Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kurikulum 2013 Ppkn Sma

Kurikulum 2013 Ppkn Sma

Ratings: (0)|Views: 3,706 |Likes:
Published by Khuswatun Hasanah

More info:

Published by: Khuswatun Hasanah on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/27/2013

pdf

text

original

 
 
KD SMA/MA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 1
Apa itu Kurikulum?
Curriculum dalam bahasa Yunani kuno berasal dari kata Curir yang artinya pelari; danCurere yang artinya tempat berpacu. Curriculum di artikan jarak yang harus di tempuholeh pelari. Dari makna yang terkandung berdasarkan rumusan masalah tersebutkurikulum dalam pendidikan di artikan sebagai sejumlah mata pelajaran yang harusditempuh atau diselesaikan anak didik untuk memperoleh ijasah.Menurut UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 19:Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yangdiprogramkan, direncanakan dan dirancang secara sistematik atas dasar norma-normayang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenagakependidikan dan peserta didik untuk mencapi tujuan pendidikan.
Bagaimana dengan kurikulum 2013 dan mengapa harus kurikulum 2013?
Mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akanmemberlakukan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 adalah pengembangan 2006. MenurutPasal 1 ayat (19) Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Selanjutnya Tujuan Pendidikannasional sebagaimana telah dirumuskan dalam Undang-undang Nomer 20 Tahun 2003adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berimandan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Menurut Kementrian, kurikulum 2006 yang sekarang berlaku masih banyak memilikikekurangan. Diantara kekurangan-kekurangan tersebut adalah kurikulum terlalu padatkarena terlalu banyak konten mata pelajaran, belum sepenuhnya berbasis dengan tujuan pendidikan Nasional. Kurikulum 2006 juga belum mengutamakan kualitas sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kementrian pendidikan juga berpendapat kurikulum 2006ini terlalu rigid (kaku). Selain itu, detail di kurikulum 2006 ini tidak terlalu jelas, sehingga
 
 
KD SMA/MA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 2
menimbulkan banyak tindakan multitafsir; para guru menerapkan kurikulum ini sesuai pandangan mereka masing-masing yang notabene setiap persepsi berbeda satu sama lain.Dalam rangka menjalankan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)2010-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk merampungkan segera perombakan kurikulum pendidikan, mulai dari jenjang sekolahdasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Kurikulum 2013 memiliki inovasi-inovasi baru dan berbeda dari kurikulum sebelumnya, di tulisan ini akan dijelaskan lebihkhususnya pada mata pelajaran PKn.Kurikulum baru disebutkan menawarkan sesuatu yang berbeda dari kurikulum pendahulunya, yaitu pendekatan berbasis tematik integratif khusus untuk jenjang pendidikan dasar. Dengan pendekatan ini, siswa untuk tingkatan dasar akan belajar  berdasarkan tema yang akan dikombinasikan dengan enam mata pelajaran yangditentukan, yaitu PPKn, Agama, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, sertaPendidikan Jasmani dan Kesehatan.Oleh karena alasan pengembangan kurikulum tersebut, kurikulum 2013 dirancang dengantujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia supaya memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta
 
 
KD SMA/MA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3
mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.
Penataan Ulang PKn dan Menjadi PPKn pada Penyusunan Kurikulum PKn2013
Salah satu langkah dalam penyusunan kurikulum 2013 adalah penataan ulang PKnmenjadi PPKn, dengan rincian sebagai berikut:1.
 
Mengubah nama mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadiPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).2.
 
Menempatkan mata pelajaran PPKn sebagai bagian utuh dari kelompok mata pelajaran yang memiliki misi pengokohan kebangsaan3.
 
Mengorganisasikan SK-KD dan indikator PPKn secara nasional denganmemperkuat nilai dan moral Pancasila; nilai dan norma UUD NRI Tahun 1945;nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika; serta wawasan dan komitmen NegaraKesatuan Republik Indonesia.4.
 
Memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi: (1) pengetahuankewarganegaraan; (2) sikap kewarganegaraan; (3) keterampilan kewarganegaraan;(4) keteguhan kewarganegaraan; (5) komitmen kewarganegaraan; dan (6)kompetensi kewarganegaraan.5.
 
Mengembangkan dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuaidengan karakteristik PPKn yang berorientasi pada pengembangan karakter pesertadidik sebagai warganegara yang cerdas dan baik secara utuh.6.
 
Mengembangkan dan menerapkan berbagai model penilaian proses pembelajarandan hasil belajar PPKn.
Hakikat dari PPKn adalah:
1.
 
Kesadaran sebagai warga negara
(civic literacy),
 2.
 
Komunikasi sosial kultural kewarganegaraan
(civic engagement),
 3.
 
Kemampuan berpartisipasi sebagai warga negara
(civic skill and participation),
 

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->