Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EYD

EYD

Ratings: (0)|Views: 115|Likes:

More info:

Published by: ᮓᮔᮤ ᮞᮥᮠᮚ on Jun 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/08/2014

pdf

text

original

 
EYDPENULISAN KATA
 
1. Kata Dasar
 Kata yang berupa kata dasar ditulis sebagai satu kesatuan.Contoh:¤ Kantor Pos sangat ramai.¤ Buku itu sudah saya baca.¤ Adik naik sepeda baru.
2. Kata Turunan
 1) Imbuhan (awalan, sisipan, akhiran) ditulis serangkai dengan kata dasarnya.contoh: bergerigi ketetapan sentuhan gemetar mempertanyakan terhapus2) Jika bentuk dasar berupa gabungan kata, awalan atau akhiran ditulis serangkai dengan katayang langdung mengikuti atau mendahuluinya.Contoh:diberi tahu, beri tahukan, bertanda tangan, tanda tangani, berlipat ganda, lipat gandakan3) Jika bentuk dasar yang berupa gabungan kata mendapat awalan dan akhiran sekaligus, unsur gabungan kata ditulis serangkai.Contoh:memberitahukanditandatanganimelipatgandakan
3. Bentuk Ulang dan Kata Ulang
 Bentuk ulang dan kata ulang ditulis secara lengkap dengan menggunakan tanda hubung.Contoh:anak-anak, berjalan-jalan, biri-biri, buku- buku, dibesar-besarkan, gerak-gerik, hura-hura, kupu-kupu.
4. Kata Depan
 Kata depan di, ke dan dari dituliskan terpisah dengan kata yang mengikutinya, kecuali daripadadan kepada (yang dianggap satu kata).
 
Contoh :¤ Saya sudah makan bakso di Restoran Tamansari.¤ Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Esa.¤ Bram berasal dari keluarga terpelajar.Akan tetapi¤ Surat itu dikirimkan kepada orang tuanya didesa.¤ Kinerja Lely lebih baik daripada Tuti.
5. Partikel
 Partikel lah, kah dan tah ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.Contoh :¤ Di manakah kau taruh barang berharga itu?¤ Demikianlah maksud kedatangan saya.¤ Apalah arti hidup tanpa cinta.Partikel per dan pun ditulis tepisah dengan kata yang mendahului atau mengikutinya.Contoh :¤ Anda pun mempunya hak atas warisan ini.¤ Ada pun yang dimakannya, dia harus tetap kurus.¤ Undang-undang itu berlaku per 1 Januari 2011.Catatan: Kelompok yang dianggap padu berikut ini ditulis serangkaian, yaitu adapun, andaipun, bagaimanapun, biarpun, kalaupun, kendatipun, maupun, meskipun, sekalipun, sungguhpun,walaupun.
6. Angka dan Lambang Bilangan
 1) Angka dipakai untuk menyatakan lambang bilangan nomor. Dalam tulisan lazim digunakanangka arab atau angka romawi.Contoh:Angka Arab : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.Angka Romawi : I, II, III, L (50), C (100), M (1000).2) Angka digunakan untuk menyatakan(i) ukuran panjang, berat, luas, dan isi,(ii) satuan waktu,(iii) nilai uang, dan(iv) kuantitas.Contoh:
 
19 meter; Pukul 15.30; Rp 10.000, 00; 4 ons; 65 liter; 158 orang.3) Angka dipakai untuk melambangkan nomor jalan, rumah, apartemen, atau kamar pada alamat.Contoh:Jalan Kartini III No. 152Rumah Susun Perumnas Klender, Blok F2, No. 104) Angka juga digunakan untuk menomori bagian karangan dan ayat kitab suci.Contoh:¤ Bab X, Pasal 5, Halaman 345, Surat Annisa:95) Penulisan lambang bilangan dengan huruf dilakukan sebagai berikut.Contoh:- Bilangan utuhMisalnya:Dua belas
12Dua puluh dua
22- Bilangan pecahanMisalnya:Setengah
½Tiga perempat
¾Satu persen
1 %6) Penulisan lambang bilangan bilangan tingkat dapat dilakukan dengan cara yang berikut.Contoh:¤ lihat Bab II, Pasal 5 dalam bab ke-2 buku itu.¤ Di daerah tingkat II itu; di tingkat kedua gedung kedua gedung itu.7) Lambang bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf. Jika perlu susunan kalimat diubahsehingga susunan yang tidak dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata tidak terdapat padaawal kalimat.Contoh:¤ Lima puluh orang tewas akibat bencana alam itu.Bukan:50 orang tewas akibat bencana alam itu.8 ) Angka yang menunjukkan bilangan utuh yang besar dapat dieja sebagian supaya lebih mudahdibaca.Contoh:¤ Perusahaan kami telah mendapat pinjaman 250 juta rupiah.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->