Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul sejarah X

Modul sejarah X

Ratings: (0)|Views: 365|Likes:
Published by primaalfa
Modul sejarah SKKK Padang By Nunuk
Modul sejarah SKKK Padang By Nunuk

More info:

Published by: primaalfa on Jun 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/24/2013

pdf

text

original

 
Kehidupan Awal Masyarakat IndonesiaStandar Kompetensi : Menganalisa peradapan dunia dan IndonesiaKompetensi Dasar : Mengananalisa kehidupan awal masyarakat IndonesiaA.
 
Perkembangan Kehidupan di BumiPerkembangan muka bumi dapat diketahui melalui suatu ilmu geologi yaitu :Penelitian tentang lapisan kulit bumi. Pembagian zaman geologi adalah :1.
 
Zaman ArkaikumAdalah : Zaman tertua yang berumur ±2500 juta tahun. Pada zaman ini keadaan bumimasih panas sekali karena bumi masih dalam pembentukan, dan tidak ada tanda kehidupan.2. Zaman P aleozoikumAdalah : Zaman ini berumur ±340 juta tahun.Pada zaman ini sudah mulai ada tanda-tandakehidupan yaitu : binatang-binatang kecil ( migroorganisme ) atau hewan yang tidak bertulang punggung, contohnya : ikan, ampibi, dan reptile.Zaman ini terdiri dari:a.
 
Cambrium, mulai ada kehidupan yg amat premitif contoh : kerang dan ubur 
 – 
ubur. b.
 
Silur, mulai hewan yg bertulang belakang tertua contoh ikan.c.
 
Devoon, mulai ada binatang jenis amphibi tua.d.
 
Carbon , mulai da binatang merayap sejenis reptile contoh kadal, ular dan buaya.e.
 
Pern, mulai ada hewan darat,ikan air tawar dan amphibi.3. Zaman MesozoikumAdalah zaman ini berumur ±140 juta tahun disebut zaman sekunder atau zaman kedua.Zaman ini dibagi atas:a.
 
Tiras, masa ini terdapat kehidupan ikan, amphibi dan reptile. b.
 
Jura, masa ini terdapat jenis reptile dan bangsa katak.c.
 
Calcium, masa ini terdapat jenis burung dan tumbuhan berbunga.Zaman ini juga disbt dengan zaman reptile karena banyak terdapat reptile yg berukuran besar contohnya ; dinosaurus, antlantasaurus dan tyronosaurus yg panjangnya 12-30 meter.4. Zaman NeozoikumZaman ini berumur ±60 juta tahun,keadaan bumi sudah membaik,perubahan cuaca tidak  begitu besar dan kehidupan berkembang pesat. Zaman ini dibagi atas:a.
 
Zaman tersier ( zaman ketiga )Zaman tersier ( zaman ketiga ) dibagi lagi atas kala; paleosen,Eosen,Oligosen, Miosen,Pliosen. Zaman tersier jenis hewan menyusui sudah mulai ada yang diperkirakan hidup pdzaman pleosin. Contohnya muncul orang hutan dibenua Afrika kemudian menyebar keAsia Barat Daya, Asia Selatan dan Asia Tenggara, karena di duga benua Afrika bersatudengan Jazirah Arab. Kemudian Afrika berubah menjadi daerah sabana sehingga oranghutan tersebut berimigran ke Asia Tenggara terutama kepedalaman Kalimantan yang
 
hutannya masih lebat. Pada kala Paleosen telah hidup binatang yg lebih besar dari gorillayg disbt Gigantropus artinya kera manusia raksasa, hidup dikaki gunung Himalaya dandidekat Simla ( India Utara). Tetapi sudah punah, Ada juga hidup mahluk yg disebutAstralopitekus artiya manusia kera Afrika,ditemukan posilnya di Afrika Selatan dan AfrikaTimur. b. Zaman Kuarter Berusia ±600 ribu tahun yang lalu. Pada zaman ini muncul manusia purba, yang dibagiatas:1)
 
Kala Pleistosen atau Zaman DiluviumZaman ini berlangsung 600 ribu tahun yg lalu disbt zaman es ( glacial ) zaman iniditandai dengan mencairnya salju di kutub utara karena pemanasan global, hewan yghidup adalah hewan berbulu tebal sedangkan hewan yg berbulu tipis berimigran kedaerah tropis begitu juga manusianya contohnya posil sinantropus pekingnesis miripdengan posil pithecanthropus erectusdr trinil , kawi di Jawa Timur.selain itu banyak ditemukan kebudayaan Pacitan di cina, Burma, dan Malaysia.2) Kala Holosen atau Zaman AlluviumZaman ini dimulai 20.000, dimana muncul jenis manusia homo sapien ataumanusia cerdas yg merupakan nenek moyang dari manusia modern dan perkembangankebudayaannya sangat pesat . Wilayah Indonesia yg dahulunya bersatu , contohnyaIndonesia bagian Barat bersatu dengan benua Asia, Indonesia bagian Timur bersatudengan benua Austrlia.Tapi setelah mencairnya es di daerah Kutub wilayah Indonesiayg rendah terisi oleh air sehingga muncul banyak pulau dan wilwyah Indonesia ygmenyatu dengan Asia tergenang oleh air menjadi daerah paparan Sunda meliputiwilayah: Sumatra, Jawa, Kalimantan,Malaysia Barat bergabung dengan Filipina,Formosa,Taiwan,terus ke Benua Asia. Begitu juga dengan Sulawesi melalui Minahas,Pulau Sangir ke Philipina, Antara Jawa Timur dan Sulawesi berhubungan dengan Nusa Tenggara.sedangkan wilayah Indonesia yang menghubungan daratan Australiadisebut Paparan Sahul.B.
 
Perkembangan Manusia purba di IndonesiaPengertian manusia purba adalah: manusia yang hidup pada masa praaksara.Bukti adanya manusia purba ditemukannya fosil dan artefak. Pengertian dari fosil adalahtulang belulang manusia,hewan dan tumbuhan yang sudah membatu. Sedang kan pengertian artefak adalah peralatan dan perlengkapan hidup peninggalan manusia purba.Ahli-ahli yang meneliti tentang manusia purba adalah
1.
 
Eugene Dubois
 
Eugene Dubois tahun 1890 ia menemukan fosil tengkorak didekat desa Trinil(Jatim ) yang diberi nama Phitecanthropus Erectus atau manusia kera yang berjalan tegak.
2.
 
Ter Haar, Oppernorth, G.H.R von KoenigswaidMereka mengadakan penelitian di daerah Ngandong (Kabupaten Blora). Mereka berhasil menemukan 14 fosil manusia
 
 purba. Fosil ini dikenal dengan Homo soloensis.Sekitar tahun 1936-1941, von Koenigswald menemukan
 Meganthropus Paleojavnicus
 (diduga sama dengan Homo Mojokertensis).
3.
 
Tjokhorhandoyo dan DuifjesMereka menemukan dua buah fosil di Desa Perning dekat Mojokerto danSangiran dekat Surakarta. Fosil yang ditemukan diberi nama Homo Mojokertensis.Berdasarkan penemuan para ahli tersebut, dapat diketahui manusia purba yang ditemukan di Indonesia.1.
 
Meganthropus palaeojavanicusMeganthropus berarti manusia besar. Fosil ini ditemukan di Sangiran oleh G.H.R.Van Koenigswaid pada tahun 1941. Fosil yang ditemukan berupa sebagaian rahang bawah yang jauh lebih besar dan kuat dari Pithecanthropus erectus.Berdasarkan jenis-jenis fosil pubra yang
 
ditemukan, Van Koenigswaid membuat pembagian sebagai berikut.
Lapisan Jenis Fosil
Holosen Homo SapiensPleistosen Atas(Lapisan dari Fauna Ngandong)Homo WajakensisHomo SoloensisPleistosen Tengah(Lapisan dari Fauna Trinil)Pithecanthropus ErectusPithecanthropus RobustusPleistosen Bawah(Lapisan dari Fauna Jetis)Pithecanthropus MojokertensisMeganthropus PalaeojavanicusMeganthropus Palaeojavanicus
 
mempunyai cirri-ciri, antara lain sebagai berikut.a.
 
Memiliki tulang pipi yang tebal. b.
 
Memiliki otot kunyah yang kuat.c.
 
Memiliki tonjolan kening yang menyolok.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->