Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Membuat Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Cara Membuat Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Ratings: (0)|Views: 11 |Likes:
Published by Vrey Apex
Tutorial
Tutorial

More info:

Published by: Vrey Apex on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2014

pdf

text

original

 
 
Cara membuat foto hitam putih menjadi berwarna di photoshop ? Panduan cara yang mudah yang Cepat ? Kilat ? Gampang ? Tippraktis ? Sederhana ? Kilat? Simpel? Bisa... caranya harus manual. Yaitu dengan mengubah warna bagian demi bagian secaramanual. Berbeda halnya tentang cara membuat foto warna jadi hitam putih di photoshop. Hanya dengan satu klik sudah jadi.Panduan tip trik, teknik, cara cepat membuat photo hitam putih menjadi berwarna di photoshop pada prinsipnya sama yaitu denganmengubah warna atau mengganti warna pada elemen photo atau gambar hitam putih menjadi berwarna secara manual. Berikut iniadalah panduan tahap-tahapnya step by step |
 
CARA PERTAMA :
 
 
Langkah 1. Buka foto hitam putih yang akan kita ubah menjadi berwarna di photoshop. Sebagai sampelsayapilih sebuahphoto hitam putihukuran 3r atau kartu pos/postcard.
 
 
Langkah 2. Pastikan foto yang akan kita warnai tidak terlalu putih atau tidak terlalu terang. Karena pada dasarnya warnaputih tidak bisa diubah warnanya dengan cara ini. Lihat contoh warna muka pada foto di bawah. Bagian pipi yang putih tetapberwarna putih. Bila kita ingin mengubahnya maka terlebih dahulu kita kurangi saja levelnya dengan Image > Adjustmen > Levelatau Image>Adjustmen>Curve atau Image>Adjustment >Brightness/Contrast.
 
Langkah 3. MENGUBAH WARNA KULIT MUKA, TANGAN, DAN LEHER. Buatlah foto yang telah terbuka menjadi 2lapisan/layer dengan cara menyalin atau meng-copynya. Caranya pilih menu Layer > New > Layer Via Copy. Cara singkat tekanCtrk + J bersama-sama. Fungsinya yaitu untuk membackup foto.
 
Langkah 4. Merubah warna kulit : Pilih menu Image > Adjustment > Color. Atau tekan Ctrl + B bersama-sama. Setelahmuncul kotak Color Balance dengan 3 slider pengatur warna. Aturlah slider ke kiri atau ke kanan sehingga warna bagian muka dantangan tercapai warna yang kita inginkan.
 
Langkah 5. Pada contoh ini slider paling atas (red) kita geser ke kanan, dan yang paling bawah kita geser ke kiri. Bilawarnanya kurang muncul atau terlalu pucat aturlah dengan menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Abaikan warna selain
 
warna kulit muka, leher dan tangan. Lihat hasilnya pada gambar. Lho.....bagian yang lain juga berwarna sama ???? Tidak masalah.Hapus saja semua bagian photo kecuali muka, leher dan tangan. Caranya ??? Baca langkah selanjutnya.
 
Langkah 6. Hapuslah semua bagian foto (yang semula hitam putih) yang telah menjadi berwarna tadi kecuali muka, leher,dan tangan. Cara menghapusnya yaitu dengan Eraser Tool (E), yaitu klik gambar Eraser Tool (penghapus) pada kotak tools.Kemudian sapukan cursor dengan klik kemudian Drag ke semua bagian yang akan kita hapus . Bagian yang kita hapus akanberwarna hitam putih kembali
 
Langkah 7. MENGUBAH WARNA BAJU. Salinlah background layer dengan cara meng-copynya, kemudian letakkan kebagian paling atas. Caranya klik Move Tool (V)>> Klik kanan foto >> klik Background >> Tekan Ctrl + }. Cara lain yaitu pada paletlayer klik background >>> tarik dan lepaskan {drag and drop) ke bawah pada tombol Create a new layer. Akan terbentuk layer baruyaitu background copy. Lalu klik layer baru tadi dan tarik ke bagian paling atas.
 
Langkah 8. Pewarnaan baju ini kita lakukan persis seperti langkah 3 dan 4 yaitu mengatur warna baju sesuai dengankeinginan kita. Yaitu dengan Ctrl + B dan bila perlu Ctrl + U. Pada contoh baju saya atur menjadi biru. Lalu bila sudah tercapaiwarnanya kemudian hapus warna yang selain baju. Lihat hasilnya. Warna kulit muka, leher dan tangan hasil editan pada langkah 1sampai dengan 5 telah terlihat kembali, sedangkan yang lain nampak hitam putih.
 
Langkah 9. . Lakukan langkah ini seperti pada langkah 5, tetapi dengan obyek backround atau latar foto. Hasil akhirnyatampak seperti ini.( menyusul)
 
Langkah 10. Mengubah warna celana. Sama dengan cara cara sebelumnya.
 
Langkah 11. Jadikan semua layer menjadi flat : tekan Alt + L > F
 
Langkah 12. Edit gelap terang dengan mengatur slider : Ctrl+ L atau Ctrl + V atau Adjustmen>Brightness/ContrasCARA KEDUA :Mengganti foto hitam putih menjadi berwarna. Tahap-tahapnya secara singkat :
1.
 
Buka foto hitam putih
 
2. Copy layer : Layer >New>Layer Via Copy atau Ctrl + J3. Edit warna muka, leher, tangan: Ctrl + B, Ctrl + U4. Hapus selain muka : Sapukan dengan drag memakai Eraser Tool5. Flatten image : Alt+L>F6. Copy layer : = langkah 2
 
7. Edit warna baju : = langkah 38. Hapus selain baju : = langkah 49. Flatten Image : = langkah 510. Edit warna baju :................=> langkah 2 => langkah 3 => langkah 4 => langkah 511. Edit warna celana12. Edit gelap terangCARA KETIGACaranya hampir sama :
 1.
 
Buka foto hitam putih : menu File > Open
 
2. Seleksi bagian muka, leher, dan tangan. Bisa dengan Pen Tool (P) atau Lasso Tool (L)3. Jadikan area yang terseleksi ini menjadi layer baru. Klik Move Tool (V) lalu Ctrl + J4. Aturlah warna dengan Ctrl + B atau yang lainnya5. Seleksi baju caranya = nomer 26. Jadikan baju menjadi layer baru caranya = nomer 37. Atur warna baju caranya = nomer 48. Seleksi Celana caranya = nomer 29. Jadikan layer baru = 310. Atur warna =411. Jadilkan semua layer flat : Alt+L > F12. Edit gelap terang.CARA KEEMPAT(untuk membuat atau mengubah foto hitam putih menjadi berwarna) Cara ini paling mudah.Buka foto hitam putih dengan program Adobe Photoshop kemudian :
 
Tampilkan jendela Tools : menu Window > Tools
 
Klik kanan Brush tool >Color Replacemen Tool.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->