Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Punch Card

Punch Card

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Hendra Ryadi Sardi

More info:

Published by: Hendra Ryadi Sardi on Jun 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2014

pdf

text

original

 
 Punch Card
 Pertama kali dirancang tahun 1725 sebagai media penyimpanan data oleh seorang tokoh bernamaBasile Bouchon, dengan menggunakan sebuah kertas berforasi untuk menyimpan pola yangdigunakan pada kain. Namun baru di patenkan sekitar tanggal 23 September 1884 oleh HermanHollerith sebagai penyimpanan data. Dan merupakan sebuah penemuan yang digunakan lebihdari 100 tahun hingga pertengahan 1970.Sebelum tahun 70-an, perintah-perintah maupun data-data yang diberikan kepada komputer  biasanya dituliskan dalam suatu media masukan yang disebut kartu plong atau punch card. Kartu plong ini selanjutnya dibaca oleh unit masukan yang disebut pembaca kartu (card reader). Kartu berlubang ini biasanya mempunyai 80 kolom, sehingga dapat ditulisi sampai 80 karakter, namundemikian ada juga kartu plong yang kurang dari 80 kolom, serta yang lebih dari 80 kolom. Dan pada akhir tahun 70-an punch card dianggap kurang evisien dikarenakan penyimpanannya terlalukecil.
PUNCH TAPE
 
 
 Alexander Bain merupakan seorang tokoh yang pertama kali mengetahui dan menggunakan paper tape sebagai mesin pengirim telegram (tahun 1846). Data diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang di lokasi tertentu. Tape awalnya memiliki lima baris lubang untuk dimasukandata. Setelah bertahun-tahun digunakan akhirnya pada tahun 1990-an punch tape di hapuskan.
SELECTRON TUBE
 
 
 Dikembangkan oleh RCA pada tahun 1946 yang merupakan awal mulanya era format memorykomputer. Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits atausetara 521 byte. Salah satu kegagalan dari Selectron Tube adalah harga satu buah tabung yangsangat mahal pada masa itu, sehingga umurnya tidak lama di pasaran.
MAGNETIC TAPE
 Magnetic Tape pertama kali digunakan oleh IBM pada tahun 1950-an sebagai media penyimpanan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.Pita magnetik. Perangkat yang terdiri dari satu strip plastik panjang tipis dilapisi dengan oksida besi, digunakan untuk merekam sinyal audio atau video atau untuk menyimpan informasikomputer. Magnetic tape adalah model pertama dari pada secondary memory. Tape ini jugadipakai untuk alat input/output dimana informasi dimasukkan ke CPU dari tape dan informasi

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->