Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
etika bisnis - makalah 1

etika bisnis - makalah 1

Ratings: (0)|Views: 257|Likes:
Published by Precilia P. Queena
TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIS DALAM BISNIS
TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIS DALAM BISNIS

More info:

Published by: Precilia P. Queena on Jun 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/22/2013

pdf

text

original

 
TUGAS RESUME
“TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIS DALAM BISNIS”
 
Disusun Oleh Kelompok 5:
1.
 
Precilia Prima Queena : 12030112220044
 
2.
 
Himmah Bandariy : 12030112220067
PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSIUNIVERSITAS DIPONEGORO2013
 
1.
 
PENDAHULUAN
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi sertamempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi. Biasanya dimulaidari perencanaan strategis, organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukungoleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secarakonsisten dan konsekuen. Haruslah diyakini bahwa pada dasarnya praktek etika bisnis akanselalu menguntungkan perusahaan baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang,karena : mampu mengurangi biaya akibat dicegahnya kemungkinan terjadinya friksi, baik intern perusahaan maupun dengan eksternal, mampu meningkatkan motivasi pekerja,melindungi prinsip kebebasan berniaga, mampu meningkatkan keunggulan bersaing.Tidak bisa dipungkiri, tindakan yang tidak etis yang dilakukan oleh perusahaan akanmemancing tindakan balasan dari konsumen dan masyarakat dan akan sangat kontra produktif, misalnya melalui gerakan pemboikotan, larangan beredar, larangan beroperasi danlain sebagainya. Hal ini akan dapat menurunkan nilai penjualan maupun nilai perusahaan.Sedangkan perusahaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika bisnis, pada umumnyatermasuk perusahaan yang memiliki peringkat kepuasan bekerja yang tinggi pula, terutamaapabila perusahaan tidak mentolerir tindakan yang tidak etis, misalnya diskriminasi dalamsistem remunerasi atau jenjang karier. Perlu dipahami, karyawan yang berkualitas adalah asetyang paling berharga bagi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus semaksimalmungkin harus mempertahankan karyawannya.
1.1
 
Rumusan Masalah
I.
 
Apa yang dimaksud dengan etika dan etika bisnis?II.
 
Apa yang dimaksud dengan Relativitas Moral?III.
 
Apa yang dimaksud dengan Teori Etika Modern (Kognitivisme) dan Teori EtikaRelijius (Nonkognitivisme)?IV.
 
Apa saja prinsip-prinsip etika dalam bisnis?
1.2
 
Tujuan Penulisan
I.
 
Mengetahui Pengertian etika dan etika bisnis.II.
 
Memahami yang dimaksud dengan Relativitas Moral
 
III.
 
Memahami yang dimaksud dengan Teori Etika Modern (Kognitivisme) dan TeoriEtika Relijius (Nonkognitivisme).IV.
 
Untuk mengetahui Prinsip-prinsip etika dalam bisnis.
1.3
 
Manfaat Penulisan
I.
 
Bagi penulis; menambah wawasan dan pemahaman tentang pentingnya etika dalammenjalankan sebuah bisnis.II.
 
Bagi dunia pendidikan; menambah pengetahuan terutama dalam bidangkewirausahaan khususnya tentang pelanggaran etika dalam bisnis, sehingga dapatmenjadi bahan acuan bagi mahasiswa untuk kedepannya dalam memulai dunia bisnis.
2.
 
PEMBAHASAN2.1
 
Pengertian Etika dan Etika Bisnis
Kata etika memiliki beberapa makna,
Webster’s Collegiate Dictionary
 
yangdikutip oleh Ronald Duska dalam buku
 Accounting Ethics
memberi empat maknadasar dari kata etika, yaitu:1. Suatu disiplin terhadap apa yang baik dan buruk dan dengan tugas moral sertakewajiban2. Seperangkat prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai3. Sebuah teori atau sistem atas nilai-nilai moral4. Prinsip atas pengaturan prilaku suatu individu atau kelompok.Sedangkan menurut Ludigdo, etika didefinisikan sebagai seperangkat aturanatau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harusdilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atausegolongan masyarakat atau profesi.Dilihat dari pengertian diatas, etika memiliki peran penting dalammelegitimasi segala perbuatan dan tindakan yang dilihat dari sudut pandang moralitasyang telah disepakati oleh masyarakat. Dibawah ini terdapat beberapa alasan mengapa penting untuk mempelajari etika menurut Ronald Duska, yaitu:a.
 
Beberapa kepercayaan moral yang dipegang mungkin tidak cukup karena ituhanya kepercayaan sederhana tentang isu-isu komplek. Pelajaran etika dapat

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->