Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kualitas Pembelajaran

Kualitas Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 146|Likes:
Kualitas Pembelajaran
Kualitas Pembelajaran

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Gratiani Budi Pratita on Jun 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2014

pdf

text

original

 
 1
 A. Pembelajaran Tematik A. Pengertian Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancangberdasarkan tema-tema tertentu. Dalam pembahasannya tema itu ditinjaudari berbagai mata pelajaran. Sebagai contoh, tema “Air” dapat ditinjaudari mata pelajaran fisika, biologi, kimia, dan matematika. Lebih luas lagi,tema itu dapat ditinjau dari bidang studi lain, seperti IPS, bahasa, danseni. Pembelajaran tematik menyediakan keluasan dan kedalamanimplementasi kurikulum, menawarkan kesempatan yang sangat banyakpada siswa untuk memunculkan dinamika dalam pendidikan. Unit yangtematik adalah
epitome
dari seluruh bahasa pembelajaran yangmemfasilitasi siswa untuk secara produktif menjawab pertanyaan yangdimunculkan sendiri dan memuaskan rasa ingin tahu dengan penghayatansecara alamiah tentang dunia di sekitar mereka.Keuntungan pembelajaran tematik bagi guru antara lain adalahsebagai berikut:1. Tersedia waktu lebih banyak untuk pembelajaran. Materi pelajarantidak dibatasi oleh jam pelajaran, melainkan dapat dilanjutkansepanjang hari, mencakup berbagai mata pelajaran.2. Hubungan antar mata pelajaran dan topik dapat diajarkan secara logisdan alami.3. Dapat ditunjukkan bahwa belajar merupakan kegiatan yang kontinyu,tidak terbatas pada buku paket, jam pelajaran, atau bahkan empatdinding kelas. Guru dapat membantu siswa memperluas kesempatanbelajar ke berbgai aspek kehidupan.4. Guru bebas membantu siswa melihat masalah, situasi, atau topik dariberbagai sudut pandang.5. Pengembangan masyarakat belajar terfasilitasi. Penekanan padakompetisi bisa dikurangi dan diganti dengan kerja sama dankolaborasi.
 
 2
 Keuntungan pembelajaran tematik bagi siswa antara lain adalahsebagai berikut:1. Bisa lebih memfokuskan diri pada proses belajar, daripada hasilbelajar.2. Menghilangkan batas semu antar bagian-bagian kurikulum danmenyediakan pendekatan proses belajar yang integratif.3. Menyediakan kurikulum yang berpusat pada siswa – yang dikaitkandengan minat, kebutuhan, dan kecerdasan; mereka didorong untukmembuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab padakeberhasilan belajar.4. Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam dan diluar kelas.5. Membantu siswa membangun hubungan antara konsep dan ide,sehingga maningkatkan apresiasi dan pemahaman.
B. Kaitan Pembelajaran Tematik dengan Standar Isi
Dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum yang dikeluarkan.Badan Standar Nasional Pendidikan, dijelaskan bahwa untuk kelas I, II,dan III SD pembelajaran dilaksanakan melalui pendekatan tematik.Mata pelajaran yang harus dicakup adalah (1) pendidikan agama, (2)pendidikan kewarganegaraan, (3) bahasa Indonesia, (4) matematika,(5) ilmu pengetahuan alam, (6) ilmu pengetahuna sosial, (7) senibudaya dan keterampilan, dan (8) pendidikan jasmani, olah raga dankesehatan.Dalam pembelajaran tematik, standar kompetensi dankompetensi dasar yang termuat dalam standar isi harus dapat tercakupseluruhnya karena sifatnya masih minimal. Sesuai dengan petunjukpengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), standaritu dapat diperkaya dengan muatan lokal atau ciri khas satuanpendidikan yang bersangkutan.
 
 3
C. Cara Merancang Pembelajaran Tematik
Pembelajaran tematik memerlukan perencanaan danpengorganisasian agar dapat berhasil dengan baik. Ada lima hal yangperlu diperhatikan dalam merancang pembelajaran tematik, yaitu (1)memilih tema, (2) mengorganisir tema, (3) mengumpulkan bahan dansumber, (4) merancang kegiatan dan proyek, dan (5)mengimplementasikan satuan pelajaran.1. Memilih Tema Topik untuk pembelajaran tematik dapat berasal dari beberapasumber. Inilah beberapa di antaranyaa. Topik-topik dalam kurikulumb. Isu-isuc. Masalah-masalahd.
Event-event
khususe. Minat siswaf. Literatur2. Mengorganisasikan TemaPengorganisasian tema dilakukan dengan menggunakan jaringan topik, seperti contoh berikut ini.
 
“Air”IPAMatematikaBahasaIndonesiaAgamaSeniIPSKewarga-negaraanOlah raga

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->