Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
peranan kulit

peranan kulit

Ratings: (0)|Views: 298|Likes:
Published by n u r m a

More info:

Published by: n u r m a on Jun 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA IIPeranan Kulit dalam Pengaturan Suhu TubuhOleh :Kelompok 2 Kelas BNirma Sri RahmayaniNovtafia EndriNovita Hendriyanti LuthfiNur AzizahNur AzuraNur FifffteinNurmala SariNurmawitaNurul ElisaPutri AndiniProgram Studi S1 FarmasiSekolah Tinggi Farmasi Riau2011
 
Peranan Kulit dalam Pengaturan Suhu Tubuh
Histologi kulit
 Kulit merupakan organ tubuh paling luar dan membatasi bagian dalam tubuh dari lingkungan luar.Luas kulit pada orang dewasa sekitar 1.5 m
2
dan beratnya sekitar 15% dari berat badan secarakeseluruhan.Kulit terdiri atas tiga bagian utama, yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Epidermis terdiri daristratum korneum yang kaya akan keratin, stratum lucidum, stratum granulosum yang kaya akankeratohialin, stratum spinosum dan stratum basal yang mitotik. Dermis terdiri dari serabut-serabutpenunjang antara lain kolagen dan elastin. Sedangkan hipodermis terdiri dari sel-sel lemak, ujungsaraf tepi, pembuluh darah dan pembuluh getah bening.
Fungsi kulit
 Kulit memiliki banyak fungsi, yang berguna dalam menjaga homeostasis tubuh. Fungsi-fungsitersebut dapat dibedakan menjadi fungsi proteksi, absorpsi, ekskresi, persepsi, pengaturan suhutubuh (termoregulasi), dan pembentukan vitamin D.1.
 
Fungsi pengaturan suhu tubuh (termoregulasi)Kulit berkontribusi terhadap pengaturan suhu tubuh (termoregulasi) melalui dua cara:pengeluaran keringat dan menyesuaikan aliran darah di pembuluh kapiler. Pada saat suhu
 
tinggi, tubuh akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak serta memperlebar pembuluhdarah (vasodilatasi) sehingga panas akan terbawa keluar dari tubuh. Sebaliknya, pada saatsuhu rendah, tubuh akan mengeluarkan lebih sedikit keringat dan mempersempit pembuluhdarah (vasokonstriksi) sehingga mengurangi pengeluaran panas oleh tubuh.2.
 
Fungsi proteksiKulit menyediakan proteksi terhadap tubuh dalam berbagai cara sebagai yaitu berikut:
 
Keratin melindungi kulit dari mikroba, abrasi (gesekan), panas, dan zat kimia. Keratinmerupakan struktur yang keras, kaku, dan tersusun rapi dan erat seperti batu bata dipermukaan kulit.
 
Lipid yang dilepaskan mencegah evaporasi air dari permukaan kulit dan dehidrasi; selain itu juga mencegah masuknya air dari lingkungan luar tubuh melalui kulit.
 
Sebum yang berminyak dari kelenjar sebasea mencegah kulit dan rambut dari kekeringanserta mengandung zat bakterisid yang berfungsi membunuh bakteri di permukaan kulit.Adanya sebum ini, bersamaan dengan ekskresi keringat, akan menghasilkan mantel asamdengan kadar pH 5-6.5 yang mampu menghambat pertumbuhan mikroba.
 
Pigmen melanin melindungi dari efek dari sinar UV yang berbahaya. Pada stratum basal,sel-sel melanosit melepaskan pigmen melanin ke sel-sel di sekitarnya. Pigmen ini bertugasmelindungi materi genetik dari sinar matahari, sehingga materi genetik dapat tersimpandengan baik. Apabila terjadi gangguan pada proteksi oleh melanin, maka dapat timbulkeganasan.
 
Selain itu ada sel-sel yang berperan sebagai sel imun yang protektif. Yang pertama adalahsel Langerhans, yang merepresentasikan antigen terhadap mikroba. Kemudian ada selfagosit yang bertugas memfagositosis mikroba yang masuk melewati keratin dan selLangerhans.3.
 
Fungsi absorpsiKulit tidak bisa menyerap air, tapi bisa menyerap material larut-lipid seperti vitamin A, D, E,dan K, obat-obatan tertentu, oksigen dan karbon dioksida. Permeabilitas kulit terhadapoksigen, karbondioksida dan uap air memungkinkan kulit ikut mengambil bagian pada fungsirespirasi. Selain itu beberapa material toksik dapat diserap seperti aseton, CCl
4
, dan merkuri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->