Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
1Activity
×
P. 1
Uu 43 2007 Perpustakaan

Uu 43 2007 Perpustakaan

Ratings: (0)|Views: 151|Likes:
Published by guslitera
undang undang tentang perpustakaan
undang undang tentang perpustakaan

More info:

Published by: guslitera on Jun 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/17/2014

pdf

text

original

 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANGPERPUSTAKAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang: a. bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupanbangsa sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945, perpustakaan sebagai wahana belajarsepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakatagar menjadi manusia yang beriman dan bertakwakepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadiwarga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikannasional;b.bahwa sebagai salah satu upaya untuk memajukankebudayaan nasional, perpustakaan merupakanwahana pelestarian kekayaan budaya bangsa;c. bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasankehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemarmembaca melalui pengembangan dan pendayagunaanperpustakaan sebagai sumber informasi yang berupakarya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam;d. bahwa ketentuan yang berkaitan denganpenyelenggaraan perpustakaan masih bersifat parsialdalam berbagai peraturan sehingga perlu diatursecara komprehensif dalam suatu undang-undangtersendiri;e. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a sampai dengan huruf d,perlu dibentuk Undang-Undang tentangPerpustakaan;Mengingat: . . .
 
- 2 -Mengingat: Pasal 20 dan Pasal 21 Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan: UNDANG-UNDANG TENTANG PERPUSTAKAAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karyatulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secaraprofesional dengan sistem yang baku guna memenuhikebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian,informasi, dan rekreasi para pemustaka.2.Koleksi perpustakaan adalah semua informasi dalambentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau karyarekam dalam berbagai media yang mempunyai nilaipendidikan, yang dihimpun, diolah, dan dilayankan.3.Koleksi nasional adalah semua karya tulis, karyacetak, dan/atau karya rekam dalam berbagai media yang diterbitkan ataupun tidak diterbitkan, baik yangberada di dalam maupun di luar negeri yang dimilikioleh perpustakaan di wilayah Negara KesatuanRepublik Indonesia.4. Naskah . . .
 
- 3 -4.Naskah kuno adalah semua dokumen tertulis yangtidak dicetak atau tidak diperbanyak dengan caralain, baik yang berada di dalam negeri maupun di luarnegeri yang berumur sekurang-kurangnya 50 (limapuluh) tahun, dan yang mempunyai nilai penting bagikebudayaan nasional, sejarah, dan ilmu pengetahuan.5.Perpustakaan Nasional adalah lembaga pemerintahnon departemen (LPND) yang melaksanakan tugaspemerintahan dalam bidang perpustakaan yangberfungsi sebagai perpustakaan pembina,perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit,perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian,dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukandi ibukota negara.6.Perpustakaan umum adalah perpustakaan yangdiperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai saranapembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakanumur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan statussosial-ekonomi.7.Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yangdiperuntukkan secara terbatas bagi pemustaka dilingkungan lembaga pemerintah, lembagamasyarakat, lembaga pendidikan keagamaan, rumahibadah, atau organisasi lain.8.Pustakawan adalah seseorang yang memilikikompetensi yang diperoleh melalui pendidikandan/atau pelatihan kepustakawanan sertamempunyai tugas dan tanggung jawab untukmelaksanakan pengelolaan dan pelayananperpustakaan.9.Pemustaka adalah pengguna perpustakaan, yaituperseorangan, kelompok orang, masyarakat, ataulembaga yang memanfaatkan fasilitas layananperpustakaan.10.Bahan perpustakaan adalah semua hasil karya tulis,karya cetak, dan/atau karya rekam.11.Masyarakat adalah setiap orang, kelompok orang,atau lembaga yang berdomisili pada suatu wilayah yang mempunyai perhatian dan peranan dalambidang perpustakaan.12. Organisasi . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->