Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Unsur kimia

Unsur kimia

Ratings: (0)|Views: 296|Likes:

More info:

Published by: Pipiit Rusmayanti Pipiit on Jun 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/22/2013

pdf

text

original

 
MATERIAL MURNI DAN CAMPURAN
Di alam terdapat bermacam wujud benda atau biasa disebut materi. Materi tersebut di bedakanmenjadi dua yaitu materi murni dan materi campuran. Materi murni sendiri terbagi menjadi Unsur dansenyawa, yang membedakan adalah penyusun dari materi tersebut. Sedangkan materi campurandibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. A.
 
Materi Murni:1.
 
Unsur kimia
, atau hanya disebut
unsur
, adalahzat kimia yang tidak dapat dibagi lagimenjadi zat yang lebih kecil, atau tidak dapat diubah menjadizat kimialain denganmenggunakan metode kimia biasa. Partikel terkecil dari unsur adalahatom.Sebuah atomterdiri atasinti atom(
nukleus
) dan dikelilingi olehelektron.Inti atom terdiri atassejumlahprotondanneutron.Hingga saat ini diketahui terdapat kurang lebih 117 unsur didunia2.
 
Senyawa kimia
adalahzat kimiamurni yang terdiri dari dua atau beberapa unsur yangdapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur-unsur pembentuknya dengan reaksi kimia tersebut.Contohnya,dihidrogen monoksida(air,H
2
O)adalah sebuah senyawa yang terdiri dari duaatomhidrogenuntuk setiap atomoksigen.Umumnya, perbandingan ini harus
tetap
karenasifat fisikanya, bukan perbandingan yang dibuat oleh manusia. Oleh karena itu, materialsepertikuningan,superkonduktorYBCO, semikonduktor"aluminium galium arsenida", ataucoklatdianggap sebagaicampuranataualoy,bukan senyawa. Ciri-ciri yang membedakan senyawa adalah adanyarumus kimia.Rumus kimia memberikanperbandingan atom dalam zat, dan jumlah atom dalam molekul tunggalnya (oleh karena iturumus kimiaetenaadalahC
2
H
4
dan bukanCH
2
. Rumus kimia tidak menyebutkan apakahsenyawa tersebut terdiri atasmolekul:contohnya,natrium klorida(garam dapur, NaCl adalahsenyawa ionik. Senyawa dapat wujud dalam beberapafase.Kebanyakan senyawa dapat berupa zatpadat.  Senyawa molekuler dapat juga berupacairanataugas.Semua senyawa akan terurai menjadi senyawa yang lebih kecil atauatomindividual bila dipanaskan sampaisuhutertentu (yang disebutsuhu penguraian). Setiap senyawa kimia yang telah dijelaskan dalam literaturmemiliki nomor pengenal yang unik, yaitunomor CAS. B.
 
CampuranCampuran adalah gabungan beberapa zat dengan perbandingan tidak tetap tanpa melalui reaksikimia. Saat kamu membuat minuman teh, zat apa sajakah yang dicampur? Saat kamumelarutkan garam atau gula pasir ke dalam gelas yang berisi air, apa yang dapat kamu amati?Nah, simak penjelasan berikut! Dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai campuran.Misal, air sungai, tanah, udara, makanan, minuman, larutan garam, larutan gula, dll. Sifat asli zatpembentuk campuran ada yang masih dapat dibedakan satu sama lain, ada pula yang tidak dapatdibedakan. Di dalam udara tercampur beberapa unsur yang berupa gas, antara lain: nitrogen,oksigen, karbon dioksida dan gas-gas lain. Udara segar yang kita hirup mengandung oksigen yang lebih banyak daripada udara yang tercemar. Dalam udara juga tersusun dari beberapasenyawa, antara lain : asap dan debu.Ketika kamu tambahkan gula pasir ke dalam gelas yang berisi air, maka gula pasir itu akan larutdalam air dan tidak tampak lagi wujud gula pasir. Nah, coba kamu cicipi larutan gula tersebut! Apa yang dapat kamu rasakan? Ternyata kamu dapat merasakan manis.
 
Bagaimanakah membedakan senyawa dan campuran? Simak penjelasan berikut ini! Perhatikantabel 3.3 di bawah ini!
Tabel 3.3
Perbedaan Campuran dengan SenyawaNo. Campuran Senyawa1.2.3.4.5.Terbentuk tanpa melalui reaksi kimiaPerbandingan massa unsur dan senyawa tidak tetapTersusun dari beberapa unsur atau beberapasenyawaSifat komponen penyusun campuran sesuai dengansifat masing-masingMelalui proses fisika komponen penyusun campurandapat dipisahkan.Terbentuk melalui reaksi kimiaPerbandingan massa unsur tetapTersusun dari beberapa unsur sajaSifat komponen penyusun senyawaberbeda dengan aslinyaMelalui proses kimia komponenpenyusun senyawa dapat dipisahkanCampuran dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu:1.
 
Campuran Homogen
 Campuran antara dua zat atau lebih yang partikel-partikel penyusun tidak dapat dibedakanlagi disebut campuran homogen. Campuran homogen sering disebut dengan larutan.Contoh campuran homogen, antara lain: campuran air dengan gula dinamakan larutan gula,campuran air dengan garam dinamakan larutan garam. Ukuran partikel dalam larutanmemiliki diameter sekitar 0,000000001 m, dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop.Beberapa contoh campuran homogen di atas adalah campuran antar zat cair. Adakahcampuran antar logam, sehingga terbentuk campuran homogen? Terdapat campuran antaralogam dengan logam lain sehingga terbentuk campuran homogen. Misal,Stainlesssteelbanyak digunakan untuk keperluan alat-alat kesehatan dan rumah tangga.Stainlesssteelmerupakan campuran logam besi, krom, dan nikel.Tahukah kamu emas merupakan campuran homogen? Pencampuran logam dilakukandengan melelehkan logam-logam tersebut. Campuran logam satu dengan logam laindinamakan paduan logam. Emas murni merupakan logam yang lunak, mudahdibengkokkan. Agar emas menjadi keras sehingga sulit untuk dibengkokkan, maka emasmurni tersebut dicampur dengan logam lain yaitu tembaga. Perhiasan yang dijual memilikikadar 22 karat, 20 karat atau 18 karat. Apa arti kalimat tersebut? Emas murni memiliki kadar24 karat, sedangkan emas yangsudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22karat, 20 karat, atau 18 karat. Semakin sedikit kadar emas yang dimiliki, semakin banyakkandungan tembaga di dalam emas tersebut. Kadangkala dalam campuran emas dantembaga masih dicampur lagi dengan perak. Hal ini dilakukan agar menambah menarikpenampilan emas tersebut. Campuran antara emas, tembaga dan perak menghasilkan emasberwarna putih yang biasa disebut emas putih. Jenis campuran homogen, antara lain:campuran gas dalam gas, campuran gas dalam zat cair, campuran gas dalam zat padat,campuran zat cair dalam zat cair, dan campuran zat padat dalam zat cair.2.
 
Campuran Heterogen
 Campuran antara dua macam zat atau lebih yang partikel-partikel penyusunnya masihdapat dibedakan satu sama lainnya disebut campuran heterogen. Contoh campuranheterogen : tanah, air sungai, makanan, minuman, air laut, adonan kue, adonan beton cor,dll. Pada campuran heterogen dinding pembatas antar zat masih dapat dilihat, misalcampuran air dengan minyak, campuran besi dan pasir, campuran serbuk besi dan air, dll.Di dalam campuran heterogen dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->