Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Sosiologi - Copy

Pengertian Sosiologi - Copy

Ratings: (0)|Views: 78|Likes:
Published by Achmat Ginanjar
susiologi
susiologi

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Achmat Ginanjar on Jun 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/08/2013

pdf

text

original

 
Pengertian Sosiologi, Desa, Kota, Sosiologi Desa, Sosiologi Kota,dan Perbedaan Masyarakat Kota dan Desa
sumber : google.com
A. Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli
 Sosiologi berasal dari bahasa yunani yaitu kata socius dan logos, di manasocius memiliki arti kawan / teman dan logos berarti kata atau berbicara.1. Menurut Bapak Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.2. Menurut Emile Durkheim, sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-faktasosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individudi mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.3.
 
Menurut Pitirim Sorokin, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajarihubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial(misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalahilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejalasosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yangmempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.4.
 
Menurut Roucek dan Warren, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajarihubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.5.
 
Sedangkan William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf menyatakanbahwa Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial danhasilnya, yaitu organisasi sosial.6.
 
J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers, Sosiologi adalah ilmu pengetahuantentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifatstabil.
 
 7.
 
Max Weber, Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.8.
 
Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi, Sosiologi adalah ilmukemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosialtermasuk perubahan sosial.9.
 
Paul B. Horton, Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan padakehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.10.
 
Soejono Sukamto, sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatianpada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untukmendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.11.
 
William Kornblum, Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untukmempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikanmasyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.12.
 
Menurut Allan Jhonson, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajarikehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosialdan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pulaorang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.
B. Pengertian, Arti dan Definisi Desa Dan Kota
 
1. Pengertian Desa
 - Menurut Undang-undang No. 5 Tahun 1979 Tentang pemerintah daerah Desaadalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuanmasyarakat hukum, yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah, langsung dibawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatannegara kesatuan Republik Indonesia.- Menurut Sutardjo Kartohadikusumo Desa adalah suatu kesatuan hukum tempattinggal suatu masyarakat yang berkuasa mengadakan pemerintahan sendiri.- Menurut prof.Drs.Bintato, desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografis,social, ekonomi, politik dan kulural yng terdapat di suatu daerah dalam hubungan danpengaruhnya secara timbale balik dengan daerah lain.
2. Pengertian Kota
 -
Menurut Prof. Drs. R. Bintarto
 
 
Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia dengan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi yang heterogen, dan corak kehidupan yangmaterialistik.-
Menurut Louis Wirth
 Kota adalah pemukiman yang relatif besar, padat dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.
- Menurut Arnold Tonybee
 Sebuah kota tidak hanya merupakan pemukiman khusus tetapi merupakan suatukekomplekan yang khusus dan setiap kota menunjukkan perwujudan pribadinyamasing-masing.
- Menurut Max Weber
 Kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi sebagian besarkebutuhan ekonominya di pasar lokal.
- Secara Umum
 Kota merupakan tempat bermukim warga kota , tempat bekerja tempat kegiatandalam bidang ekonomi, pemerintahan, dsb.
C. SOSIOLOGI PERDESAAN DAN SOSIOLOGI PERKOTAAN
 Sosiologi pedesaan adalah sosiologi yang melukiskan dan mencakup hubunganmanusia didalamnya dan antara kelompok
kelompok yang ada di lingkungan pedesaan(rural dalam bahasa inggris). Perkataan pedesaan dalam pemakaian sehari- harimudah saja untuk dimengerti. Tetapi jika harus diberikan batasan yang tepat adalahsukar juga. Jika kita ikutiMaksud untuk mempelajari sosiologi pedesaan adalah untuk mengumpulkanketerangan mengenai masyarakat pedesaan dan hubungan-hubungannya.yangmelukiskan setelitinya tingkah laku, sikap, perasaan, motif, dan kegiatan manusia yang hidup dalam lingkungan pedesaan itu. Hasil dari penelitian sosiologi pedesaantadi dapat di pergunakan untuk usaha-usaha perbaikan penghidupan dan kehidupanmanusia pedesaan. Misalnya usaha penyuluhan pertanian.Sosiologi perkotaan
atau yang sering disebut “urban sociology” adalah kajian
sosiologis mengenai kota-kota, seperti prilaku masyarakat kota, pola interaksimasyarakat kota, hubungan social masyarakat kota, problematika dalam masyarakatkota dan lain-lain.
D. PERBEDAAN MASYARAKAT DESA DAN KOTA
 
Masyarakat Pedesaan
 1). Perilaku homogen2). Perilaku yang dilandasi oleh konsep kekeluargaan dan kebersamaan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->