka akan menerima balasan sesuai dengan perbuatannya.
8
[8]
3.
 
Analisis
Dari tafsir ayat tersebut diketahui bahwa Allah Maha Kuasa. Sunatullah akan berlaku bagi siapapun yang takabur, dan menyombongkan diri. Sifat-sifat tersebut dapat ditandaidengan tidaknya beriman pada pertemuan Allah di hari pembalasan nanti, merendahkanmartabat orang lain serta menyombongkan diri karena mereka mendustakan ayat-ayatAllah. Maka sia-sia pula amal baik yang telah dikerjakan orang-orang tersebut jika tidak mengimani ayat-ayat Allah.
b.
 
Qs. Al-Ahzab : 63
63. Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah:"Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu Hanya di sisi Allah". dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.
1.
 
Tafsir
Ayat ini menerangkan bahwa adanya pertanyaan tentang hari akhirat, baik darikaum mukmin yang bertanya serius dan kaum musyrik atau munafik yang bertanya678

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->