Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbub Tata Cara Pembayaran Nomor 37

Perbub Tata Cara Pembayaran Nomor 37

Ratings: (0)|Views: 96 |Likes:
Published by pajakbantulkab
Perbub Tata Cara Pembayaran Nomor 37
Perbub Tata Cara Pembayaran Nomor 37

More info:

Published by: pajakbantulkab on Jun 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

 
 
BUPATI BANTUL PERATURAN BUPATI BANTUL NOMOR 37 TAHUN 2012 TENTANG TATA CARA PEMBAYARAN DAN PENYETORAN PAJAK BUMIDAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESABUPATI BANTUL,Menimbang : bahwa dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 18Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 18 Tahun 2011tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan,perlu menetapkan Peraturan Bupati Bantul tentang Tata CaraPembayaran dan Penyetoran Pajak Bumi dan BangunanPerdesaan dan Perkotaan;Mengingat
 
: 1. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1950 tentangPembentukan Daerah-Daerah Kabupaten DalamLingkungan Daerah Istimewa Jogjakarta;2.
 
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentangPemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapakali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun2008;3.
 
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang PajakDaerah dan Retribusi Daerah;4.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1950 tentangPenetapan Mulai Berlakunya Undang-Undang Tahun 1950Nomor 12, 13, 14 dan 15;5.
 
Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 10 Tahun2007 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan DaerahKabupaten Bantul;6.
 
Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun2007 tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah diLingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul sebagaimanatelah beberapa kali diubah terakhir dengan PeraturanDaerah Kabupaten Bantul Nomor 17 Tahun 2011; 7.
 
Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 18 Tahun2011 tentang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan danPerkotaan;
 
 2
MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN BUPATI TENTANG TATA CARA PEMBAYARAN,DAN PENYETORAN PAJAK BUMI DAN BANGUNANPERDESAAN DAN PERKOTAAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Bupati ini yang dimaksud dengan :1.
 
Daerah adalah Kabupaten Bantul.2.
 
Bupati adalah Bupati Bantul.3.
 
Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yangselanjutnya disebut Dinas adalah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangandan Aset Daerah Kabupaten Bantul.4.
 
Kepala Dinas adalah Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan danAset Daerah Kabupaten Bantul.5.
 
Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang selanjutnyadisingkat PBB P2 adalah pajak atas bumi dan/atau bangunan yang dimiliki,dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan, kecualikawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanandan pertambangan.6.
 
Subjek Pajak adalah orang pribadi atau Badan yang dapat dikenai pajak.7.
 
Wajib Pajak adalah orang pribadi atau Badan, meliputi pembayar pajak,pemotong pajak, dan pemungut pajak yang mempunyai hak dan kewajibanperpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undanganperpajakan daerah.8.
 
Petugas pemungut adalah petugas yang ditunjuk untuk memungut PBB P2dan menyetorkan ke tempat pembayaran.9.
 
Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaandan Perkotaan yang selanjutnya disingkat SPPT PBB P2 adalah surat yangdigunakan untuk memberitahukan besarnya Pajak Bumi dan BangunanPerdesaan dan Perkotaan yang terutang kepada Wajib Pajak.10.
 
Surat Ketetapan Pajak Daerah, yang selanjutnya disingkat SKPD adalahsurat ketetapan pajak yang menentukan besarnya jumlah pokok pajak yangterutang.11.
 
Surat Tanda Terima Setoran, yang selanjutnya disingkat STTS adalah buktipembayaran atau penyetoran pajak yang telah dilakukan denganmenggunakan formulir atau telah dilakukan dengan cara lain ke kas umumdaerah melalui tempat pembayaran yang ditunjuk oleh Bupati.12.
 
Utang pajak adalah pajak yang masih harus dibayar termasuk sanksiadministratif berupa bunga, denda atau kenaikan yang tercantum dalamsurat ketetapan pajak atau surat sejenisnya berdasarkan ketentuanPeraturan Daerah.13.
 
Surat Tagihan Pajak Pajak Bumi dan Bangunan yang selanjutnya disingkatdengan STP PBB adalah Surat Tagihan Pajak yang ditujukan orang pribadiatau Badan yang belum memenuhi pembayaran PBB P2.14.
 
 Tempat Pembayaran adalah tempat yang ditetapkan Bupati sebagai tempatpembayaran untuk menerima pembayaran Pajak Bumi dan BangunanPerdesaan dan Perkotaan.15.
 
Kas Umum Daerah adalah tempat penyimpanan uang daerah yang ditentukanoleh Bupati untuk menampung seluruh penerimaan daerah dan digunakanuntuk membayar seluruh pengeluaran daerah.
 
 3
16.
 
Bank Pembangunan Daerah yang selanjutnya disingkat BPD adalah BankPembangunan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.BAB IIPEMBAYARAN PBB P2Pasal 2Pajak terutang yang tercantum dalam:a.
 
SPPT PBB P2, harus dilunasi selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sejaktanggal diterimanya SPPT PBB P2 oleh Wajib Pajak;b.
 
SKPD PBB P2 berupa SPPT PBB P2, harus dilunasi selambat-lambatnya 1(satu) bulan sejak tanggal diterimanya SKPD PBB P2 oleh Wajib Pajak; danc.
 
STPD PBB P2, harus dilunasi selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sejaktanggal diterimanya STPD PBB P2 oleh Wajib Pajak.Pasal 3(1)
 
Dalam hal tanggal jatuh tempo pembayaran atau penyetoran pajak bertepatandengan hari libur termasuk hari Sabtu atau hari libur nasional, pembayaranatau penyetoran pajak dapat dilakukan pada hari kerja berikutnya.(2) Hari libur nasional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) termasuk hari yangdiliburkan untuk penyelenggaraan Pemilihan Umum dan cuti bersama secaranasional yang ditetapkan oleh Pemerintah.Pasal 4(1)
 
Pembayaran PBB P2 dilakukan melalui :a.
 
BPD;b.
 
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BPD atau transfer yang ditujukan ke BPDdalam rekening penerimaan PBB P2 Pemerintah Kabupaten Bantul; danc.
 
Petugas pemungut.(2)
 
Pembayaran PBB P2 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a akanmemperoleh tanda bukti pembayaran berupa STTS.(3)
 
Pembayaran PBB P2 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b,Resi/struk ATM diperlakukan sebagai pengganti STTS.(4)
 
Pembayaran PBB P2 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf cmemperoleh tanda terima sementara yang akan diganti STTS setelahpetugas pemungut menyetorkan ke BPD.(5)
 
Apabila tanda terima pembayaran tersebut rusak atau hilang, Wajib Pajakdapat meminta surat keterangan lunas ke Dinas.(6)
 
Dalam hal pembayaran dilakukan melalui petugas pemungut, hasilpemungutan PBB P2 tersebut wajib disetorkan ke BPD dalam waktu 1 x 24 jam.
 
(7)
 
Bentuk dan isian STTS dan tanda terima sementara sebagaimana tersebutdalam Lampiran I dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dariPeraturan Bupati ini.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->