Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LEMBAR TUGAS MAHASISWA I

LEMBAR TUGAS MAHASISWA I

Ratings:

4.45

(11)
|Views: 1,845 |Likes:
Published by mpod_698550
Tugas Analisis Perancangan Sistem Informasi
Tugas Analisis Perancangan Sistem Informasi

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: mpod_698550 on Apr 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2013

 
Fadli RifaI18071037_12.4b.16
LEMBAR TUGAS MAHASISWA
(LTM)
Mata Kuliah :
ANALISA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
 Nama : Fadli Rifa’i NIM : 18071037Kelas : 12.4B.16
BINA SARANA INFORMATIKA
Pertemuan - 1Konsep Dasar Sistem dan Personil Sistem
Ananlisi Perancangan Sistem Informasi
 
Fadli RifaI18071037_12.4b.16
1. Jelaskan perbedaan pengertian sistem menurut Gordon B Davis, Drs Komarudinmaupun Prof, Dr. S. Prajudi
.Gordon B Davis:
 
Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjad satu untuk maksud dan tujuan bersama. Drs Komarudin:Sistem adalah suatususunan yang teratur dari kegiatan yang berhubungan satu sama lainnyaserta prosedur – prosedur yang berkaitan untuk melaksanakan dan memudahkan pelaksanaankegiatan dari suatu organisasi.Prof, Dr. S. Prajudi:Sistem adalah suatu yg terdiri dari obyek, unsure - unsur atau komponen -komponen yg berkaitan dan berhubungan satu sama lainnya, sehingga unsure - unsur tersebutmerupakan satu kesatuan proses secara logik).
2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat yang termasuk dalam Komponen-komponen sistem.
Perangkat Keras: Mencakup piranti-piranti fisik seperti komputer, printer, monitor,harddisk, etc.Perangkat Lunak:
 
Sekumpulan instruksi-instruksi atau perintah-perintah yangmemungkinkan perangkat keras bisa digunakan untuk memprosesdata, atau sering disebut sebagai program.Database:
 
Secara konseptual, data adalah deskripsi tentang benda, kejadian,aktivitas, dan transaksi yang tidak mempunyai makna dan tidak  berpengaruh langsung secara langsung kepada pemakainya ataudisebut juga sebagai sekumpulan fakta mentah dalam isolasi.Prosedur:
 
Sekumpulan aturan atau tahapan-tahapan untuk membuat, memakai,memproses dan mengolah sistem informasi ataupun hasil keluarandari sistem informasi tersebutPersonil:
 
Semua pihak yang bertanggung jawab dalam hal penyokong atausponsor sistem informasi (
 system owner 
), pengguna sistem (
 systemusers
), perancang sistem (
 system designer 
) dan pengembang sisteminformasi (
 sistem development 
).
3. Jelaskan dan berikan contoh tentang :
Sistem Abstrak : Sistem yang dibentuk akibat terselenggaranya ketergantungan ide,dan tidak dapat diidentifikasikan secara nyata, tetapi dapat diuraikanelemen- elemennya.Contoh : Sistem Teologi, hubungan antara manusia dengan Tuhan
Ananlisi Perancangan Sistem Informasi
 
Fadli RifaI18071037_12.4b.16
Sistem Probabilistik :Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi outputyang duhasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti sehinggakeluarannya dapat diramalkan ditentukan dengan pasti.Contoh : Sistem Pemasaran.Sistem Deterministik :Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang dapatdiprediksi, interaksi antara bagian – bagiannya dapat dideteksidengan pasti sehingga keluarannya dapat diramalkan.Contoh : Sistem Penggajian, Program komputer, melaksanakansecara tepat sesuai dengan rangkaiaan instruksinya.
4. Sebutkan beberapa tugas dari seorang Analis Sistem
.1. mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.2. menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan
kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebutkepada pemakai sistem.3. merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.4. menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakian sistem yang baru tersebut.5. mengawasi semua kegiatan terutama yang berkaitan dengan sistem yang barutersebut.
5. Aspek - aspek apakah yang harus diperhatikan dalam membangun sistem komputer.
Aspek yang harus diperhatikan dalam membangun sistem komputer yang pertamaadalah unit pemroses pengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesandata, yang terdiri dari ALU, CU, Register. Yang kedua adalah memori utama tempatmenyimpan data dan program, dan bersifat volatile. Yang ketiga adalah perangkat masukandan keluaran dalam memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. Yangkeempat adalah interkoneksi antar komponen struktur dan mekanisme yang menghubungkanantara pemroses-memori utama-perangkat masukan dan keluaran. Unit Pemroses. Pemroses(CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membacainstruksi dari memori dan mengeksekusi. Didalam proses eksekusi, CPU menggunakan Clock (membangkitkan pulsa ke pemroses) dengan melakukan kerja yaitu mengambil instruksi yangdikodekan secara biner dari main memory, kemudian men-dekode instruksi menjadi aksi-aksisederhana lalu melaksanakan aksi-aksi. Aksi-aksi disini seperti operasi aritmatika, logika dan pengendalian
 
Pertemuan - 2
Ananlisi Perancangan Sistem Informasi

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Pelalawan Wahyu liked this
Fannysa Rizka liked this
Irma Yani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->